Mengenal PT Biofarma, sejak kapan produksi vaksin ?

PT Biofarma adalah salah satu perusahaan farmasi / bioteknologi terkemuka bukan hanya di Indonesia tapi juga di dunia. Perusahaan memproduksi vaksin untuk manusia dan diekspor sampai keluar negeri.

Sejarah PT Biofarma

PT Bio Farma (Persero) adalah sebuah perusahaan farmasi yang berdiri pada tahun 1885 di Indonesia. Sejarah perusahaan ini bermula dari didirikannya PT Biofarma (dahulu bernama NV Serum Institute te Bandoeng) pada tahun 1885 oleh seorang Belanda bernama Dr. J.L. Schuitema. Pada awalnya, perusahaan ini didirikan untuk memproduksi serum anti-teris dan vaksin, tetapi seiring berjalannya waktu, PT Biofarma juga mulai memproduksi obat-obatan lain seperti obat-obatan generic dan obat-obatan paten.

Pada tahun 1960-an, PT Biofarma memperluas produksinya ke berbagai macam obat-obatan, termasuk obat-obatan generic dan obat-obatan paten, dan juga mulai mengekspor obat-obatannya ke berbagai negara di dunia. Pada tahun 1970-an, PT Biofarma menjadi salah satu perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia dan mulai merambah ke pasar internasional.

Pada tahun 1998, PT Biofarma resmi menjadi perusahaan milik negara dengan nama PT Bio Farma (Persero) setelah sebelumnya merupakan perusahaan swasta. Saat ini, PT Bio Farma (Persero) merupakan perusahaan farmasi terbesar di Indonesia yang bergerak dalam bidang produksi dan pemasaran obat-obatan, vaksin, dan produk-produk farmasi lainnya. PT Bio Farma (Persero) juga terus mengembangkan teknologi dan inovasi dalam proses produksinya untuk terus meningkatkan kualitas produk-produk yang dihasilkan.

Vaksindan Sera Produksi PT Biofarma

Vaksin adalah sediaan farmasi yang terbuat dari bahan-bahan yang memicu respon imun tubuh. Vaksin digunakan untuk mencegah infeksi oleh penyakit infeksi yang spesifik. Vaksin biasanya terdiri dari partikel yang mirip dengan patogen (bakteri atau virus), yang dapat memicu respon imun tanpa menyebabkan penyakit yang sebenarnya. Vaksin dapat mengandung patogen yang telah dilemahkan, patogen yang telah dimatikan, atau protein yang spesifik dari patogen tersebut. Ketika seseorang terpapar vaksin, tubuh akan memproduksi sel-sel imun yang spesifik untuk mengenali dan menyerang patogen tersebut. Pada saat seseorang terpapar patogen yang sebenarnya di kemudian hari, sel-sel imun tersebut akan siap untuk memeranginya, sehingga infeksi dapat dicegah.

BACA JUGA  Download Buku Formularium Fitofarmaka 2022
BACA JUGA  Perbedaan Tekanan Udara Ruang Produksi Farmasi

Vaksin yang diproduksi oleh PT Biofarma banyak sekali mulai dari vaksin untuk virus, vaksin untuk bakteri, vaksin untuk keperluan diagnostik dan juga sera.

Sera adalah cairan yang digunakan untuk menyimpan mikroorganisme, sel, atau tumbuhan yang tumbuh dalam suasana yang steril. Sera biasanya terbuat dari susu yang telah dipasteurisasi yang kemudian ditambahkan dengan nutrisi yang diperlukan oleh mikroorganisme atau sel yang akan dikultur. Sera digunakan dalam berbagai macam aplikasi, termasuk dalam penelitian, produksi obat, dan produksi makanan. Sera juga dapat digunakan untuk menyimpan mikroorganisme yang telah dikultur selama periode yang lebih lama, sehingga dapat digunakan kembali pada waktu yang akan datang.

Berikut beberapa vaksin dan sera buatan Biofarma

Measles Rubella Vaccine Live, Attenuated (Freeze-Dried) untuk Pencegahan terhadap penyakit campak dan rubella.

Polyvalent-Snake-Antivenom (Serum Anti Bisa Ular II) untuk Pengobatan dari gigitan ular berbisa Indonesia Timur.

BIO-SAVE-Sera Serum Anti Bisa Ular (BioSAVE)
Serum Anti Bisa Ular Polivalen adalah antisera murni yang dibuat dari plasma kuda yang memberikan kekebalan terhadap bisa ular yang bersifat neurotoksik (seperti ular dari jenis Naja sputatrix – Ular Kobra, Bungarus fasciatus – Ul…

Anti-Diphtheria-Sera-(Equine)-20,000-IU
Serum Anti Difteri (BioADS) Serum Anti Difteri (BioSAVE) 20.000 IU adalah antisera murni yang dibuat dari plasma kuda

untuk selengkapnya bisa diakses pada link berikut ini .

Vaksin Meningitis PT Biofarma

Vaksin meningitis adalah vaksin yang digunakan untuk mencegah infeksi meningitis. Meningitis adalah infeksi yang menyerang lapisan selaput otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai macam patogen, termasuk virus dan bakteri. Vaksin meningitis biasanya mengandung protein yang spesifik dari patogen yang menyebabkan meningitis, seperti protein kapsul bakteri Neisseria meningitidis atau protein permukaan virus. Ketika seseorang terpapar vaksin meningitis, tubuh akan memproduksi sel-sel imun yang spesifik untuk mengenali dan menyerang patogen tersebut. Pada saat seseorang terpapar patogen yang sebenarnya di kemudian hari, sel-sel imun tersebut akan siap untuk memeranginya, sehingga infeksi dapat dicegah.

BACA JUGA  KALIBRASI MOISTURE ANALYZER
BACA JUGA  Glossarium Istilah di CPOB 2012

Vaksin meningitis PT Biofarma adalah Vaksin Menivax ACYW untuk pencegahan radang selaput otak.

vaksin meningitis biofarma

Fokus Bisnis PT Biofarma

Berikut fokus PT Biofarma yang dilansir dari laman resminya.

Keunggulan kompetitif Bio Farma di bidang biotech expertise diimplementasikan melalui knowledge-based dan R&D-base driven. Fokus bisnis Bio Farma sejalan dengan filosofi mengabdi untuk kualitas hidup yang lebih baik. Bio Farma fokus pada penelitian, pengembangan, produksi, dan pemasaran produk biologi, produk farmasi secara nasional dan global. Bio Farma berperan aktif dalam mengembangkan riset dan teknologi vaksin, melakukan penelitian vaksin baru dalam menjamin kemandirian kebutuhan vaksin di dalam negeri serta ketersediaan vaksin untuk memenuhi kebutuhan vaksin di dunia yang berkualitas dan terjangkau.

Semoga Bermanfaat

374e38b7fc013a64f5b60b6a3cfe8a35?s=96&d=identicon&r=g
https://farmasiindustri.com
M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia. Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri. Email: fithrul.mubarok23@gmail.com WhatsApp/WA: 0856 4341 6332

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

-

TETAP TERHUBUNG

51FansLike
FollowersFollow
SubscribersSubscribe

PALING BANYAK DIBACA

x