spot_img

Mengenal Buret

Mengenal Buret

Buret adalah alat laboratorium yang terbuat dari kaca, biasanya memiliki skala yang berfungsi untuk mengukur volume saat titrasi larutan atau zat kimia. Buret biasanya berbentuk seperti tabung dan terdapat katup atau kran. Namun, Buret tidak bisa berdiri sendiri sehingga membutuhkan alat yang bernama statif⁵.

BURET

Apa fungsi dari buret?

Fungsi buret adalah mengukur volume suatu cairan yang dikeluarkan dengan tepat. Biasanya penggunakan buret dilakukan pada proses titrasi yang membutuhkan perrhitungan volume reagen dengan tepat. Sama seperti alat pengukuran lain yang ada dilaboratorium, buret termasuk alat volumetrik dengan tingkat akurasi yang tinggi. Tingkat akurasi dari buret dapat mencapai angka 0.05 mL².

Apa itu buret dalam kimia?

Buret dalam kimia adalah alat lab yang digunakan dalam analisis kimia kuantitatif untuk mengukur volume cairan atau gas. Alat ini terdiri dari tabung kaca bertingkat dengan stopcock (steker putar, atau keran) di salah satu ujungnya⁴. Dalam titrasi, buret digunakan sebagai tempat dari titran atau reagen yang telah diketahui konsentrasinya. Penetesan titran melalui buret juga dibantu dengan adanya kran pada buret yang dapat kita atur untuk menetes ke dalam sampel yang akan kita titrasi¹.

Bagaimana Cara Mencuci buret?

Untuk mencuci buret, ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu:

  • Bilas buret dengan air suling hingga bersih dari sisa larutan sebelumnya.
  • Isi buret dengan larutan pembersih (misalnya asam sulfat pekat) dan biarkan selama beberapa menit.
  • Kosongkan buret dan bilas lagi dengan air suling hingga tidak ada sisa larutan pembersih.
  • Isi buret dengan larutan yang akan digunakan untuk titrasi dan biarkan selama beberapa menit.
  • Kosongkan buret dan bilas lagi dengan air suling hingga tidak ada sisa larutan titrasi.
  • Buret siap digunakan untuk titrasi.

Berapa mL buret?

Berdasarkan ukurannya, tingkat keakurasian buret dapat dibedakan menjadi 3 macam, yaitu:

  • Buret Mikro : Buret ini memiliki kapasitas 50 mL dengan skala estimasi ketidakpastian sebesar 0.10 mL².
  • Buret Semi-Mikro : Buret ini memiliki kapasitas 25 mL dengan skala estimasi ketidakpastian sebesar 0.050 mL².
  • Buret Makro : Buret ini memiliki kapasitas 10 mL dengan skala estimasi ketidakpastian sebesar 0.020 mL².

Apakah buret termasuk alat ukur?

Buret termasuk alat ukur karena dapat mengukur volume cairan atau gas dengan tepat. Buret juga termasuk alat volumetrik karena memiliki skala nilai terukur pada tabungnya².

Berapa harga buret?

Harga buret bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan mereknya. Berikut adalah beberapa contoh harga buret yang diambil dari situs Alatlabor.com:

  • Buret Mikro 50 mL: Rp 250.000
  • Buret Semi-Mikro 25 mL: Rp 200.000
  • Buret Makro 10 mL: Rp 150.000

Apa fungsi buret dalam laboratorium farmasi ?

Buret dalam laboratorium farmasi memiliki fungsi yang penting. Berikut adalah beberapa fungsi buret dalam laboratorium farmasi:

  1. Pengukuran Volume dengan Akurasi Tinggi: Buret digunakan untuk mengukur volume larutan dengan akurasi yang tinggi. Dalam laboratorium farmasi, pengukuran volume larutan sangat penting karena dapat mempengaruhi hasil akhir dari suatu formulasi atau produksi obat. Dengan menggunakan buret, volume larutan dapat diukur dengan tepat sesuai kebutuhan.
  2. Titrasi: Buret banyak digunakan dalam proses titrasi dalam laboratorium farmasi. Titrasi adalah metode analisis kimia dalam menentukan kadar suatu zat di dalam larutan. Dalam proses titrasi, reagen yang diketahui konsentrasinya dititrasi dengan larutan yang akan dianalisis. Buret digunakan untuk menentukan volume larutan yang dibutuhkan untuk mencapai titik ekivalen, yang merupakan titik di mana reaksi analit dan reagen sepenuhnya bereaksi.
  3. Pembuatan Larutan: Buret juga digunakan dalam pembuatan larutan dengan konsentrasi yang diminta. Dalam laboratorium farmasi, pembuatan larutan dengan konsentrasi yang tepat sangat penting untuk memastikan akurasi dan keberhasilan formulasi atau produksi obat. Buret membantu dalam mengukur volume bahan kimia yang tepat yang diperlukan untuk membuat larutan dengan konsentrasi yang diinginkan.
  4. Kalibrasi Alat-Analisis: Buret digunakan sebagai alat ukur yang dapat dikalibrasi untuk memastikan akurasi alat-analisis lainnya seperti pH meter atau spektrofotometer. Dalam pengujian kualitas obat, kalibrasi alat-analisis sangat penting untuk memastikan bahwa hasil pengukuran yang didapatkan akurat dan dapat diandalkan. Buret digunakan sebagai standar referensi untuk memverifikasi akurasi alat-analisis lainnya.

Dengan berbagai fungsi tersebut, buret merupakan salah satu alat yang sangat penting dalam laboratorium farmasi untuk memastikan keakuratan dan keberhasilan dalam analisis dan produksi obat.

Source:
(1) Buret: Pengertian, Fungsi, Bagian, Cara Penggunaan, dan Cara … – Ditsalab. https://www.lemariasam.id/buret/.
(2) Buret dan Fungsinya di Laboratorium – Blog Kimia. https://blogkimia.com/buret-dan-fungsinya/.
(3) Buret – Mengenal Fungsi dan Penggunaan Buret di Laboratorium. https://analitika.co.id/buret-laboratorium/.
(4) √ Pengertian Buret, Fungsi, dan 4 Cara Menggunakannya | Ilmu Kimia. https://www.pakarkimia.com/buret/.
(5) Apa Itu Buret Kimia? – Alat Labor. http://alatlabor.com/article/detail/383/apa-itu-buret-kimia.

https://farmasiindustri.com
M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia. Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri. Email: [email protected] WhatsApp/WA: 0856 4341 6332

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

-

TETAP TERHUBUNG

51FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

PALING BANYAK DIBACA