Pengaturan Tekanan Ruang Penyangga Udara (Airlock)

Ada tiga jenis pengaturan tekanan ruang penyangga udara:

  1. Ruang Penyangga Udara Tipe Kaskade

Tekanan lebih besar pada salah satu sisi ruang penyanga udara dan tekanan lebih rendah disisi lain. Ini untuk mencegah masuknya debu dan kontaminan dari luar ke penyangga dan penyangga ke dalam ruangan.

cascade
Ruang Penyangga Tipe Kaskade

Digunakan bila ada beberapa persyaratan klasifikasi kebersihan ruang, tapi hanya sedikit masalah mengenai pengungkungan. Dapat terlihat pada gambar bahwa udara mengalir dari tekanan tinggi ke tekanan yang lebih rendah, sehingga mencegah debu masuk dari tekanan rendah ke tekanan tinggi. Tipe seperti ini biasanya digunakan pada area kelas kebersihan yang lebih tinggi ke lebih rendah. Dimana area kebersihan lebih rendah tidak boleh mencemari area kebersihan yang lebih tinggi. Tetapi area kebersihan yag lebih tinggi “dapat mencemari” area kebersihan yang lebih rendah. Area kebersihan lebih tinggi seharusnya lebih bersih jadi kemungkinan kecil mencemari area kebersihan dibawahnya pada tipe kaskade ini.

2. Ruang Penyangga Udara Tipe Bubble

Tekanan lebih tinggi di dalam ruang penyangga udara dan tekanan lebih rendah di sekitarnya. Ini untuk mencegah aliran udara antara dua area melalui ruang penyangga dengan membentuk penghalang tekanan.

bubble
Ruang Penyangga Tipe Bubble

Dapat dilihat bahwa tekanan tinggi pada tengah ruang penyangga mencegah masuknya debu dari dua ruangan dengan tekanan yang sama. Adanya tekanan tinggi di tengah mencegah pergerakan debu dari kedua sisi. Tipe penyangga ini memerlukan instalasi tambahan yaitu blower, HEPA dan lain-lain agar memberikan tekanan di dalam ruangan,. Instalasi ini bisa sama atau terpisah dengan HVAC. Aplikasi tipe ruang penyangga ini ada pada passbox dinamis.

BACA JUGA  Mengikuti Seminar PIC/S GMP Guide – Seri Kedua 23 Juni 2016

3. Ruang Udara Tipe Sink

Tekanan lebih rendah di dalam ruang penyangga udara dan tekanan lebih tinggi sekitarnya. Ruang penyangga tipe ini menarik udara dari kedua sisi menciptakan penghalang tekanan rendah.

BACA JUGA  Mengikuti Seminar PIC/S GMP Guide – Seri Keenam 23 Februari 2017

sink
Ruang Penyangga Udara Tipe Sink

Pintu hendaknya membuka kearah yang mempunyai tekanan udara lebih tinggi sehingga tekanan ruang membantu menahan pintu agar tetap tertutup. Sistem interlock sebaiknya dipasang sehingga mencegah kedua pintu dibuka secara bersamaan. Sistem ini membantu mencegah masuknya kontaminan melalui penyangga. Ruang penyangga harusnya dijaga untuk tetap kosong, jangan menempatkan material, baju dan lain-lainnya.

Alarm sebaiknya dipasang sehingga dapat diketahui mana pintu yang terbuka:

interlock
Contoh Alarm/Penanda Dalam Interlock

Sumber:

Semoga Bermanfaat

Salam

M. Fithrul Mubarok, M. Farm.,Apt

374e38b7fc013a64f5b60b6a3cfe8a35?s=96&d=identicon&r=g
https://farmasiindustri.com
M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia. Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri. Email: fithrul.mubarok23@gmail.com WhatsApp/WA: 0856 4341 6332

ARTIKEL TERKAIT

4 COMMENTS

  1. […] Untuk sediaan antibiotik betalaktam harus dibuat dalam gedung terpisah sendiri, tidak boleh satu gedung dengan misal produk tablet konvensional. Dalam gedung ini pengaturan tekanannya dirancang negatif relatif dari lingkungan luar sehingga debu/serbuk betalaktam tidak keluar mencemari ruangan. Kalau begitu bukannya banyak kotoran masuk ke ruangan produksi? Ini bisa diatasi dengan air lock […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

-

Berlangganan Artikel

Berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru industri farmasi

TETAP TERHUBUNG

51FansLike
FollowersFollow
SubscribersSubscribe

PALING BANYAK DIBACA

x