Praktek Minitab untuk Perhitungan Kapabilitas Proses (bagian 2)

Untuk bagian 1 bisa dilihat disini. Kali ini saya akan praktek menggunakan petunjuk dari buku Six Sigma Case Studies with Minitab oleh Kishore K. Pochampally, PhD dan Surendra M. Gupta, PhD, PE

.Six Sigma case studies with minitab

Berdasarkan buku diatas pada Chapter 6. Process Capability Analysis at a Manufacturing Company (halaman 82)

Kasus:

Dua puluh  (20) sampel, dimana tiap sampel berisi 5 bagian mesin dikumpulkan. Kemudian bagian mesin itu diukur diameternya. Spesifikasi diameter adalah 50-60.

Filenya dapat di download disini.

Untuk melakukan perhitungan Capability data (Cp dan Cpk) data harus terdistribusi normal dan terkontrol secara statistik.

  1. Cek Normalitas Data 

Buka file farmarind.MPJ worksheet 1 dengan Minitab kemudian cek normalitas data Stat>Basic Statistics>Normality Test hasilnya sebagai berikut:

farmarindA

didadapat nilai P (0,794)lebih dari 0,005 menunjukkan bahwa terdistribusi normal.

2. Mengecek data terkontrol secara statistik 

Untuk mengecek data terkontrol secara statistik menggunakan peta kendali X bar Chart dan R chart. X bar Chart-Rchart ini digunakan peta kendali variabel dimana data dikumpulkan dalam setiap pengamatan berbentuk subgroup yang besarnya 2 – 9. Bila besar subgrup 10 atau lebih menggunakan Xbar – S Chart.

Untuk mengecek data terkontrol secara statistik data pada worksheet1 perlu di transposed sehingga tiap sampel ada di tiap baris. Langkahnya Data>Transpose Columns… akan terbentuk worksheet baru <sudah ada di file farmarind.MPJ dengan nama farmarind2>. Langkah Selanjutnya akan memakai worksheet ini (farmarind2) INGAT jangan tertukar dengan worksheet sebelumya

Membuat Rchart Stat>Control Charts>Variables Chart for Subgroups>R kemudian dialog box akan muncul pilih Observation for a subgroups are in one row of columns dibawahnya ditulis ‘Product1’-‘Product5’

 

Untuk membuat peta kendali XChart Stat>Control Charts>Variables Chart for Subgroups>Xbar kemudian dialog box akan muncul pilih Observation for a subgroups are in one row of columns dibawahnya ditulis ‘Product1’-‘Product5’

Dapat dilihat pada Xbar chart dan R Chart bahwa data masih dalam rentang UCL dan LCL yang membuktikan bahwa data terkendali secara statistik. Kedua syarat telah terbukti sehingga bila dilanjutkan ke perhitungan Capability (Cp dan Cpk).

Perhitungan Capability Stat>Quality Tools>Capability Analysis>Normal pada dialog box yang muncul pilih subgroups across row of isi dengan ‘1’-’20’ kemudian isi 50 utk lower spec dan 60 utk Upper spec. Kemudian klik Options… uncheck overall analysis agar nilai Pp dan Ppk tidak muncul (pada langkah ini kebetulan hanya mencari nilai Cp dan Cpk sehingga tidak perlu memunculkan parameter Pp dan Ppk).

Didapat nilai Cpk = 0,79, nilai ini dibawah 1 sehingga dapat disimpulkan data tidak capable. Pabrik perlu untuk meningkatkan kapabilitas prosesnya dengan mengurangi variasi sehingga SD lebih kecil.

Semoga bermanfaat

Salam

M. Fithrul Mubarok, S.Farm.,Apt

WP2

Sumber:

  • Six Sigma Case Studies with Minitab oleh Kishore K. Pochampally, PhD dan Surendra M. Gupta, PhD, PE
  • Minitab

 

 

M. Fithrul Mubarok

M. Fithrul Mubarok

Pharmacist and Blogger at Farmasiindustri
M. Fithrul Mubarok, S.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia.
Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri.
Email: fithrul.mubarok23@gmail.com
WhatsApp/WA: 0856 4341 6332
M. Fithrul Mubarok

Leave a Reply

Your email address will not be published.