Dapatkah HVAC dimatikan pada malam hari?untuk menghemat energi listrik?

Pemakaian listrik HVAC di industri farmasi sangat besar, oleh karena itu perlu strategi penghematan listrik HVAC dan tetap memenuhi ketentuan CPOB. Pemeliharaan dan pengoperasian HVAC juga mahal. Asumsinya bila jam operasi HVAC lama pasti risiko kerusakan dan pemakaian listrik juga tinggi.

Chiller (pendingin), ventilasi /booster fan dan sistem pemanas mengonsumsi banyak energi listrik. Pada proses produksi tidak semuanya berjalan 24 jam, adakalanya hanya berjalan 1 atau 2 shift sehingga malam hari produksi off. Selama malam produksi off HVAC dimatikan.

Selama HVAC dimatikan pasti parameter-parameter kelas ruangan seperti suhu, kelembapan, partikel, perbedaan tekanan udara diluar persyaratan yang telah ditentukan. Tidak ada guideline yang menyarankan mematikan HVAC pada malam hari selama tidak digunakan. Akan tetapi kita dapat mengurangi Tapi kita bisa mengurangi efisiensi sistem HVAC sebagai pengurangan laju aliran udara, tetapi semuanya harus dipastikan okay sebelum menggunakannya di pagi dan proses ini harus divalidasi sebelum pelaksanaannya.

Selama mode efisiensi HVAC tidak boleh ada personil atau barang-barang masuk ke ruangan bersih. Baik mode operasi penuh HVAC atau mode efisiensi harus divalidasi dan di Kualifikasi secara periodik. Waktu recovery HVAC harus ditentukan untuk ruangan bersih, sebagai antisipasi kegagalan sistem HVAC.

prosedur ini dijalankan oleh unit produksi manufaktur dan dilaporkan dapat menghemat biaya konsumsi energi dengan efisiensi HVACnya.

Semoga Bermanfaat

Salam

M. Fithrul Mubarok, S.Farm.,Apt

Sumber: http://www.pharmaguideline.com/2016/07/can-you-switch-off-hvac-system-in-night.html

 

M. Fithrul Mubarok

M. Fithrul Mubarok

Pharmacist and Blogger at Farmasiindustri
M. Fithrul Mubarok, S.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia.
Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri.
Email: farmasiindustridotcom@gmail.com
WhatsApp/WA: 0856 4341 6332
M. Fithrul Mubarok

tinggalkan komentar .........

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.