Buku Tanya Jawab Farmakope

Farmakope Indonesia terakhir adalah farmakope Indonesia edisi VI yang dikeluarkan oleh Kemenkes pada November 2020. Akan tetapi sebelumnya pada tahun 2019 dikeluarkan juga Buku Tanya Jawab Farmakope Indonesia yang waktu itu masih merujuk pada Farmakope Indonesia V. Walaupun sudah tidak uptodate lagi akan tetapi dapat dijadikan informasi rujukan terkait permasalahan sewaktu kita membaca Farmakope Indonesia.

Buku Tanya Jawab Farmakope

Kata Pengantar

Obat merupakan salah satu komponen fundamental dalam peningkatan kualitas hidup manusia. Tujuan penggunaan obat oleh masyarakat akan tercapai jika obat yang diproduksi dan/atau diedarkan memenuhi persyaratan keamanan, khasiat, dan mutu.

Salah satu upaya Badan POM untuk melindungi kesehatan masyarakat adalah melakukan upaya pencegahan dengan menyusun dan menetapkan standar mutu obat beredar di Indonesia. Selain itu, Badan POM melakukan pembinaan kepada pelaku usaha, salah satunya melalui sosialisasi dan diskusi teknis tentang Farmakope Indonesia (FI).

Melalui interaksi dengan pengguna Farmakope Indonesia, masih perlu tersedia panduan berisi informasi untuk penjelasan hal-hal teknis terkait standar mutu obat sehingga menghindari terjadinya kesalahan interpretasi dan penerapan Farmakope Indonesia secara utuh dapat ditegakkan.

Buku Tanya Jawab Farmakope Indonesia disusun melibatkan unit terkait di Badan POM dan tim ahli. Buku ini menyajikan tanya jawab tentang standar mutu obat, penyusunan dan pemberlakuan FI, penggunaan metode lain selain FI, implementasi FI, cemaran organik, baku pembanding, dan pembuatan baku kerja.

Buku Tanya Jawab ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai panduan terutama oleh pelaku usaha dalam menerapkan standar mutu obat sehingga dapat meningkatkan jaminan mutu dan daya saing obat yang beredar di Indonesia.

Sebagai akhir kata, kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Tim Penyusun dan semua pihak yang telah memberikan kontribusi dalam penyusunan Buku ini.

BACA JUGA  Fakta-fakta Industri Farmasi Indonesia
BACA JUGA  Indonesia Pharmaceutical Outlook

Sambutan

Perkembangan penyakit, gaya hidup, dan kemajuan teknologi berdampak pada perkembangan obat yang cepat dan signifikan di Indonesia. Industri farmasi kini mampu memproduksi obat dalam skala yang besar mencakup berbagai produk dengan range  yang luas, termasuk produk baru.

Pemerintah mendukung upaya percepatan pengembangan obat oleh industri farmasi karena dapat meningkatkan ketersediaan dan akses masyarakat terhadap obat, terutama di era JKN dengan kebutuhan obat yang meningkat. Untuk itu, kemajuan tersebut perlu diiringi dengan tersedianya standar dan persyaratan terkini yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha sehingga obat yang beredar aman, berkhasiat, dan bermutu.

Badan POM sebagai otoritas pengendalian mutu menyusun standar mutu obat yaitu Farmakope Indonesia agar industri farmasi sebagai salah satu sub-sistem pengawasan obat konsisten menghasilkan obat yang bermutu.

Sebagai pelaksanaan Instruksi Presiden nomor 6 tahun 2016 tentang Percepatan Pengembangan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan, Badan POM aktif melakukan pembinaan kepada pelaku usaha sehingga kepatuhan pelaku usaha terhadap standar yang telah ditetapkan meningkat. Wujud pembinaan tersebut salah satunya adalah menyediakan informasi pendukung penerapan standar mutu obat dalam bentuk Buku Tanya Jawab Farmakope Indonesia.

Kami menyambut baik penerbitan Buku Tanya Jawab ini. Diseminasi informasi dalam bentuk buku tanya jawab adalah upaya strategis yang dapat dimanfaatkan terutama oleh pelaku usaha sebagai panduan untuk menerapkan standar mutu obat dengan lebih baik. Dengan demikian, daya saing obat yang beredar di Indonesia meningkat yang pada akhirnya berperan dalam mewujudkan kesehatan bangsa.

Tim Penyusun

Pelindung                      :    Dra. Rita Endang, Apt, M.Kes

Pengarah                      :    Dra. Togi J. Hutadjulu, Apt., M.HA.

Tim Ahli         :    Prof. Dr. Rer.nat. Mochammad Yuwono, M.S., Apt.

BACA JUGA  Tiga (3) Batch Berurutan Untuk Validasi di Industri Farmasi
BACA JUGA  Prinsip Kerja Fluid Bed Dryer (FBD)

Prof. Dr. Slamet Ibrahim, DEA., Apt. Prof. Dr. Sudibyo Martono, M.S., Apt. Dra. Hermini Tetrasari, M.Si., Apt.

Drs. Siam Subagyo, M.Si., Apt. Dra. Widiastuti Adipura, Apt.

Drs. Wusmin Tambunan, M.Si., Apt.

Penyusun        :    Dr. Lucia Rizka Andalusia Apt, M.Pharm., MARS.

Daryani, S.Si., M.Sc.

DJurlaia. tAi Sti. Sie, tAiapwt.a  ti Apt, M.Si                 DNDroav.a K Eumsmeiladtay  SA.Spit,,  MS.P, hAaprtm. . Dwi Damayanti S.Si, Apt., M.Si.               Dra. Niza Nemara Apt, M.Si

Dra. Hariati Wiratningrum, M.Si., Apt.

Sri Hayanti, S.Si., Apt., M.Epid.

Anggrida Saragih, S.Si., Apt. Dra. Neviyenti, Apt. Dra. Dini Prapti K., M.Si., Apt. Rozana, S.Si.

Ilma Yulianita S.Si, Apt.          Fajar Kurniyati, S.Si., M.Si. Bertha Lolo Lukita S.Si, Apt         Maria Berlina Purba S.Si,Apt.

Bunga Dian Kurniati, S.Si., Apt. Abdullah, A.MF.

Sofiana Sari, S.Farm., Apt. 

Sekretariat    :    Annisa Kamil, S.Farm., Apt.

Liska Ramdanawati, M.Si.

Fauziah Ridho, S.Farm., M.Si.

Meiji Firmayesti, S.Farm., Apt.

Helmy Mubarak, S.Farm., Apt.

Putrie Fiana Azizah, S.Farm., Apt

Buku selengkapnya dapat di download disini :

Semoga Bermanfaat

Salam

M. Fithrul Mubarok, M. Farm.,Apt

https://farmasiindustri.com
M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia. Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri. Email: fithrul.mubarok23@gmail.com WhatsApp/WA: 0856 4341 6332

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

FansLike
FollowersFollow

Latest Articles

x