Obat Flu Jepang Nama dagang Avigan Efektif Obati Virus Corona

Obat asal Jepang dikabarkan efektif mengatasi virus corona. Obat ini, Favipiravir yang dikembangkan Fujifilm, menunjukkan hasil positif dalam mengobati Covid-19. Obat ini mempunyai nama generik Favipiravir. Favipiravir disebut juga T-705 dikembangkan oleh Toyama Chemical Jepang dengan aktivitas terhadap RNA virus. Obat ini merupakan turunan obat pyrazinecarboxamida. Fujifilm Toyama mengembangkan obat ini pada 2014. Avigan sudah diberikan pada pasien corona di Jepang sejak Februari.
Uji klinis juga sudah dilakukan pada 200 pasien di rumah sakit Wuhan dan Shenzhen. Hasilnya, mereka negatif dalam waktu singkat dan gejala pneumonia sangat berkurang.

Menurut Zhang, pasien yang memakai favipiravis dites negatif setelah empat hari. Sementara pengguna obat lain 11 hari. Sementara itu, dari percobaan klinis di Wuhan, pasien yang diobati favipiravir sembuh dari demam dalam 2,5 hari. Sementara pasien lain 4 hari. Gejala batuk membaik dalam 4 hari, lebih awal dibanding mereka yang tidak minum obat. Avigan sendiri, diatur khusus oleh pemerintah Jepang, di mana ia hanya bisa digunakan jika influenza jenis baru muncul.

Toyama Chemical merupakan grup dari Fuji film, benar fuji film yang merupakan produsen terkenal fim kamera. Adanya kabar ini menyebabkan harga saham Fujifilm di perdangangan Amerika Serikat naik tajam.  Harga saham Fujifilm Holdings Inc. di bursa saham Amerika Serikat (AS) mendadak lompat hingga 19,51% menjadi US$ 47,9 per saham pada penutupan perdagangan Selasa (17/3). Saham perusahaan asal Jepang ini menjadi salah satu motor penggerak indeks Nasdaq yang naik 6,23%.

Semoga Bermanfaat

Salam

M. Fithrul Mubarok, M. Farm.,Apt

 

Sumber :

https://www.kompas.com/global/read/2020/03/19/051200770/populer-global-obat-flu-jepang-avigan-efektif-obati-virus-corona-virus

https://katadata.co.id/berita/2020/03/18/obat-buatannya-efektif-lawan-corona-harga-saham-fujifilm-lompat-195

https://www.cnbcindonesia.com/news/20200318150522-4-145841/china-sebut-obat-flu-jepang-avigan-efektif-sembuhkan-corona

 

 

M. Fithrul Mubarok

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.