Validasi dan Verifikasi Metode Analisis

Menurut CPOB 2012 halaman 122 tujuan dari validasi metode analisis adalah adalah untuk menunjukkan bahwa metode analisis sesuai tujuan penggunaannya. Validasi Metode Analisis (VMA)  diperuntukkan untuk metode analisa yang baru dibuat, modifikasi dari prosedur pengujian yang telah ada dan dikembangkan sendiri(eksplorasi). Sedangkan verifikasi dilakukan pada metode analisis yang diadopsi dari pustaka standard, seperti FI, USP, BP, EP, JP dan lain-lain.Verifikasi metode adalah suatu tindakan validasi metode tetapi hanya pada beberapa beberapa karakteristik performa saja.

Berikut Perbedaan Validasi Metode Analisis (VMA) vs Verifikasi Metode Analisis:

VMA fithrul
Perbedaan Validasi Metode Analisis vs Verifikasi Metode Analisis

versi PDF dapat di download PERBEDAAN VALIDASI METODE ANALISIS VS VERIFIKASI METODE ANALISIS

Untuk VMA sebaiknya mengunakan guideline ICH (VALIDATION OF ANALYTICAL PROCEDURES TEXT AND METHODOLOGY, ICH) karena ICH konsen pada harmonisasi berbagai kompendial di Eropa, Amerika dan Jepang. Untuk Lengkapnya bisa dibaca Step-by-Step Analytical Methods Validation and Protocol in the Quality System Compliance Industry.

Semoga Bermanfaat

Salam

M. Fithrul Mubarok, S.Farm.,Apt

Sumber:

WP2

M. Fithrul Mubarok

M. Fithrul Mubarok

Pharmacist and Blogger at Farmasiindustri
M. Fithrul Mubarok, S.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia.
Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri.
Email: fithrul.mubarok23@gmail.com
WhatsApp/WA: 0856 4341 6332
M. Fithrul Mubarok

Latest posts by M. Fithrul Mubarok (see all)

tinggalkan komentar .........