Logam Stainless Steel 316 L (SS 316 L) di Industri Farmasi dan Cara Pengetesannya

Di Industri Farmasi hanya bahan-bahan tertentu yang diperbolehkan kontak dengan produk. Misalnya untuk logam harus Stainless Steel 316L (SS 316L). Bahan/logam yang tidak kontak dengan produk bisa menggunakan Stainless Steel 304/AISI 304. Ini sesuai dengan pernyataan CPOB 2012, untuk alat dan bahan apa saja yang boleh kontak dengan produk dapat membaca artikel saya sebelumnya:”Tipe Bahan Alat yang digunakan Untuk Produksi Sediaan Farmasi“. Bahan yang inert berguna untuk mencegah adanya kontaminasi.

Karena pentingnya mengetahui keaslian bahan logam SS 316 L maka perlu diketahui cara pengecekannya. Idealnya dalam membeli peralatan kita mendapatkan sertifikat kelengkapan dan keaslian bahan yang diterima. Akan tetapi, dalam kenyataannya tidak semua supplier “paham dan mau” menyerahkan sertifikat. Walau hanya beberapa lembar sertifikat keaslian itu harganya mahal. Kebanyakan tipe supplier alat/mesin (apalagi dari yang memasok dari negara berkembang) kurang berkomitmen untuk serius memberi detail peralatan termasuk sertifikat. Sebaliknya yang memasok alat/mesin dari negara maju (Amerika, Jepang dan Eropa ) biasanya memberi lengkap tanpa kita minta. Tapi, perlu diketahui harga alat/mesin dari negara maju pasti lebih bahan dari alat dari negara berkembang (Cina, India). Selain itu dari negara maju alat/mesinnya lebih “bandel” dan kualitas lebih tinggi. Ini sesuai kredo lama “Ono rego ono rupa”.

sertifikat-stainless-steel-316l
Contoh Sertifikat Stainless Steel 316 L

Untuk pengetesan bahan SS 316L awalnya saya kira menggunakan metode destruktif dengan diambil sampel pada logamnya kemudian diperiksa Molibdeniumnya. Ternyata terdapat pengetesan bahan logam SS 316L menggunakan metode non-destruktif, yaitu dengan alat yang dapat memancarkan spektra tertentu kemudian dianalisis oleh alat.

farmasiindustri.comAlat pengetesan SS 316L Handheld-XRF.jpg
Alat pemeriksa logam

Alat ini mengigatkan saya tentang alat Raman Spectroscopy, karena mirip prinsipnya. Untuk mengetahui dapat membaca artikel saya sebelumnya Raman Spectrometry dan Penggunaannya di Industri Farmasi. Cara penggunaannya  alat ini  adalah dengan disetting sesuai tujuan penggunaannya, kemudian ditulis pada layar nama logam/alat yang diperiksa. Pada pengamatan saya, pemeriksa menulis dengan stylus pada  layar jenis tocuhscreen, memberi nama bahan yang diperiksa. Kemudian alat ditembakan pada bahan yang akan diperiksa kemudian beberapa saat akan muncul asil pemeriksaan pada layar. Salah satu alat yang tersedia di pasaran adalah Handheld XRF dari Bruker. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang pemeriksaan stainless steel dengan alat ini dapat mengunungi website Bruker.

Berikut gambar cara penggunaannya:

1.Operator mensetting Handheld XRF

farmasiindustri.comIMG_20160922_100041.jpg
Setiing Alat Pengetes SS 316L

2. Operator menembakkan pada bahan logam yang akan diperiksa

pemeriksaan-ss
Operator Menembakkan Sinar X ke alat untuk memeriksa jenis logam
farmasiindustri.comIMG_20160922_100243.jpg
Diperiksa logam yang bersentuhan dengan produk

 

3. Setelah beberapa saat akan muncul pada layar hasil pemeriksaan.

farmasiindustri.comIMG_20160922_100259.jpg
Hasil Pemeriksaan menujukkan bahan yang diperiksa adalah Logam SS 316L

Alat ini juga dapat mendeteksi logam SS 304

farmasiindustri.comIMG_20160922_100819.jpg
Operator Memeriksa Logam pada Body Mesin
farmasiindustri.comWhatsApp Image 2016-09-22 at 12.39.33.jpg
Hasil Pemeriksaan Body mesin terbuat dari SS 304

Hasil pemeriksaan ini bisa dicetak dengan printer dengan menghubungkan alat dengan komputer. Pemeriksaan dapat dilakukan oleh pihak ke 3 yang kompeten misalnya dari PT Surveyor Indonesia.

Semoga Bermanfaat

Salam

M. Fithrul Mubarok,S.Farm.,Apt

 

 

M. Fithrul Mubarok

M. Fithrul Mubarok

Pharmacist and Blogger at Farmasiindustri
M. Fithrul Mubarok, S.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia.
Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri.
Email: fithrul.mubarok23@gmail.com
WhatsApp/WA: 0856 4341 6332
M. Fithrul Mubarok

Latest posts by M. Fithrul Mubarok (see all)

tinggalkan komentar .........