Pengelasan Pipa Sistem Pengolahan Air Farmasi

Pengelasan sambungan pipa pada sistem pengolahan air (SPA) farmasi menggunakan orbital welding. Kualitas air dalam farmasi bisa air muni (Purified water) atau WFI (water for injection). Jadi pengelasan pipa pada SPA tidak sembarangan, misal menggunakan pengelasan argon biasa. Pengelasan orbital welding ini untuk menjamin hasil pengelasan tersambung sempurna dengan  roughness (kekasaran) yang memenuhi syarat. Kekasaran yang memenuhi syarat ini tidak mungkin bisa tercapai dengan pengelasan biasa.

gl1
alat orbital welding

Setahu saya kekasaran permukaan yang dipersyaratkan mencapai 0,3-0,5 Ra. Lebih kecil dari 0,3 Ra lebih bagus. Kekasaran permukaan ini penting untuk meminimalkan risiko permukaan kasar yang berpotensi besar menjadi tempat berkembang bakteri. Berkembangnya bakteri dalam bentuk biofilm, dapat membaca tulisan saya sebelumnya mengenai biofilm disini. Setahu saya harga alat orbital welding ini sangat mahal >500 juta, jadi biasanya vendor sewa alat saja. Sewa alat juga tidak murah setahu saya. Hasil pengelasan orbital welding juga dilakukan uji kekasaran dan boroscope. Uji boroscope didokumentasikan dalam bentuk video.

Untuk melihat pengelasan orbital welding dapat melihat video berikut:

dan video berikut:

Semoga Bermanfaat

Salam

M. Fithrul Mubarok, S.Farm.,Apt

 

 

M. Fithrul Mubarok

M. Fithrul Mubarok

Pharmacist and Blogger at Farmasiindustri
M. Fithrul Mubarok, S.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia.
Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri.
Email: farmasiindustridotcom@gmail.com
WhatsApp/WA: 0856 4341 6332
M. Fithrul Mubarok

Latest posts by M. Fithrul Mubarok (see all)

tinggalkan komentar .........

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.