Menciptakan Budaya Mindset Tumbuh di Perusahaan untuk Kemajuan

Mindset atau cara pandang adalah serangkaian cara seseorang “melihat” dan memaknai sesuatu. Terdapat dua golongan orang yaitu bertipe growth mindset (mindset tumbuh) dan fixed mindset (mindset terbuka). Orang dengan mindset tumbuh percaya bahwa mereka percaya bahwa mereka dapat mengembangkan kemampuan/skill mereka lewat kerja keras, dedikasi dan belajar dari orang lain.

Memang orang ada yang diberkati dengan bakat, akan tetapi bakat saja tidak cukup. Sebaliknya orang yang mempunyai mindset tetap berpikiran bahwa bakat adalah sebuah pemberian dari tuhan, mereka lebih sibuk menunjukkan kemampuan mereka daripada mengembangkannya. Orang-orang dengan mindset tumbuh menunjukkan bahwa mereka mencapai lebih dibandingkan dengan orang-orang dengan mindset tetap. Berikut perbedaan-perbedaan mindset tumbuh dengan mindset tetap. Mindset Tetap Mindset Tumbuh Tantangan Menghindari tantangan, tantangan dianggap sebagai ancaman Menghargai tantangan, tantangan dianggap sebagai peluang Rintangan Dengan mudah menyerah Dengan gigih dihadapi Usaha-Usaha dianggap sebagai beban Usaha dianggap sebagai jalan untuk mencapai sesuatu Kritik.

Kritik dianggap sebagai ancaman, cenderung dihiraukan Belajar dari kritik Kesuksesan orang lain Merasa terancam dengan kesuksesan orang lain Belajar dari kesuksesan orang lain, dianggap inspirasi Akibat Orang dengan mindset tetap mencapai sesuatu kurang dari potensi mereka sebenarnya Orang dengan mindset tumbuh mencapai level lebih tinggi dalam pencapaian Penelitian dari Dweck, Mary Murphy, Jennifer Chatman dan Laura Kray membuktikan perusahaan yang mempunyai karyawan-karyawan dengan mindset tumbuh akan membawa perusahaan lebih inovatif, termotivasi dan mampu mengambil risiko terukur. Penelitian Dweck dyang dituangkan dalam artikel Harvard Bussines Review perusahaan yang menghargai mindset tumbuh, karyawan akan merasakan lebih bersemangat, lebih mudah berkolaborasi dan berinovasi. Ini bertolak belakang dengan perusahaan yang mempunyai mindset tetap yaitu mempunyai karyawan yang sibuk “mencari muka” dan sibuk menjatuhkan karyawan lain. Perusahaan besar nampaknya perlu melakukan encourage dan penanaman budaya agar para karyawan menjadi karyawan dengan mindset tumbuh sehingga kolaborasi dan inovasi akan muncul sehingga memberi dampak positif bagi perusahaan. Langkah ini terbukti berhasil pada perusahaan besar Micorosoft yang menciptakan budaya mindset terbuka dengan berbagai cara misalnya Hackhaton dan beberapa projek besar mereka. Penerapan budaya mindset tumbuh ini akan lebih cepat berdamapak bila diterapkan ke level Supervisor dahulu, karena level ini yang dalam perusahaan besar yang lebih banyak berinteraksi dengan pelaksana. Dengan mempunyai supervisor yang lebih terbuka terhadap masukan, mengutamakan kolaborasi dampak pada perusahaan akan lebih nyata. Penelitan dari Dweck sudah membuktikan perusahaan yang menerapkan budaya mindset tumbuh secara signifikan menaikkan kinerja keuangannya. Berikut rangkuman dari penelitian Dweck dari bannyak perusahaan yang menerapakan budaya mindset tumbuh pada karyawan: ? 47% karyawan menganggap bahwa rekan kerja mereka dapat dipercaya ? 34% karyawan merasa ada perasaan yang kuat dalam memiliki dan komitmen pada perusahaan. ? 65% karyawan mengatakan bahwa perusaaan mendukung pengambilan risiko 49% karyawan mengatakan perusahaan mendukung inovasi. Menurut saya budaya mindset tumbuh ini sangat simpel-mudah sekali untuk diterapkan di perusahaan kita dan memberikan dampak yang segera-nyata bagi perusahaan. Ini dapat dimulai dari sendiri, memulai dari pertanyaan mendasar ….. “Saya selama ini bekerja lebih sering golongan mindset tumbuh atau mindset tetap????” Tentu pertanyaan ini sangat-sangat penting untuk dijawab dan harapan saya pribadi kita lebih sering dalam keseharian bermindset tumbuh sehingga memberikan manfaat bagi orang lain dan akhirnya perusahaan. Semoga Bermanfaat

BACA JUGA  Meningkatkan Produktivitas Kerja dengan Everything

Salam

M. Fithrul Mubarok , M. Farm.,Apt

Sumber :

  • https://www.weforum.org/agenda/2016/11/growth-versus-fixed-mindsets/
  • https://hbr.org/2016/10/how-microsoft-uses-a-growth-mindset-to-develop-leaders
  • https://hbr.org/2014/11/how-companies-can-profit-from-a-growth-mindset?referral=03759&cm_vc=rr_item_page.bottom
M. Fithrul Mubarok

tinggalkan komentar .........

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.