Ujian Komprehensif Calon Apoteker

penguji.jpg

Pada 23 Juli 2016 kemarin saya berkesempatan menjadi penguji bersama dengan dosen UGM untuk menguji calon Apoteker baru (uji komprehensif calon apoteker). Menguji dalam bidang farmasi industri. Materi yang diujikan meliputi:

  • Komponen CPOB (Ketentuan Umum, Personalia, Peralatan dsb sesuai klausul buku CPOB 2012)
  • Pendukung CPOB dan QA (Sarana penunjang kritis Air, HVAC, Sistem Udara Bertekanan, PPIC, Riset Pengembangan Produk dan Penanganan Limbah)
  • Kompetensi Farmasis di Industri Farmasi (Manajemen Mutu, Manajemen Produksi, Pengembangan Produk, Manajemen Bahan dan Regulasi dan Informasi produk)

Di daftar saya kebagian 10 calon Apoteker baru yang telah menjalani praktek kerja lapangan di berbagai industri nasional. Walaupun ini pengalaman pertama saya, saya mencoba berbagi point-point yang perlu ditingkatkan lagi dalam menghadapi ujian komprehensif versi saya :). Diharapkan dengan semakin banyaknya jam terbang saya sebagai penguji saya dapat melengkapi lagi artikel ini:

  • Semua Apoteker yang kami uji banyak yang terlalu fokus kepada tugas khususnya dan kurang mempelajari topik-topik dari bagian lain. Misalnya: Calon Apoteker mendapatkankan tugas mengenai efektifitas mesin, mesin tersebut membersihkan dengan WFI. Calon apoteker (CA) kurang mempelajari sistem-sistem lain  yang berhubungan dengan proses mesin tersebut. CA akan lebih baik belajar mengenai SPA, bangunan dan kelas tempat mesin tersebut, Sistem udara bertekanan yang dipakai mesin, flow barang dan finish good.
  • Kebanyakan CA menjawab tanpa didasari SOP, guideline atau aturan-aturan. Misalnya ada CA menjelaskan cara mengoperasikan mesin, ada operator A yang cara pengoperasiannya beda dengan operator B dan dia memastikan operator A yang benar. Kemudian saya tanya apa dasar operator A benar? CA nampaknya hanya menjawab berdasarkan pengamatan saja. Alangkah baiknya dia menjawab dibandingkan dengan standar yang ada SOP.
  • Kebanyakan CA menjelaskan tentang sesuatu tapi detail sesuatu tersebut tidak tahu. Misalnya ada mesin yang dibersihkan dengan WFI tapi tidak mengerti parameter2 apa saja yang menjadikan air WFI, begitu juga PW. Seharusnya CA bisa menjelaskan bahwa PW itu parameternya meliputi TOC <500 ppb, konduktivitas 1,3 mikro siemens. Parameter PW tergantung kompendial yang dianut. Ada juga yang menjelaskan perbedaan kelas ruangan farmasi berdasarkan jumlah partikel dan benar kemudian dosen bertanya ngukurnya mengunakan apa?
  • Dalam tugas khusus biasanya ada 2 macam pengumpulan data. Pertama dapat melakukan pengamatan langsung di lapangan atau mengevaluasi dokumen/data komputer atau kombinasi keduanya. CA sebaiknya tahu perbedaan, kelemahan dan kelebihan pengamatan tersebut. Dengan mengetahui perbedaan pengamatan diharapkan CA siap dengan kemungkinan2 pertanyaan dosen/ penguji. Nampaknya, CA yang mengamati langsung di lapangan akan lebih mengerti dalam menjelaskan tugasnya.
  • Ada CA yang menjelaskan tentang mesin blistering dengan bagus mulai dari setup sampai troubleshooting. Kemudian menjelaskan tentang limbah potongan blister tapi tidak bisa menjelaskan detail mengenai dibuang kemana dan termasuk limbah apa?
  • Ada CA yang ditugaskan di lab QC Mikrobiologi dapat menjelaskan tugas khususnya akan tetapi kurang mempelajari bagian lain di lab, misalnya di lab kimia dan GLP. Akan lebih baik CA mengetahui bagaimana sampel diambil di gudang/produksi, metode sampling  apa yang digunakan dan alat-alat yang digunakan. Lab mikrobiologi merupakan lab dengan HVAC alangkah baiknya CA mengetahui mengenali kelas ruangan yang digunakan.
  • Ada CA yang dapat menjelaskan mengenai penempelan label karantina dan rilis di gudang, padahal tugas khususnya ada di lab QC. Ini merupakan point plus yang didapat.
  • Terdapat juga CA yang mendapatkan tugas mengenai Change Control di QC.Akan tetapi dia dapat menjelaskan mengenai aspek-aspek GLP di lab. Ini indikasi bahwa dia tidak hanya fokus pada tugas khusus akan tetapi mengamati juga sekitarnya. Sayang sekali kurang sempurna membahas mengenai perbedaan kualifikasi, validasi dan kalibrasi.
  • Ada CA yang mendapat tugas mengenai validasi pembersihan botol yaitu berhubungan dengan jumlah batas mikroba yang diperbolehkan. CA dapat menjelaskan dengan baik dan lengkap. Kemudian saya tanya mengenai validasi pembersihan yang kimia, nampaknya CA belum  mengerti bahwa validasi pembersihan CA itu justru di industri itu lebih banyak. Padahal CA sebelumnya bisa menjelaskan langkah2 validasi pembersihan walaupun bukan tugas utamanya.

Secara umum CA dapat menjelaskan dengan detail mengenai tugasnya akan tetapi kurang mengamati bagian lain atau lingkungan sekitarnya. Misalnya CA yang diproduksi kurang mengetahui SPA, SBU dan HVAC. Mengapa 3 sarana penunjang itu perlu diketahui?karena sarana tersebut merupakan sarana kritis yang sangat mempengaruhi mutu produk. Bahkan CPOB mengeluarkan buku tersendiri mengenai sarana penunjang kritis inustri farmasi. Memang saya tidak menuntut untuk detail minimal mengerti tentang prinsip dan alurnya.

Mugkin sedikit yang bisa saya bagikan pada kesempatan ini, maklum ini pertama kali saya menjadi penguji calon Apoteker. Untuk berikutnya bila ada kesempatan menguji lagi akan saya tulis lagi di blog ini. Jadi jangan ketinggalan artikel terbaru saya. Baca terus blog farmasiindustri.com (untuk persiapan ujian komprehensif) sehingga tidak seperti gambar dibawah ini…

MENYESAL KOMPRE.jpg

M. Fithrul Mubarok

M. Fithrul Mubarok

Pharmacist and Blogger at Farmasiindustri
M. Fithrul Mubarok, S.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia.
Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri.
Email: fithrul.mubarok23@gmail.com
WhatsApp/WA: 0856 4341 6332
M. Fithrul Mubarok

3 Comments


  1. Terima kasih Pak Fithrul untuk ujian komprenya kemarin dan masukannya, semoga jadi bahan pembelajaran kami para calon Apoteker

    Reply

    1. Sama-sama mas Alex, semoga lulus dengan nilai yg terbaik. Kunjungi dan subscribe blog ini, akan saya Update dengan artikel artikel yang berguna bagi apoteker industri.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.