spot_img

Berlangganan Artikel

Berlangganan artikel untuk mendapatkan informasi terkini industri farmasi

Metilprednisolon Kegunaan dan Indikasi

Indikasi Metilprednisolon

Metilprednisolon diindikasikan untuk penekanan inflamasi (peradangan) dan kelainan hipersensitivitas, inflamasi bowel parah, edema serebral disertai dengan keganasan, rematik, dan inflamasi kulit.

Obat ini termasuk dalam Daftar Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia, daftar obat-obatan paling penting yang dibutuhkan dalam sistem kesehatan dasar.

metilprednisolon
Metilprednisolon

Harga Metilprednisolon

Harga bervariasi mulai Rp 3.000 sampai dengan Rp 16.000. Harga lebih murah yang generik dibandingkan dengan yang branded walaupun isi obatnya sama

Dosis Metilprednisolon

Dosis metilprednisolon untuk indikasi tersebut adalah 2-40mg/hari secara peroral, sedangkan dosis dengan pemberian secara intramuskular, intravena lambat
atau infus adalah 10-500 mg/hari. Metilprednisolon mem-punyai waktu paruh 18-36 jam dan dapat mencapai kadar plasma puncak (Cp max) dalamwaktu minimal 1,1-2,2 jam.

Informasi Obat Metilprednisolon

Bahan AktifMetilpredinolon
GolonganKortikosteroid
Indikasi diindikasikan untuk penekanan inflamasi (peradangan) dan kelainan hipersensitivitas, inflamasi bowel parah, edema serebral disertai dengan keganasan, rematik, dan inflamasi kulit.
Penggunaanuntuk obat tablet oral digunakan setelah makan
KategoriAntiinflamasi
Dosis Dosis metil-prednisolon untuk indikasi tersebut adalah 2-40mg/hari secara peroral, sedangkan dosis dengan pemberian secara intramuskular, intravena lambat
atau infus adalah 10-500 mg/hari.
KegunaanUntuk meredakan peradangan jaringan tubuh
Efek sampingNaiknya kadar gula dalam darah
Mual dan muntah
Sakit kepala
Nafsu makan menurun
Sulit tidur
Keringat berlebih
Sakit maag
Nyeri otot
Kontraindikasihipersensitif, idiopathic thrombocytopenic purpura, bayi prematur, infeksi jamur sistemik, pemberian secara intratekal (sumsum tulang belakang)
Kategori Kehamilan dan MenyusuiKategori C: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, namun belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.Methylprednisolone dapat terserap ke dalam ASI. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa memberi tahu dokter.
Bentuk Obatkrim, injeksi dan tablet
Penyimpanansimpan dalam suhu kamar < 30 derajat celsius
ProdusenPabrik obat generik

Mekanisme Obat Metilprednisolon

Metilprednisolon  bekerja dengan menekan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak melepas senyawa kimia yang memicu terjadinya peradangan. Selain lupus dan multiple sclerosis, beberapa penyakit lain yang dapat menyebabkan reaksi peradangan adalah rheumatoid arthritis, psoriasis, kolitis ulseratif, dan Crohn’s disease.

BACA JUGA  Tujuh (7) Ramuan Jamu Saintifik
BACA JUGA  Tujuh (7) Ramuan Jamu Saintifik

Metilprednisolon mengikat dan mengaktifkan reseptor glukokortikoid intraseluler. Reseptor glukokortikoid aktif mengikat daerah promotor DNA (yang dapat mengaktifkan atau menekan transkripsi) dan mengaktifkan faktor transkripsi yang mengakibatkan inaktivasi gen melalui deasetilasi histon.

Pemberian secara intramuskular mencapai puncak dalam 4-8 hari dan bertahan selama 1-4 minggu. Pemberian intraartikular mencapai puncak dalam 1 minggu dan bertahan selama 1-5 minggu

Aturan Pakai Metilprednisolon

Dosis metilprednisolon berbeda untuk tiap penderita, tergantung pada kondisi penderita dan respons tubuh terhadap pengobatan. Ikuti petunjuk dari dokter.

Pembuatan obat Metilprednisolon

Pembuatan obat metilprednisolon di industri farmasi menggunakan teknik granulasi basah untuk membuat tablet. Untuk obat injeksi dibuat pada fasilitas steril dengan ketentuan CPOB yang ketat. Obat tablet dikemas dalam sediaan blister, alumunium foil atau botol.

Semoga Bermanfaat

Salam

M. Fithrul Mubarok, M. Farm.,Apt

374e38b7fc013a64f5b60b6a3cfe8a35?s=96&d=identicon&r=g
https://farmasiindustri.com
M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia. Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri. Email: fithrul.mubarok23@gmail.com WhatsApp/WA: 0856 4341 6332

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
BACA JUGA  Eli Lilly: Kolonel Veteran Perang, Pioneer Industri Farmasi Modern

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

22,043FansLike
2,818FollowersFollow
SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

x