KIPI Vaksin Moderna

Berikut tulisan dr Prof Zullies mengenai vaksin Moderna KIPI VAKSIN MODERNA
Vaksin Moderna saat ini sudah digunakan sebagai booster pada tenaga kesehatan, dan akan digunakan juga oleh masyarakat umum sebagai vaksin pertama dan kedua untuk mereka yang belum divaksinasi sama sekali.
Vaksin ini memiliki platform mRNA, yang berbeda dengan 3 vaksin sebelumnya yang telah digunakan, yaitu SInovac, Astra Zeneca dan Sinopharm.
APA IMPLIKASI PERBEDAAN PLATFORM ?
Perbedaan platform vaksin dapat mempengaruhi profil efikasi dan efek sampingnya. Vaksin Moderna dengan platform RNA memang memicu respon imun yang cukup tinggi, sehingga gejala Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI)-nya juga lebih terasakan. Beberapa kawan yang mendapatkan vaksin ini merasakan gejala yang lebih signifikan dibandingkan saat divaksin dengan Sinovac. Gejala tersebut antara lain demam, rasa meriang, nyeri otot, sakit kepala, dll yang lumayan, sampai bbrp hari setelah vaksin.

Namun jangan kuatir, semua KIPI itu merupakan respon yang wajar dari reaksi sistem imun akibat vaksin. Jika masih tahan, silakan dinikmati saja 😀 tetapi jika dirasa mengganggu, bisa diatasi dengan menggunakan obat analgesik seperti parasetamol, sesuai kebutuhan. Penggunaan maksimum parasetamol adalah 8 x 500mg alias 4 gram/hari.
Ada saran juga bahwa kalau mau divaksin Moderna, mungkin baiknya dilakukan saat week end agar esoknya bisa beristirahat lebih nyaman sambil menunggu KIPI berkurang.

JER BASUKI MAWA BEA
Kalau mau bagus, bayarnya lebih mahal… ini kata-kata yang sering kita dengar. Ya, efikasi vaksin Moderna memang dilaporkan lebih tinggi dibandingkan vaksin platform lain, yaitu sebesar 92.4%. Jadi yah, bayarannya agak mahal dengan merasakan KIPI yang sedikit lebih signifikan…. 🙂

BACA JUGA  Perhitungan MKT (Mean Kinetic Temperature) Suhu Penyimpanan

VAKSIN TERBAIK ADALAH YANG TERSEDIA
Nah, dengan keterbatasan vaksin yg ada, maka saya sendiri mendorong masyarakat utk tidak pilih-pilih vaksin. Selama itu ada, sebaiknya ambil aja. Jangan menunggu-nunggu yg katanya lebih baik, yang belum bisa dipastikan waktunya, tapi malah keduluan terpapar Covid… 🙂

BACA JUGA  Vaksin COVID19 apakah segera diproduksi massal ?

Selamat hari Minggu …

Sumber : https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10226538790278687&id=1313708945

374e38b7fc013a64f5b60b6a3cfe8a35?s=96&d=identicon&r=g
https://farmasiindustri.com
M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia. Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri. Email: fithrul.mubarok23@gmail.com WhatsApp/WA: 0856 4341 6332

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

-

Berlangganan Artikel

Berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru industri farmasi

TETAP TERHUBUNG

51FansLike
FollowersFollow
SubscribersSubscribe

PALING BANYAK DIBACA

x