Kisah keluarga Merck Membangun “Kerajaan” Farmasi Dunia (Bagian pertama)

oleh : Bambang Priyambodo

16265882_10208306382882384_991081960110626369_n

Tidak banyak industri farmasi di seluruh dunia ini yang sampai saat ini masih dimiliki oleh keluarga pendirinya. Salah satu di antara yang sedikit itu – yang paling fenomenal – adalah MERCK. Kerajaan bisnis keluarga ini pertama kali didirikan oleh Friedrich Jacob Merck pada tahun 1668 di sebuah kota kecil dekat Frankfurt, Darmstadt.

Friedrich Jacob Merck – seorang Apoteker lulusan Schweinfurt, Germany dan Viena, mulai membangun kerajaan bisnisnya dengan membeli sebuah apotek di kota Darmstadt, “Engel Apotheke” hampir 350 tahun yang lalu. Inilah tonggak sejarah lahirnya sebuah “kerajaan” bisnis farmasi yang saat ini ada di 70 negara di seluruh dunia dengan pendapatan lebih dari € 12 millar atau lebih dari 174 trilyun rupiah. Merck adalah merupakan SATU-SATUNYA industri farmasi dan kimia TERTUA di dunia yang masih beroperasi hingga saat ini. Semuanya berawal dari sebuah Apotek sederhana di sebuah kota kecil, Darmstadt. Apotek ini masih ada sampai sekarang dan masih tetap dimiliki oleh keluarga Merck selama 6 generasi.. Woww..

Friedrich Jacob Merck meninggal dunia pada tahun 1678, tanpa meninggalkan keturunan. Pengelolaan Engel Apotheke diteruskan oleh keponakannya yang juga seorang Apoteker yaitu Georg Friedrich Merck. Pada tahun 1708, Georg Friedrich Merck mulai membuat sendiri obat-obat kimia sederhana yang sebelumnya hanya berasal dari tanaman atau binatang sesuai buku text saat itu yaitu “Materia Medica”. Georg Friedrich Merck meninggal pada tahun 1715. Engel Apotheke selanjutnya dikelola oleh Johan Franz Merck hingga tahun 1741 yang banyak memberikan kontribusi pada kemajuan bidang farmasi. Salah satu penemuan yang paling kontroversial pada masa itu adalah Arsenik yang ditemukan pada tahun 1720.

(Bersambung)

Bagian kedua ada di sini.

Artikel dari Bambang Priyambodo lainnya bisa dilihat disini.

Sumber

M. Fithrul Mubarok

M. Fithrul Mubarok

Pharmacist and Blogger at Farmasiindustri
M. Fithrul Mubarok, S.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia.
Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri.
Email: farmasiindustridotcom@gmail.com
WhatsApp/WA: 0856 4341 6332
M. Fithrul Mubarok

tinggalkan komentar .........