Ujian OSPE (Objective Structural Pharmaceutical Examination)

OSPE.jpg
Suasana Pemberian Materi OSPE. thanks to Maya R

Pro kontra mengenai SKP Apoteker di timeline saya belum berakhir, kemudian saya mendapat kabar ada ujian OSCE (Objective Structural Clinical Examination) dan OSPE (Objective Structural Pharmaceutical Examination)  di Jakarta. Di timeline saya banyak yang mengeluhkan bila ada OSCE/OSPE bagaimana dengan teman sejawat yang telah menegeluarkan banyak uang tenaga dan pikiran untuk mengejar kekurangan SKP??

Kalau tahu ada ujian OSPE kemarin-kemarin gak usah capek-capek ngejar point SKP -salah satu teman.red-

Terlepas dari pro kontra dan ribetnya sistem sertifikasi Apoteker berikut saya rangkumkan kisi-kisi ujian OSPE (untuk apoteker di industri) yang saya dapat dari salah seorang teman. Rangkaian OSPE diadakan selama 2 hari dimana hari 1 adalah materi (dan kisi-kisi) kemudian hari ke 2 diadakan ujian dengan beberapa station.

Ada 6 Station Ujian

Station 5 dan 6 Ujian lisan plus tulis. Ada skenario kasus misal : pharmacovigilance ada dokter yang komplain terus disuruh menggali info sebanyak mungkin kemduaian membuat laporan. Untk warehouse ada kurir ngirim barang. Kita disuruh melakukan pekerjaan sesuai PIC warehouse. Semua yang diujikan sesuai dengan materi yang didapat pada hari pertama.

Note:

kisi-kisi diatas hanya gambaran, bisa jadi berbeda pada tiap ujian OSPE. Saya sarankan membaca dan belajar tentang industri farmasi CPOB, dapat membaca daftar isi blog farmasiindustri.com untuk menambah pemahaman.

Semoga berhasil Ujian OSPE

M. Fithrul Mubarok, S.Farm.,Apt

M. Fithrul Mubarok

M. Fithrul Mubarok

Pharmacist and Blogger at Farmasiindustri
M. Fithrul Mubarok, S.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia.
Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri.
Email: fithrul.mubarok23@gmail.com
WhatsApp/WA: 0856 4341 6332
M. Fithrul Mubarok

Leave a Reply

Your email address will not be published.