Perhitungan Berat Silica Gel dalam Kemasan

Silika gel atau silica gel merupakan serbuk yang dikemas dalam kantong khusus bertujuan untuk menyerap kelembapan udara. Kelembapan udara merupakan jumlah kandungan air dalam udara. Adanya air dalam udara ini dapat menyebabkan lingkungan sekitarnya berair jikalau udara berkondensasi berubah dari uap menjadi cairan. Adanya air dalam kemasan akan memicu rusaknya kualitas material/makanan, biasa yang terjadi adalah tumbuhnya jamur pada makanan/material. Ini bisa terjadi karena spora jamur yang berada dalam udara menempel pada material makanan kemudian dengan adanya air, spora tersebut mulai tumbuh menjadi jamur.

silica gel fithrul

Fungsi dan Kegunaan Silica Gel

Berikut fungsi dan kegunaannya:

  1. Silica gel mencegah terbentuknya kelembapan yang berlebihan sebelum terjadi. Silica merupakan produk yang aman digunakan untuk menjaga kelembapan makanan, obat-obatan, bahan sensitif, elektronik dan film sekalipun. Produk ini sering ditemukan dalam kotak paket dan pengiriman film, kamera, teropong, alat-alat komputer, sepatu kulit, pakaian, makanan, obat-obatan, dan peralatan peralatan lainnya.
  2. Produk anti lembap ini menyerap lembap tanpa merubah kondisi zatnya. Silica adalah substansi-substansi yang digunakan untuk menyerap kelembapan dan cairan partikel dari ruang yang berudara/bersuhu. Silica juga membantu menahan kerusakan pada barang-barang yang mau disimpan.
  3. Produk penyerap kelembaban ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya pembentukan karat pada logam, mencegah resiko hubungan arus pendek listrik mikro, serta mencegah reaksi oksidasi dan dekomposisi bahan kimia akibat tingginya kelembaban udara.

Jenis-jenis Silica Gel

  1. Silica Gel White
    Silica gel putihsilica gel white adalah jenis silica yang pertama dan umum digunakan. Produk ini dibuat dari sodium silikat yang memiliki berjuta-juta nanoporous berukuran 24 nanometer. Mineral alami ini memiliki sifat hydrophilic yang aktif menyerap molekul air di udara.
  2. Silica Gel Naturalsilica gel natural

    Selanjutnya ada silica natural yang diolah dari bahan mineral alami dan dikemas dalam kertas semi permeable. Sifat dari bahan penyerap kelembaban ini ialah food grade, tidak berbau, tidak berasa, hydrophilic aktif. Secara umum, Silica natural direkomendasikan untuk penyerap kelembaban atau menjaga kekeringan udara dalam kemasan tertutup.

  3. Silica Gel Biru

    Silica gel biru merupakan jenis silica yang saat ini sudah dibatasi penggunaannya karena bahan pembuatnya yang relatif berbahaya bagi kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya, yaitu cobalt chloride. Produk ini tidak boleh digunakan pada kemasan obat, makanan, ataupun produk yang sering bersentuhan dengan manusia, seperti pakaian, kamera, sepatu, tas, dan berbagai keperluan sehari-hari lainnya. Yang masih sering menggunakan adalah industri permesinan dan listrik.

Perlu diketahui bahwa silica gel yang mengandung cobalt chloride tidak boleh digunakan pada kemasan farmasi dan makanan karena risiko kanker. Aplikasi di industri farmasi bermacam-macam, antara lain silica gel dimasukkan dalam kemasan botol untuk menyerap kelembapan. Yang sering ditanyakan adalah bagaimana memillih berat silica gel untuk kemasan botol dengan volume tertentu? apakah menggunakan silica gel berukuran 1 gram atau 0,5 gram? Bagaimana dasar pemilihan beratnya? Agar lebih mudah memahami saya jabarkan dalam bentuk contoh Kasus

Contoh Kasus

Suatu botol Obat berbentuk tabung dengan diameter 3,5 cm dan tinggi 7,5 cm. Pada prakteknya botol obat tersebut terisi obat dengan tinggi 5 cm sehingga menyisakan ruang udara. Diketahui kandungan uap air adalah 0,0032 gram/cm3 dan daya serap silica gel adalah 35%. Berapakah berat silica gel yang cocok untuk melindungi obat tersebut dalam botol dari kelembapan?

Begini ilustrasinya

silica gel farmasiindustri.com

Botol Kosong
Diameter = 3,5 cm
Ruji2 = 1,75 cm
Tinggi = 7,5 cm
Volume botol = 72,2 cm3
Botol Isi
Diameter = 3,5 cm
Ruji2 = 1,75 cm
Tinggi terisi kapsul lunak = 5 cm
Volume botol = 48,1 cm3
Volume botol terisi udara  24,1 cm3
Kandungan uap air Indonesia = 0,0032 gram/cm3
Kandungan uap air dalam ruang kosong botol= 0,077 gram/cm3
Daya serap silica gel adalah 35%.

0,077 dibagi 0,35 = 0,22 gram

Jadi kebutuhan silica gel untuk botol  tersebut adalah= 0,22 gram

Kebutuhan silica gel botol tersebut adalah 0,22 gram dapat dibulatkan menjadi 0,5 gram, karena silica gel yang ada dipasaran paling kecil adalah 0,5 gram.

Untuk lebih mudahnya dapat menggunakan file excel yang telah saya buat berikut ini.

Semoga Bermanfaat

Salam

M. Fithrul Mubarok, M. Farm.,Apt

Sumber :

  • https://www.bioindustries.co.id/product/silika-gel-bio-industries
M. Fithrul Mubarok

tinggalkan komentar .........

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.