Mengikuti Pameran Mesin Farmasi Allpack Indonesia 2017

Pada tanggal 1-4 November 2017 terdapat pameran Allpack yang merupakan pameran mesin farmasi dan makanan terbesar di Indonesia. Saya berkesempatan mengikuti dan melihat-lihat pameran tersebut pada hari Rabu tanggal 1 November 2017. Sebelumnya saya mendapatkan undangan via pos seperti ini:

undangan.jpg
undangan Allpack Indonesia

Kebetulan saya mendapatkan undangan tipe VIP, undangan ini cukup istimewa karena sewaktu masuk ke dalam pameran antrian registrasi dibedakan. Untuk melakukan pendaftaran cukup mudah melalui website, terdapat petunjuk pada undangan tersebut. Kemudian undangan dan konfirmasi pendaftaran akan diberikan via email berupa e-voucher seperti ini:

E-Voucher — All Pack Indonesia.png
E-voucher Allpack Indonesia

E-voucher yang didapatkan digunakan untuk registrasi di pameran untuk mendapatkan name tag seperti ini.

20171104_192504
nametag allpack indonesia

Dalam pameran ini saya ditugaskan atasan untuk mencari mesin-mesin untuk keperluan investasi pabrik dan menjalin networking dengan para supplier mesin. Dengan menjalin networking kita akan mengetahui dan mengenal supplier dan produk mereka. Kita jadi tahu akan mencari tipe mesin tertentu ke supplier yang tepat. Masing-masing supplier mensuplai mesin yang berbeda-beda. Seperti jualan lainnya ada supplier yang bagus ada yang tidak bagus juga. Supplier bagus adalah supplier yang dapat menyediakan mesin sesuai dengan URS (user requirement specification), yang after salesnya bagus dan yang mau membagi ilmu mereka dengan kita. Jadi mereka tidak hanya jualan saja tapi juga terjadi transfer knowlegde disana. Berikut foto-foto selama pameran

Pameran ini sangat besar mungkin untuk mengelilingi semua booth dibutuhkan waktu sekitar 2 hari. Saya mendapatkan banyak souvenir, katalog dan tas dari supplier. Katalog dari supplier ini akan saya simpan untuk dijadikan referensi dalam pembelian mesin berikutnya. Pengetahuan tentang mesin-mesin farmasi dan supplier bagi apoteker sangat penting karena merupakan pertimbangan dalam pemilihan mesin yang cocok dengan kebutuhan. Pemilihan mesin yang tidak tepat akan membuat proses produksi tidak optimal dan menjadikan perusahaan rugi karena mesin-mesin farmasi tidak ada yang murah harganya.

20171103_140000.jpg
Katalog dari pameran

Semoga Bermanfaat

Salam

M. Fithrul Mubarok, S.Farm.,Apt

M. Fithrul Mubarok

M. Fithrul Mubarok

Pharmacist and Blogger at Farmasiindustri
M. Fithrul Mubarok, S.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia.
Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri.
Email: fithrul.mubarok23@gmail.com
WhatsApp/WA: 0856 4341 6332
M. Fithrul Mubarok

Leave a Reply

Your email address will not be published.