Kenapa Filter HEPA mempunyai ukuran 0,3 mikrometer ?

Filter HEPA industri atau filter Udara Partikel Efisiensi Tinggi adalah bagian penting dari industri farmasi dan perawatan kesehatan, yang mewajibkan lingkungan steril. Partikel yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang memenuhi udara.

Partikel-partikel kecil ini dapat menyebabkan timbulnya masalah ketika bekerja dengan obat-obatan dan peralatan medis baru serta membawa penyakit yang ditularkan melalui udara.

filter HEPA farmasi

Bagaimana cara kerja filter HEPA?


Sistem HEPA adalah proses 4 langkah yang dimulai dengan menyaring partikel yang lebih besar dengan proses pengayakan serta impaksi inersia. Udara kemudian mengalir melalui jenis serat jaring yang lebih halus yang akan menjebak sebagian besar partikel halus.

Untuk menyelesaikan prosesnya, udara kemudian bergerak melalui filter dan ditangkap melalui tumbukan dengan serat. Ketika udara masuk melalui sisi lain HEPA, ia seharusnya telah menghilangkan 99,97% partikel dari udara.

Ukuran Pori Filter HEPA


Apa yang membedakan HEPA dengan Sistem Filter lainnya?
Filter udara standar biasanya menghilangkan partikel berukuran sedang hingga lebih besar dari udara, namun filter tersebut tidak memiliki kemampuan untuk menghilangkan hampir seluruh partikel berukuran mikron kecil dari udara seperti yang dilakukan HEPA.

Semakin kecil mikronnya, semakin sulit menyaring udara. Sebagai gambaran, mata manusia dapat mendeteksi partikel berukuran kira-kira 10 mikron.

Serbuk sari dan spora tumbuhan berada dalam kisaran ini sehingga dapat dilihat oleh mata kita dengan deteksi yang tepat. Bakteri bisa berukuran sekecil 0,3 mikron, itulah sebabnya filter HEPA industri berukuran 0,3 mikron digunakan di perusahaan farmasi.

Dalam bidang kesehatan, sangat penting untuk menghilangkan partikel terkecil dari aliran udara. Penyakit yang ditularkan melalui udara seperti TBC dapat dengan mudah menyebar jika penyaringan yang tepat tidak digunakan.

Alasan penting mengapa HEPA 0,3 mikron digunakan di perusahaan farmasi di laboratorium penelitian tempat para peneliti dan staf medis menangani bakteri dan virus, udara harus sebersih mungkin untuk menampung partikel penelitian.

Partikel virus berukuran lebih kecil dari 0,3 mikron, tetapi umumnya menyebar melalui partikel yang lebih besar seperti air liur atau keringat.

Di ruang operasi dan ruang gawat darurat di mana luka terbuka sedang ditangani, luka harus terkena paparan partikel sesedikit mungkin yang dapat mengakibatkan infeksi.

Persyaratan Produsen untuk memenuhi Standar Perusahaan Farmasi


Setiap HEPA harus diuji secara individual untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan pada masing-masing HEPA. Bahkan cacat terkecil pun dapat menggagalkan tujuan HEPA. Setelah proses pembuatan selesai, produk diuji dan disertifikasi.

Perlu disebutkan bahwa tidak seperti sistem filtrasi lainnya, HEPA bekerja lebih efisien karena semakin kotor.

Direkomendasikan, khususnya bagi industri perawatan kesehatan, agar unit diuji setiap 6 hingga 12 bulan dengan penggantian setiap dua tahun untuk memastikan standar yang ketat ditegakkan.

https://farmasiindustri.com
M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia. Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri. Email: [email protected] WhatsApp/WA: 0856 4341 6332

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berlangganan Artikel

Berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru industri farmasi

Stay Connected

51FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
-

Artikel terkini