Perhitungan Kapabilitas Proses Berat Tablet

Setelah belajar praktek Analisa kapapilitas proses (capability analysis) bagian 1 dan 2. Saatnya untuk menghitung analisa kapabilitas proses kasus yang berhubungan dengan farmasi.

Kasus:

Seorang Apoteker ingin mengetahui kapabilitas proses pencetakan tablet oleh mesin cetak. Tablet yang ingin dicek kapabilitasnya adalah tablet Allupurinol 300/500 mg. Dalam 1 batch terdapat 6000 butir tablet, kecepatan mesin adalah 100 tablet/menit. Setiap 12 menit Apoteker mengambil 12 tablet kemudian ditimbang. Spesifikasi berat tablet adalah 495-605 mg. Datanya sebagai berikut:

 

allupurinol farmarind
Data berat Tablet Allupurinol

Pertanyaan : Apakah proses pencetakan tablet tersebut Capable?

file dapat di download disini dan excellnya Farmarind Allupurinol

Untuk menghitung kapabilitas proses (Cp dan Cpk) pertama arus dipastikan data terdistribusi normal dan terkontrol secara statistik.

  1. Cek Normalitas Data 

Buka file Farmarind Berat Tablet Allupurinol.MPJ worksheet 1 dengan Minitab kemudian cek normalitas dataStat>Basic Statistics>Normality Test hasilnya sebagai berikut:

Nilai p(0,521) lebih dari 0,005 menunjukkan data terdistribusi normal.

2. Mengecek data terkontrol secara statistik 

Untuk mengecek data terkontrol secara statistik menggunakan peta kendali X barChart dan Schart  karena subgrup sama atu lebih besar dengan 10 grup.

Untuk mengecek data terkontrol secara statistik data pada worksheet1 perlu di transposed sehingga tiap sampel ada di tiap baris. Langkahnya Data>Transpose Columns… akan terbentuk worksheet baru <sudah ada di file Farmarind Berat Tablet Allupurinol.MPJ dengan nama transpose>. Langkah Selanjutnya akan memakai worksheet ini (transpose) INGAT jangan tertukar dengan worksheet sebelumya.

 

Membuat Xbar chart Stat>Control Charts>Variables Chart for Subgroups>Xbar kemudian dialog box akan muncul pilih Observation for a subgroups are in one row of columns dibawahnya ditulis ‘1’-‘12’

Dapat dilihat bahwa data di peta kendali Xbar Chart masih dalam rentang UCL-LCL perhitungan.

Untuk membuat peta kendali SChart Stat>Control Charts>Variables Chart for Subgroups>S kemudian dialog box akan muncul pilih Observation for a subgroups are in one row of columns dibawahnya ditulis ‘1′-’12’

Dapat dilihat bahwa data di peta kendali S Chart masih dalam rentang UCL-LCL perhitungan.

Dalam Xbar Chart dan S chart masing-masing dalam rentang UCL-LCL sehingga data terbukti terkontrol secara statistik. Kedua syarat telah terbukti sehingga dapat dilanjutkan ke analisa kapabilitas proses.

Perhitungan Capability Stat>Quality Tools>Capability Analysis>Normal pada dialog box yang muncul pilih subgroups across row of isi dengan ‘1’-’12’ kemudian isi 495 utk lower spec dan 605 utk Upper spec. Kemudian klik Options… uncheck overall analysis agar nilai Pp dan Ppk tidak muncul (pada langkah ini kebetulan hanya mencari nilai Cp dan Cpk sehingga tidak perlu memunculkan parameter Pp dan Ppk).

Didapat nilai Cpk = 1,03 ;  nilai ini diatas 1 sehingga dapat disimpulkan data berat tablet capable.

Kesimpulan: proses pencetakan tablet Allupurinol berdasarkan data berat tablet adalah Capable.

Untuk menghitung Capability Analysis dapat juga menggunakan cara nomer 2 dan cara nomer 3.

Semoga Bermanfaat

Salam

M. Fithrul Mubarok, S.Farm.,Apt

WP2

Sumber:

  • Six Sigma Case Studies with Minitab oleh Kishore K. Pochampally, PhD dan Surendra M. Gupta, PhD, PE
  • Minitab
  • Pemikiran Sendiri
M. Fithrul Mubarok

M. Fithrul Mubarok

Pharmacist and Blogger at Farmasiindustri
M. Fithrul Mubarok, S.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia.
Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri.
Email: fithrul.mubarok23@gmail.com
WhatsApp/WA: 0856 4341 6332
M. Fithrul Mubarok

Leave a Reply

Your email address will not be published.