Borang SKP IAI Industri Farmasi

Sebagai Apoteker kita dituntut untuk memiliki berbagai macam surat, ijazah Apoteker saja ternyata tidak cukup. Pertama kita harus mempunyai sertifikat kompetensi (serkom) Apoteker sebagai syarat untuk mendapatkan STRA (Surat Tanda Registrasi Apoteker). STRA digunakan untuk mengurus SIKA/SIPA. SIKA ini bagi apoteker industri (yang sebagai penanggung jawab produksi/QA/QC) sangat penting karena salah satu syarat dalam pengajuan izin industri farmasi. Apalagi saya baca tentang UU 36 Tahun 2014 tentang STR (dalam hal ini STRA) kok serem ya..denda tidak punya STR Rp 100 juta

serem
UU 36 tahun 2014 tentang STR

Jadi langkah pertama bila serkom Apoteker anda habis harus mengisi borang 150 SKP untuk petunjuknya silahkan baca sendiri disini. Untuk cara pengisian borang anda dapat mengisi template yang sudah ada atau mencontoh dari saya.

Contoh Borang 150 SKP Apoteker (M. Fithrul):

borang fithrul.JPG
Borang 150 SKP M Fithrul

Borang Resertifikasi M FITHRUL MUBAROK atau mengisi template kosong

Borang Resertifikasi KFN 2015 (150 SKP).

Untuk pedoman juga bisa dilihat disini

Pedoman Resertifikasi KFN 2015 (150 SKP).

Agaknya cukup repot mencicil sebanyak 150 SKP , cukup mudah ikutan OSCE. Setahu saya OSCE sekarang hanya untuk Apoteker j̶a̶d̶u̶l̶ lama sebelum tahun 2010. Menurut saya enaknya ikutan OSCE kita cukup sehari dua hari ikutan itu hampir pasti dapat serkom, tapi gak enaknya harus membayar mahal termasuk biaya transport bila anda di daerah. Info OSCE ini juga agak jarang jadi menambah ketidakpastian. Saya juga mendengar bahwa pengisian borang SKP bisa lewat online tapi sayang saya belum pernah coba hanya login saja di web IAI kemudian melihat fiturnya.

IAI.jpg

 

untuk website IAI pusat bagaimana ya? jangan2 bisa isi SKP online juga… bisa dicoba sih disini http://ikatanapotekerindonesia.net/login

Selamat berjuang meraih serkom Apoteker –> STRA–> SIKA semoga beruntung.

NB:

  • Contoh borang diatas hanyalah contoh belaka, untuk detail pengisian dapat dibaca petunjuk Borang Resertifikasi KFN 2015 atau tanyakan ke petugas IAI setempat (yang sabar ya hehe)
  • perlu diketahui file Borang Resertifikasi M FITHRUL MUBAROK dan Borang Resertifikasi KFN 2015 (150 SKP), saya buka menggunakan Microsoft Word 2016 pada tabel halaman 8-16 sulit sekali mengetik pada kolom “bukti ada/tidak” dan “Pelaksanaan (perolehan SKP)” entah itu filenya yang rusak atau MS word saya yang tidak kompatible, apabila disave dengan extensi .docx juga tambah rusak tabelnya, jadi sebaiknya tetap disave dalam extensi .doc.

Semoga bermanfaat

Salam

M. Fithrul Mubarok, S.Farm.,Apt

M. Fithrul Mubarok

M. Fithrul Mubarok

Pharmacist and Blogger at Farmasiindustri
M. Fithrul Mubarok, S.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia.
Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri.
Email: fithrul.mubarok23@gmail.com
WhatsApp/WA: 0856 4341 6332
M. Fithrul Mubarok

Leave a Reply

Your email address will not be published.