Cara Membangun Gudang Farmasi yang Terkontrol Lingkungannya


Gudang farmasi adalah salah satu komponen penting dari rantai pasokan farmasi. Gudang farmasi digunakan untuk menyimpan bahan baku, produk antara, produk jadi, bahan kemasan, dan bahan konsumsi yang digunakan dalam proses pembuatan obat-obatan. Gudang farmasi juga digunakan untuk menangani dan mendistribusikan produk jadi ke pelanggan:

gudang farmasi

Gudang farmasi harus dirancang dan dibangun dengan memperhatikan kondisi lingkungan yang terkontrol, seperti suhu, kelembaban, dan pencahayaan. Tujuan dari kondisi lingkungan yang terkontrol adalah untuk menjaga stabilitas, keamanan, efikasi, dan umur simpan produk farmasi. Jika kondisi lingkungan tidak terkontrol, produk farmasi dapat mengalami perubahan fisik, kimia, atau mikrobiologi yang dapat mempengaruhi kualitas dan khasiatnya:

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kondisi Lingkungan Gudang Farmasi

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kondisi lingkungan gudang farmasi, antara lain:

  • Iklim dan cuaca, seperti suhu, kelembaban, angin, hujan, dan sinar matahari. Faktor-faktor ini dapat menyebabkan perubahan suhu dan kelembaban di dalam gudang, serta pencahayaan yang berlebihan atau kurang.
  • Bentuk dan ukuran gudang, seperti panjang, lebar, tinggi, dan luas. Faktor-faktor ini dapat mempengaruhi distribusi udara, suhu, dan kelembaban di dalam gudang, serta penyerapan dan refleksi sinar matahari.
  • Bahan dan konstruksi gudang, seperti dinding, atap, lantai, pintu, jendela, dan ventilasi. Faktor-faktor ini dapat mempengaruhi isolasi termal, kekedapan udara, dan sirkulasi udara di dalam gudang, serta transmisi dan filtrasi sinar matahari.
  • Sistem dan peralatan gudang, seperti pendingin, pemanas, pengatur kelembaban, pengatur pencahayaan, rak penyimpanan, dan alat bantu angkut. Faktor-faktor ini dapat mempengaruhi pengendalian dan pemantauan suhu, kelembaban, dan pencahayaan di dalam gudang, serta penataan dan pengangkutan produk farmasi.

Langkah-Langkah Membangun Gudang Farmasi yang Terkontrol Lingkungannya

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membangun gudang farmasi yang terkontrol lingkungannya:

  • Pertama, tentukan persyaratan dan spesifikasi gudang farmasi. Persyaratan dan spesifikasi gudang farmasi meliputi: jenis dan jumlah produk farmasi yang akan disimpan, kondisi penyimpanan yang dibutuhkan, kapasitas dan layout gudang, standar dan regulasi yang harus dipenuhi, anggaran dan waktu yang tersedia, dan lain-lain.
  • Kedua, rancang dan bangun gudang farmasi sesuai dengan persyaratan dan spesifikasi. Rancang dan bangun gudang farmasi dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi lingkungan, seperti iklim dan cuaca, bentuk dan ukuran gudang, bahan dan konstruksi gudang, sistem dan peralatan gudang, dan lain-lain. Gunakan bahan dan teknologi yang berkualitas, efisien, dan ramah lingkungan. Sesuaikan desain dan pembangunan gudang dengan standar dan regulasi yang berlaku, seperti National Construction Code (di Australia), Good Manufacturing Practice (GMP), ISO 13485, dan lain-lain.
  • Ketiga, lakukan pengujian dan validasi gudang farmasi. Lakukan pengujian dan validasi gudang farmasi untuk memastikan bahwa kondisi lingkungan gudang sesuai dengan persyaratan dan spesifikasi. Lakukan pengukuran dan pemantauan suhu, kelembaban, dan pencahayaan di dalam gudang dengan menggunakan alat yang akurat dan terkalibrasi. Lakukan pula pengujian dan validasi sistem dan peralatan gudang, seperti pendingin, pemanas, pengatur kelembaban, pengatur pencahayaan, rak penyimpanan, dan alat bantu angkut. Buat laporan hasil pengujian dan validasi yang lengkap dan terdokumentasi.
  • Keempat, lakukan pemeliharaan dan perbaikan gudang farmasi. Lakukan pemeliharaan dan perbaikan gudang farmasi secara berkala untuk menjaga kondisi lingkungan gudang tetap terkontrol. Lakukan pembersihan dan sterilisasi gudang untuk mencegah kontaminasi dan pertumbuhan mikroorganisme. Lakukan pemeriksaan dan penggantian bahan dan komponen gudang yang rusak atau aus. Lakukan kalibrasi dan penyesuaian sistem dan peralatan gudang yang tidak berfungsi dengan baik. Buat jadwal dan catatan pemeliharaan dan perbaikan yang teratur dan terdokumentasi.

Kesimpulan

Gudang farmasi yang terkontrol lingkungannya adalah gudang farmasi yang dirancang dan dibangun dengan memperhatikan kondisi lingkungan yang terkontrol, seperti suhu, kelembaban, dan pencahayaan. Tujuan dari gudang farmasi yang terkontrol lingkungannya adalah untuk menjaga stabilitas, keamanan, efikasi, dan umur simpan produk farmasi. Langkah-langkah untuk membangun gudang farmasi yang terkontrol lingkungannya adalah: menentukan persyaratan dan spesifikasi, merancang dan membangun, melakukan pengujian dan validasi, dan melakukan pemeliharaan dan perbaikan.

Why Pharmaceutical Warehouses require a controlled environment

Pharmaceutical Industry Suppliers – PharmOut’s Partners

https://farmasiindustri.com
M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia. Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri. Email: fithrul.mubarok23@gmail.com WhatsApp/WA: 0856 4341 6332

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berlangganan Artikel

Berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru industri farmasi

Stay Connected

51FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
-

Artikel terkini