Saya, Farmasiindustri.com dan Apoteker Profesional

Pada hari Kamis-Jumat, 26-28 Mei 2016, saya berkesempatan mengikuti Workshop& Pameran Pendukung Industri Farmasi 2016 di Jakarta International Expo di Arena PRJ Kemayoran yang diselenggarakan oleh alumni saya KAGAMA FARMASI. Disana saya mengikuti kelas workshop yang telah disediakan panitia.

farmarindIMG_20160526_085001

Dalam kesempatan Workshop saya menemui banyak Apoteker dan Praktisi di bidangnya. Dengan interaksi dan perkenalan banyak Apoteker Industri Profesional saya semakin menyadari ilmu industri farmasi sangat-sangat luas sekali. Saya bertemu dan berdiskusi dengan apoteker profesional dari industri lain. Apalagi pada kesempatan ini dihadiri oleh ratusan Apoteker Industri, praktisi, akademisi dan regulator dari seluruh Indonesia.

Saya merasakan bahwa “aura”nya sangat berbeda, berbeda dengan sewaktu saya bertemu apoteker industri di daerah. Maklum saja karena yang datang adalah apoteker profesional nasional dan kebetulan lokasinya di Jabodetabek yang merupakan pusat industri farmasi Indonesia. Dalam kesempatan itu saya berdiskusi dengan peserta lain mengenai Industri Farmasi, ada yang sebagai QA manager, dosen di perguruan tinggi dan Apoteker di Produksi, beberapa merupakan teman saya waktu Kuliah dahulu (ternyata sekarang mereka berbeda). Kami bertukar kartu nama dan menjelaskan asal dan pekerjaan sehari-hari.

Yang saya coba katakan adalah semakin meyakinkan saya bahwa banyak sekali apoteker profesional industri yang sangat expert di bidangnya. Ada apoteker industri yang sangat mengerti packaging, jenis-jenis bahan packaging, mesin-mesin, cara memilih packaging yang tepat dan detail-detail mengagumkan lainnya. Ada apoteker industri yang sangat menguasai QA mulai dari dokumen, CPOB, HVAC, PQR dan detail-detail yang tidak saya mengerti. Sangat menyenangkan sekali bertemu teman sejawat dan bertukar ilmu disisi lain saya merasa sedih. Sedih karena “ilmu yang sangat bermanfaat itu” tidak tersebar dan diketahui oleh masyarakat. Seandainya mereka dapat menulis buku atau artikel (mungkin sudah tapi saya yang belum tahu) akan sangat membantu apoteker industri lain atau berguna bagi adik-adik kita calon apoteker.

Dengan blog ini saya mengajak apoteker khususnya apoteker industri untuk menulis pengetahuan yang sangat anda kuasai itu dalam bentuk buku, artikel atau blog. Kita tahu bahwa SESUATU YANG TIDAK TERTULIS dianggap TIDAK ADA. Akan sayang sekali ilmu farmasi industri yang dikuasai berpuluh tahun tapi tidak maksimal tertular ke orang lain. Saya juga mengerti bahwa apoteker profesional biasanya telah membagi ilmu-ilmu yang didapat pada bawahan dan apoteker juniornya entah itu dalam coaching atau pelatihan. Menurut saya akan lebih baik ditulis dalam bentuk artikel, buku atau blog sehingga ilmu itu tersebar tidak hanya dalam internal perusahaan tapi juga dapat tertular ke luar sehingga menginspirasi orang lain mungkin dapat menginspirasi anak muda yang ingin menjadi apoteker. Tentu penyebaran ilmu profesional tersebut dapat menjaga integritas dan kerahasiaan industri.

Bagi teman sejawat yang ingin berbagi tulisannya dan diposting dalam blog ini, dapat menghubungi saya dengan kontak dibawah ini.

Semoga Bermanfaat

Salam

M. Fithrul Mubarok, S.Farm.,Apt

M. Fithrul Mubarok

M. Fithrul Mubarok

Pharmacist and Blogger at Farmasiindustri
M. Fithrul Mubarok, S.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia.
Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri.
Email: farmasiindustridotcom@gmail.com
WhatsApp/WA: 0856 4341 6332
M. Fithrul Mubarok

tinggalkan komentar .........