Ultra Violet untuk Disinfektasi di Air Farmasi

Ultra violet farmasi digunakan terutama pada pengolahan air farmasi dan alat seperti LAF. Lampu ultraviolet (UV) dalam pengolahan air untuk keperluan farmasi. Lampu UV sangat berguna dalam mengurangi beban biologis air untuk keperluan farmasi. Lampu ultra violet digunakan di berbagai titik dalam proses pemurnian dan distribusi air untuk keperluan farmasi.

Alampu UV dapat dipasang di titik mulai dari titik masuk pertama ke deionisasi atau demineralisasi kolom resin penukar ion atau unit RO (reverse Osmosis), dan pada titik titik terakhir distribusi di titik produksi farmasi. Bagaimana cahaya UV bekerja sebagai antimikroba ?

Sinar ultraviolet terdiri dari radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang lebih pendek dari cahaya tampak, yang mampu merusak DNA dengan mengganggu ikatan hidrogen antara asam nukleat dan dengan mengganggu ikatan antarmolekul dalam protein vital dan enzim yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan dari mikroorganisme.

Sinar UV dengan panjang gelombang 254 nm digunakan untuk mengurangi jumlah mikroba dalam air untuk keperluan farmasi. Sinar UV dengan panjang gelombang 150nm hingga 185nm terionisasi oleh karena itu juga membantu mengurangi kandungan organik total dengan mendegradasi karbon organik menjadi Co2 (juga dapat digunakan untuk tujuan ini 254nm). Ini juga membantu menghilangkan klorin yang berlebihan dari air melalui proses ionisasi dan inonexchange pada langkah deionisasi atau demineralisasi berikutnya.

Mengapa sinar UV tidak dapat diandalkan sebagai pilihan antimikroba yang lengkap

Sinar UV mengganggu DNA dan ikatan hidrogen asam nukleat dalam DNA , gangguan ini selalu tidak permanen, spora bakteri atau bakteri ketika dibiarkan dalam kondisi yang menguntungkan , gangguan ini dikembalikan kembali normal, dan sel bakteri menjadi layak kembali, proses ini dikenal sebagai perbaikan eksisi nukleotida.

BACA JUGA  Perhitungan Berat Silica Gel dalam Kemasan
BACA JUGA  Metode Sterilisasi – Sterilisasi Panas Kering

Efektifitas unit lampu UV online harus dievaluasi dengan validasi, membentuk rencana induk validasi yang sesuai untuk mengevaluasi kemampuan aktualnya untuk menurunkan beban mikroba dalam air yang diolah, beban mikroba sebelum perlakuan UV dan setelah perlakuan UV harus dipantau dan korelasi antara keduanya harus menetapkan kemanjuran sinar UV di unit pemurnian air online, dapat diadaptasi sebagai titik pengambilan sampel harian / rutin untuk validasi berkelanjutan dari pabrik pemurnian air.

Ekfektivitas lampu UV dapat dilakukan dengan periodik, sebelumnya saya pernah menulis disini https://farmasiindustri.com/industri/validasi-lampu-uv.html.

Semoga Bermanfaat

Salam

M. Fithrul Mubarok

374e38b7fc013a64f5b60b6a3cfe8a35?s=96&d=identicon&r=g
https://farmasiindustri.com
M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia. Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri. Email: fithrul.mubarok23@gmail.com WhatsApp/WA: 0856 4341 6332

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

-

Berlangganan Artikel

Berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru industri farmasi

TETAP TERHUBUNG

51FansLike
FollowersFollow
SubscribersSubscribe

PALING BANYAK DIBACA