Berbagai Ukuran Mesh yang digunakan dalam Farmasi

Ayakan secara luas digunakan dalam farmasi baik dalam skala produksi atau untuk percobaan di laboratorium. Ayakan yang digunakan untun menetukan ukuran partikel dari bahan baku. Mesh adalah unit umum yang digunakan untuk melakukan pengayakan.

Dilakukan pengayakan pada bahan untuk mendapatkan ukuran partikel bahan yang sesuai. Pada proses granulasi atau pencampuran akhir dibutuhkan ukuran partikel tertentu sehingga prosesnya menjadi lebih baik. Bila terdapat gumpalan partikel yang teralu besar risiko pencampuran menjadi tidak homogen. Campuran tidak homogen maka dosis juga tidak homogen. Dosis tidak homogen akan pengaruh ke efek obat/kemanjuran obat yang tidak konsisten, tentu ini berbahaya.

ukuran mesh farmasi
Berbagai Ukuran Mesh Farmasi

Secara umum ukuran mesh 40 sampai dengan 400 digunakan dalam produksi obat selama penggilingan bahan baku. Mesh adalah jumah lubang dalam satu garis ukuran inchi dari ayakan. Mesh 10 terdapat 10 lubang dan 400 mesh terdapat 100 lubang dalam satu garis berjarak 1 inchi.

image 2021 04 12 110058
Mesh Farmasi

Kualitas dari ayakan tergantung dari kawat yang digunakan. Kawat yang digunakan pada mesh 10 lebih tebal dibandingkan yang digunakan pada mesh 60. Kawat yang tebal tidak dapat membuat adanya fine (ukuran partikel halus). Bila mesh diatas 400 ukuran partikel sudah ukuran mikron.

Material bahan yang mempunyai fine (partikel ukuran kecil) maka menggunakan ayakan yang mempunyai lubang sangat kecil. Semakin besar ukuran mesh maka semakin bisa digunakan untuk mengayak fine (partikel ukuran kecil).

Berikut merupakan konversi mesh ke mikron, inchi dan milimeter

micron mesh3
konversi mesh ke mikron, inchi dan milimeter

Tidak ada rumus formula resmi untuk konversi mesh ke mikron atau sebaliknya.

BACA JUGA  Mengikuti Workshop Peningkatan Peran Serta Pelaku Usaha Dalam Menerapkan Ketentuan Yang Berlaku

Penentuan Ukuran Mesh dari ayakan

Ada metode sederhana untuk menentukan ukuran mesh dari ayakan. Tandai ayakan sepanjang 1 inch menggunakan spidol permanen dan penggaris. Pengukuran dilakukan dari tengah kawat agar akurat. Jumlah lubang dalam garis yang ditandai tadi. Jumlah lubang dalam 1 inchi tersebut dinamakan mesh.

BACA JUGA  Mengikuti Workshop Peningkatan Peran Serta Pelaku Usaha Dalam Menerapkan Ketentuan Yang Berlaku 2018 : Manajemen Risiko Mutu

Contoh bila ada 60 lubang dalam 1 inchi maka disebut mesh 60. Jumlah lubang dapat dihitung menggunakan penanda spidol.

Semoga Bermanfaat

Salam

M. Fithrul Mubarok, M. Farm.,Apt

Referensi: https://www.pharmaguideline.com/2015/09/mesh-sizes-used-in-pharmaceuticals-and-its-conversion.html

374e38b7fc013a64f5b60b6a3cfe8a35?s=96&d=identicon&r=g
https://farmasiindustri.com
M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia. Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri. Email: fithrul.mubarok23@gmail.com WhatsApp/WA: 0856 4341 6332

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BACA JUGA  Pengelolaan Air Limbah Domestik Farmasi
-

Berlangganan Artikel

Berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru industri farmasi

TETAP TERHUBUNG

51FansLike
FollowersFollow
SubscribersSubscribe

PALING BANYAK DIBACA