Konsep Perbedaan mg dengan Unit Internasional (UI)

Apa itu unit Internasional?

Satuan internasional (UI) adalah satuan pengukuran untuk jumlah suatu zat;  Massa atau volume yang membentuk satu unit internasional bervariasi berdasarkan zat mana yang  diukur, dan variasi didasarkan pada aktivitas atau efek biologis, untuk tujuan perbandingan yang lebih mudah di seluruh zat. Biasanya ini digunakan pada suplemen atau obat vitamin dalam farmasi. Di tulisan ini UI dan IU dianggap sama, jadi mungkin tulisan kurang konsisten dalam penggunanaan istilah.

Unit Internasional

UI adalah Unit internasional , biasanya digunakan untuk mengukur vitamin terlarut dalam lemak termasuk vitamin A, D dan E. Konversi IU tergantung variasi nutrient yang ada.

Vitamin A

satu miligram beta karoten = 1667 IU aktivitas Vitamin A

Vitamin E

Satu miligram Vitamin E = kira-kira 1,21 sampai 1,49 IU (tergantung pembawanya).

400 UI dari d-alpha tocopherol = 268mg.

Vitamin D

Satu mikrogram Vitamin D = 40 IU

400 UI dari vitamin D = 10 μg

Apa itu Miligram?

Miligram (mg) adalah ukuran massa (berat). Satu miligram adalah seperseribu gram.

Apa perbedaan antara mg dan Unit Internasional (UI) ?

Satuan Internasional (UI) adalah ukuran berdasarkan aktivitas biologis suatu zat dalam tubuh. Unit-unit ini ditetapkan oleh komite peneliti yang ditugaskan oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Tujuannya adalah untuk memberikan ukuran efek pada tubuh suatu zat akan memiliki terlepas dari massanya. Contohnya adalah vitamin A 200.000 IU untuk anak dan bayi berikut ini.

perbedaan mg dan iu unit internasional

Sebagai contoh:

1 IU Vitamin C adalah 50 mg, tetapi 1 IU insulin adalah 0,045 miligram. Itu untuk versi kristal murni dari bahan kimia tersebut: sediaan yang berbeda atau bahan kimia terkait mungkin memiliki efek yang sama menggunakan jumlah yang berbeda, dan itu juga akan menjadi 1 IU. Unit  internasional digunakan untuk mengukur vitamin, hormon, beberapa obat-obatan, vaksin, produk darah, dan zat aktif biologis serupa.

BACA JUGA  Thermohygrometer di Industri Farmasi
BACA JUGA  Thermohygrometer di Industri Farmasi

Cara Mengonversi Antara Unit Internasional & MG dan MCG

Miligram dan mikrogram

  1. Sistem pengukuran metrik membuat konversi antar unit nyaman dengan mengalikan atau membagi dengan kelipatan 10.
  2. Pada skala metrik awalan, mili- sama dengan 1/1000 dan mikro- sama dengan 1/1.000.000.
  3. Jika satuannya adalah gram, yang mengukur massa suatu zat, maka satu gram mengandung 1.000 miligram atau 1.000.000 mikrogram.
  4. Untuk mengonversi dari miligram ke mikrogram, kalikan dengan 1.000.
  5. Untuk mengonversi dari mikrogram ke miligram, bagilah dengan 1.000. Misalnya, 100 mg vitamin C sama dengan 100.000 mcg atau mikrogram (μg).

Unit Internasional

Miligram dan mikrogram menunjukkan jumlah massa dalam sampel, tetapi unit internasional menunjukkan tingkat aktivitas biologis suatu zat. Satu unit internasional, atau IU, adalah pengukuran efek biologis yang dimiliki zat tertentu pada tubuh.

Kesepakatan internasional di antara berbagai organisasi ilmiah menentukan nilai IU untuk formulasi vitamin tertentu Untuk setiap jenis persiapan vitamin, ada nilai IU yang unik berdasarkan metode yang digunakan untuk merumuskan vitamin itu.

Berikut tabel konversinya.

Vitamin IU Conversion Chart

Semoga Bermanfaat

374e38b7fc013a64f5b60b6a3cfe8a35?s=96&d=identicon&r=g
https://farmasiindustri.com
M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia. Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri. Email: fithrul.mubarok23@gmail.com WhatsApp/WA: 0856 4341 6332

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
BACA JUGA  Biofilm dan Pembentukannya dalam Sistem Pengolahan Air Farmasi Industri

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

-

Berlangganan Artikel

Berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru industri farmasi

TETAP TERHUBUNG

51FansLike
FollowersFollow
SubscribersSubscribe

PALING BANYAK DIBACA

x