Prinsip Kerja Fluid Bed Dryer (FBD)

Fluidized bed dryer (FBD) adalah alat yang hampir selalu ditemui di Industri Farmasi berguna untuk pengeringan bahan-bahan setelah granulasi sehingga mendapatkan kandungan air/kelembapan dalam granul sesuai yang diinginkan.

Prinsip kerja FBD

Udara panas akan berhembus dari bawah menembus suatu bed (hamparan material yang dikeringkan)  yang berisi material serbuk. Material serbuk akan dihembuskan ke udara dan menjadi tersuspensi dalam gelombang udara. Material serbuk/granul akan seperti air yang mendidih, tahap ini disebut Fluidised. Penggunaan udara panas untuk memfluidisasi bed akan meningkatkan tingkat pengeringan material serbuk/granul.

FBD
FBD, Bowl dan Kantung FBD

FBD terbuat dari Stainless Steel dan material kontak dengan produk menurut CPOB 2012 harus terbuat dari SS 316 atau bahan yang inert yang sesuai. Salah satu bagian FBD adalah bowl, bowl mempunyai dasar yang berlubang. Bowl ini bisa di pindah, biasanya dilengkapi dengan roda. Material yang akan dikeringkan ditempatkan dalam bowl ini. Udara panas dihembuskan dari bawah bowl, udara panas ini sebelumnya telah disaring dan melewati bed (hamparan serbuk/granul).

Udara yang berhembus berasal dari kipas/blower yang ditempatkan diatas FBD. Kecepatan udara dan temperatur pengoperasian dapat diatur dalam control panel mesin FBD. Kecepatan udara selama pengoperasian akan meningkat sehingga kantung FBD mengembang sehingga partikel serbuk mulai bergerak turbulent. Karena material serbuk berada dalam udara panas, material akan kering. FBD mempunyai tingkat pengeringan yang tinggi dan dapat mengeringkan dalam waktu singkat. Material tetap bebas mengalir dan seragam. Kantung FBD ini berguna untuk meningkatkan area pengeringan dari drying bed.

Dalam pengeringan terdapat pengecekan kadar air/kelembapan yang disebut parameter LOD (loss of Drying). Biasanya FBD sudah terdapat tempat sampling dalam mesin sehingga operator tinggal mencabut dari mesin kemudian ambil sampel. Sampel kemudian diukur LOD menggunakan Moisture Halogen Analyzer. Parameter LOD ini sebagai titik akhir dalam pengeringan, bila sudah masuk rentang yang dipersyaratkan, pengeringan akan dihentikan. Biasanya LOD ini ditulis dalam batch record atau buku log pengeringan FBD. Untuk mengetahui perbedaan kadar air dan LOD bisa dibaca disini.

Selain FBD pengeringan granul/serbuk juga dapat menggunakan oven, akan tetapi oven ini proses pengeringan lama dan sering tidak seragam. Berbeda dengan FBD dimana serbuk dihembuskan dan diaduk-aduk, pada oven pengadukan manual sehingga sering tidak rata LODnya. Dalam FBD yang perlu diperhatikan adalah kantung FBD, dimana pembersihannya harus bersih untuk mencegah kontaminasi silang. Pengalaman saya kantung FBD sering menjadi subject to audit regulator, sering ditanya pembersihan dan validasi pembersihannya.

fbd-bags-250x250
Kantung FBD

Sumber:

  • http://www.pharmaguideline.com/2014/08/principle-and-working-of-fluidized-bed-dryer-fbd.html
  • Pemikiran sendiri

Semoga Bermanfaat

Salam

M. Fithrul Mubarok,S.Farm.,Apt

WP

M. Fithrul Mubarok

M. Fithrul Mubarok

Pharmacist and Blogger at Farmasiindustri
M. Fithrul Mubarok, S.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia.
Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri.
Email: fithrul.mubarok23@gmail.com
WhatsApp/WA: 0856 4341 6332
M. Fithrul Mubarok

Leave a Reply

Your email address will not be published.