Tujuh Kebiasaan Luar Biasa untuk menjadi Pegawai Pabrik yang Produktif

Berikut tulisan saya mengenai seri pengembangan diri, beberapa hari belakangan saya lebih banyak menulis topik seperti ini, topik farmasi industri sementara rehat terlebih dahulu.

Mungkin pembaca semua pernah mendengar atau membaca buku terkenal 7 Kebiasaan manusia yang efektif dari Steven Covey, pada tulisan kali ini saya akan menulis tentang 7 Kebiasaan juga tapi tidak dari buku tersebut, tapi berasal dari versi 7 Kebiasaan Ampuh Yodhia Antariksa. Tujuh kebiasaan ini merupakan versi yang lebih kongkrit, mengena dan actionable sehari-hari. Mari kita bahas satu demi satu kebiasaan ini yang saya sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

  1. Bersyukur, kebiasaan untuk bersyukurBerbagai studi tentang perilaku manusia membuktikan kebiasaan bersyukur benar-benar dapat memberikan dampak nyata. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering beryukur menunjukkan sikap optimis, jarang sakit dan jiwanya lebih bahagia. Jiwa yang bahagia ini penting karena merupakan pondasi untuk membangun masa depan, dalam hal ini membangun visi perusahaan kita. Ada baiknya kita mempunyai ritual bersyukur tiap hari, tuliskan atau sebutkan dalam doa 3 hal yang bisa kita syukuri tiap hari. Sebagai seorang muslim ritual ini dapat dilakukan setelah sholat 5 waktu. Kebiasaan dan ritual ini terbukti dapat menjadikan jiwa kokoh menghadapi tantangan pekerjaan sehari-hari di pabrik.
  2. Berkata Positif, Kebiasaan berkata positifSeringkali dalam kehidupan sehari-hari di media massa, news feed social media yang terpampang adalah berita-berita negatif. Berita negatif itu seringkali isinya mengkritik ini itu, mengecam ini itu dan komentar nyinyir lainnya. Sehingga tanpa sadar kita terlatih melihat kejelekan, keburukan atau hal-hal yang negatif. Padahal dalam ilmu psikologi, untuk maju pendekatan yang harus kita lakukan adalah pendekatan sebaliknya. Kita harus lebih banyak mengapresiasi kehidupan, kita harus mengembangkan budaya bicara positif. Ini perlu dilakukan sehingga bisa menjadi kebiasaan sehari-hari di kantor. Kurangi kebiasaan membicarakan negatif tentang rekan kerja, mengkritik negatif rekan kerja dan kebiasaan berkata negatif lainnya. Kita harus fokus pada apa yang sudah ada, bukan melulu fokus pada masalah. Energi lebih banyak dihabiskan untuk solusi bukan habis untuk masalah.
  3. Membaca, kebiasaan MembacaKebiasaan ini simpel, kebiasaan untuk membaca buku atau artikel yang berguna dan bemutu. Bukan artikel/buku yang kacangan, bukan hoax dan bukan cerita gosip artis. Dalam sehari-hari pasti kita membuka smarphone atau media sosial, disana terpampang berbagai berita. Saringlah berita-berita dialam social media tersebut PASTIKAN yang muncul adalah yang bermanfaat atau bermutu. Mengapa ini penting karena kita baca tiap hari, pada akhirnya akan membentuk pola pikir. Pola pikir ini yang kita gunakan sehari-hari untuk menghadapi berbagai problem di kantor atau kehidupan. Akan menjadi BAHAYA bila pola pikir yang terbentuk negatif karena sering membaca berita-berita negatif. Didiklah diri kita untuk rajin membaca dan mengkonsumsi bacaan yang BERKUALITAS. Tanyakan pada diri kita sendiri “APakah yang kita konsumsi (baca) tiap hari itu artikel/buku yang dapat mengubah nasib kita ke depan atau tidak??”
  4. Belajar, Kebiasaan BelajarBelajar yang dimaksud dalam artikel ini adalah belajar dalam arti luas, tidak terbatas pada membaca buku atau pembelajaran di dalam kelas. Belajar adalah termasuk mengamati fenomena kejadian sehari-hari dan mengambil hikmahnya. Setiap orang adalah guru, setiap tempat adalah sekolah dan setiap hari adalah proses pembelajaran. Jadi kita belajar dari pengalaman nyata kita, apa yang kita lihat, dengar dan apa yang kita lakukan. Belajar dengan cara seperti ini lebih powerfull karena melihat dengan nyata dan sesuatu yang bisa kita rasakan dengan indera kita secara langsung dibandingkan dengan hanya sekedar membaca teori.
  5. Fokus pada Hasil, kebiasaan pada hasilDalam keseharian sehari-hari punya target, misalnya dalam sehari ini bisa menyelesaikan secara OPTIMAL 4 pekerjaan yang ada. Kebiasaan ini akan memicku kita untuk selalu bergerak, tertantang menyelesaikan sesuatu. Penyelesaian sesuatu ini berbanding lurus dengan kontribusi NYATA dalam bekerja. Bagaimana manfaat HASIL tugas kita memberikan dampak positif ke suatu bagian dan akhirnya berdampak pada perusahaan.
  6. Olahraga, kebiasaan berolahragaIni berdasarkan pengalaman nyata saya sendiri, bila tidak melakukan olahraga secara teratur badan menjadi lemas. Padahal waktu istirahat sudah cukup, saya sempat bingung kenapa sehari-hari menjadi lemas. Setelah ditelisik karena kebiasaan saya olahraga saya tinggalkan. Berbagai studi telah menunjukkan olahraga yang teratur tiap hari membuat badan sehat termasuk pikiran. Olahraga membuat mentalitas kita, daya juang dan kreativitas menjadi mekar. Bila di kantor anda merasa loyo, stagnan , tidak ada ide-ide baru, sangat mungkin karena badan kurang olah raga.
  7. Berdoa, kebiasaan berdoaMerupakan fondasi yang kokoh dalam kehidupan, berdoa untuk mensyukuri bukan melulu meminta ini itu. Dengan berdoa keyakinan kita akan selalu kuat tentu disertai dengan usaha yang maksimal.

    Berikut diatas merupakan kebiasaan-kebiasaan yang dapat segera diimplementasikan sehari-hari SEKARANG juga sehingga akan menciptakan pegawai pabrik yang lebih produktif dan HEBAT.

    Terima Kasih

    Salam

    M. Fithrul Mubarok

    Sumber : https://soundcloud.com/yodhia-antariksa/7-kebiasaan-ampuh-untuk-sukses

M. Fithrul Mubarok

Pharmacist and Blogger at Farmasiindustri
M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia.
Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri.
Email: fithrul.mubarok23@gmail.com
WhatsApp/WA: 0856 4341 6332
M. Fithrul Mubarok

Latest posts by M. Fithrul Mubarok (see all)

tinggalkan komentar .........

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.