Biofilm dan Pembentukannya dalam Sistem Pengolahan Air Farmasi Industri

Biofilm merupakan masalah yang paling mungkin terjadi dalam Sistem Pengolahan Air (SPA). Biofilm terjadi karena adanya perkembangan bakteri, perkembangan bakteri ini bisa terjadi karena adanya dead legs atau permukaan pipa distribusi yang tidak halus.

Biofilm dan dead legs adalah concern utama dalam CPOB sehingga sistem pengolahan air harus dicegah dan sistem harus dapat menggulangi bila terjadi.

Penjelasan Dead Legs bisa dibaca pada artikel farmarind.wordpress.com/2015/12/01/dead-legs-dalam-sistem-pengolahan-air/

Bakteria atau mikroba lainnya menempel pada permukaan dalam pipa disribusi SPA dan berkembang menjadi koloni bakteri.

Biofilm Formation

Pembetukan biofilm dalam SPA dimulai dengan penempelan bakteria mengambang pada permukaan dalam didalam pipa distribusi. Bakteria mengeluarkan Polimukosakarida yang membantu akteri menempel pada permukaan dan tidak bisa dibersihkan dengan pembersihan biasa. Bila pembentukan permukaan biofilm awal ini tidak segera dihilangkan bakteri akan semakin berkembang membentuk koloni yang lebih besar dan permanen melekat pada permukaan pipa distribusi.

Setelah biofilm matang maka akan mulai mengeluarkan miroorganisme ke air yang menyebabkan kontaminasi terus menerus pada SPA. Kebanyakan biofilm tidak bisa dihilangkan dengan disinfektan seperti klorin dan ozon.

Menghilangkan Biofilm dalam SPA:

Menghilangkan biofilm dalam SPA bukan perkara mudah, akan lebih baik mencegah pembentukan biofilm dalam SPA daripada penghilangan biofilm. Bila tetap terjadi penghilangan pertama dapat dengan asam kuat seperti asam nitrat dilanjutkan dengan basa kuat seperti NaOH. Penggunaan UV dalam SPA juga merupakan cara efektif dalam pencegahan pembentukan biofilm.

sumber : http://www.pharmaguideline.com/2013/08/biofilm-formation-in-water-distribution-system.html

WP

 

M. Fithrul Mubarok

M. Fithrul Mubarok

Pharmacist and Blogger at Farmasiindustri
M. Fithrul Mubarok, S.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia.
Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri.
Email: farmasiindustridotcom@gmail.com
WhatsApp/WA: 0856 4341 6332
M. Fithrul Mubarok

4 Comments


tinggalkan komentar .........