Produksi Kapsul Lunak

Kapsul Lunak atau soft capsule/softgels merupakan salah satu sediaan solid oral di farmasi selain tablet, kapsul keras dan kaplet. Tidak banyak contoh sediaan kapsul lunak yang beredar dibandingkan dengan sediaan tablet. Pada kali ini saya akan menjelaskan tahap-demi tahap pembuatan kapsul lunak di farmasi.

Related image

  1. Penimbangan
Related image
penimbangan bahan baku di farmasi

Penimbangan bahan baku/material kapsul lunak sesuai dengan formula dalam batch record. Bahan-bahan biasanya terdiri dari bahan aktif, pewarna, bahan pengawet dan gelatin. Biasanya gelatin dibutuhkan dalam jumlah yang besar >100 kg. Gelatin ini dipilih yang Halal, banyak sekali pilihan halal gelatin.

   2. Pencampuran Bahan Aktif

Landson, soft capsule - YouTube.MP4_snapshot_04.07_[2018.04.21_09.47.34].jpg
pencampuran bahan aktif berupa liquid

Pencampuran bahan aktif kapsul biasanya menggunakan tangki stainless SS 316L dengan agitator. Bahan aktif dalam kapsul lunak biasanya berupa larutan sehingga tinggal dicampur dengan lauran-larutan lain, semisal larutan pembawa. Sesudah tercampur sempurna tangki dipindahkan ke mesin kapsulasi.

  3. Pembuatan Gelatin

Bahan baku gelatin pada awalnya berupa padatan, berupa granul-granul. Granul-granul gelatin ini kemudian dimasukkan ke dalam tangki pelelehan, kemudian tangki dipanaskan dengan steam sehingga gelatin meleleh. Setelah meleleh kemudian ditambahkan pewarna dan zat pengawet. Dicampur semua dalam tangki dengan agitator dengan kondisi vacuum (tidak ada udara). Udara ini perlu dibuang agar meminimalkan risiko masuknya udara ke dalam gelatin sehingga menyebabkan gelatin bergelembung. Kondisi seperti ini berisiko gelatin tidak bisa dibentuk menjadi lembaran-lembaran tipis (sheets).

(2) Softgel Encapsulation Machine - YouTube.MP4_snapshot_02.50_[2018.04.21_09.58.40].jpg
Tangki pelelehan gelatin modern
Landson, soft capsule - YouTube.MP4_snapshot_03.25_[2018.04.21_10.00.33].jpg
tangki pelelehan gelatin konvensional

Gelatin yang sudah meleleh kemudian ditampung dalam tangki dengan pemanas, menjaga agar gelatin tetap dalam kondisi semiliquid. Kondisi semiliquid dibutuhkan agar gelatin yang melelh bisa mengalir ke mesin kapsulasi.

  4. Kapsulasi dengan Mesin Kapsul

Tahap ini merupakan tahap utama dalam pembuatan kapsul lunak dimana kapsul mulai dicetak dengan mesin kapsulasi. Pertama gelatin dibentuk menjadi sheets diambil dari tangki gelatin melakui selang ke drum roll. Akan ada 2 sheet gelatin kanan dan kiri, sheet ini akan diarahkan menuju mould (pencetak) kapsul. Mould kapsul ada 1 pasang kanan dan kiri dengan dimensi dan jumlah lubang yang sama.

(2) Taesung softgel encapsulation machine.DAT - YouTube.MP4_snapshot_02.32_[2018.04.21_09.44.58].jpg
Sheet gelatin dan liqui zata ktif bertemu kemudian dicetak menjadi kapsul lunak

Zata atif berupa liquid cairan akan dipompa ke hopper untuk diinjeksi ke mould kapsul sekaligus dipotong untuk mencetak kapsul. Berat/violume zat aktif liquid harus di kontrol secara ketat agar jumlah dosis selalu tepat. Sehingga kapsul akan terbentuk, untuk lebih jelasnya dapat melihat video berikut:

  5. Penirisan/Pengeringan pada Tumbler

Kapsul yang sudah terbentuk akan dibawa oleh conveyor kecil ke tumbler untuk ditiriskan. Ada beberapa jenis mesin kapsulasi dengan tumbler bukan hanya meniriskan tapi juga mengeringkan kapsul. Tumbler terdiri dari 4-8 tumbler yang berputar mendorong kapsul lunak keluar untuk ditampung.

(2) Taesung softgel encapsulation machine.DAT - YouTube.MP4_snapshot_04.14_[2018.04.21_09.43.17].jpg
Kapsul lunak yang keluar dari tumbler

Bila tumbler tanpa pemanas, kapsul perlu dimasukkan ke dalam rak dahulu untuk dikeringkan. Keuntungan tumbler dengan pemanas adalah kapsul yang sudah keluar dari tumbler sudah kering sehingga tinggal filling ke kemas primer. Ini menghemat waktu dan biaya produksi.

(2) Taesung softgel encapsulation machine.DAT - YouTube.MP4_snapshot_00.41_[2018.04.21_09.37.06].jpg
Tumbler Kapsul Lunak

Proses kritis dalam kapsulasi ini adalah suhu ruangan, dimana suhu ruangan dijaga dingin <21 C agar sheet gelatin tidak putus sehingga dapat di kapsulasi.

6. Pengeringan kapsul lunak pada Drying room

Mesin kapsul lunak tanpa tumbler pemanas maka kapsul akan ditata dalam rak kemudian akan dikeringkan dengan suhu rendah (<25 C) dan kelembapan rendah (<30 %) selama beberapa jam.

Landson, soft capsule - YouTube.MP4_snapshot_04.58_[2018.04.21_09.49.16].jpg
Pengeringan kapsul pada Drying Room

7. Pengisian ke Kemas Primer

Kapsul yang sudah kering kemudian di sortir. Di filling dan di hitung untuk masuk ke kemasan primer (botol/blister/sachet). Berikut contoh video mengenai pengisian kapsul/tablet ke dalam botol:

Sebenarnya masih banyak detail-detail yang belu saya ceritakan, akan tetapi gambaran diatas saya kira dapat membantu memahami alur proses pembuatan kapsul lunak di farmasi.

Berikut video-video yang dapat memberikan gambaran mengenai proses kapsul lunak:

Landson

Softgel Encapsulation

Softcapsule Encapsulation Production Lines

 

Untuk mesin-mesin kapsulasi ternama antara lain:

Semoga Bermanfaat

Salam

M. Fithrul Mubarok, S.Farm.,Apt

M. Fithrul Mubarok

M. Fithrul Mubarok

Pharmacist and Blogger at Farmasiindustri
M. Fithrul Mubarok, S.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia.
Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri.
Email: farmasiindustridotcom@gmail.com
WhatsApp/WA: 0856 4341 6332
M. Fithrul Mubarok

tinggalkan komentar .........

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.