Apa itu Nomer CAS ?

Nomer CAS adalah nomer unik untuk identifikasi material kimia dan dikeluarkan oleh Chemicals Abstract Service. Chemicals Abstract Service ini merupakan bagian dari The American Chemical Society. Nomor CAS disebut juga CAS Registry Numbers® atau CASRNs®.

Nomer CAS ini keuntungannya adalah menyediakan cara mudah, konsisten dan sederhana untuk identifikasi substansi kimia sehingga dapat dikenali dimana saja/negara apa saja.

Kita tahu bahwa material kimia ada milyaran dan setiap material kimia mempunyai sinonim. Sinomim ini seringkali lebih dari satu sehingga menambah bingung bagi orang untuk mengenali bahan kimia ini sama atau berbeda. Contoh parasetamol mempunyai nama lain N-acetyl-para-aminophenol (APAP) dan acetaminophen. Akan tetapi dengan CAS number hanya ada satu nomor yaitu 103-90-2.

Setiap nomer CAS diberikan hanya untuk satu zat kimia, memastikan bahwa nomor CAS unik untuk bahan kimia tersebut. Nomor, yang diberikan segera setelah bahan kimia masuk ke database CAS Registry®, panjangnya bisa mencapai sepuluh digit dan dipisahkan menjadi tiga bagian dengan tanda hubung. Bagian pertama berisi dua hingga tujuh digit, bagian kedua berisi dua digit, dan bagian ketiga hanya terdiri dari satu digit, yang dikenal sebagai check digit. Dalam format saat ini, tersedia maksimal satu miliar nomor CAS unik. Mereka tidak memiliki signifikansi kimia yang nyata dan ditugaskan secara berurutan, sehingga zat yang lebih baru memiliki jumlah yang lebih besar daripada bahan kimia yang sebelumnya masuk ke dalam daftar.

Karaketeristik Nomer CAS

  • Adalah pengenal numerik unik
  • Menunjuk hanya satu zat
  • Tidak memiliki signifikansi kimia
  • Adalah terhubung ke banyak informasi tentang zat kimia tertentu
BACA JUGA  Share Materi Verifikasi Validasi Pengujian Mikrobiologi

dengan karakteristik ini banyak organisasi menggunakan CAS untuk identifikasi zat. Keuntungan identifikasi dengan nomor CAS adalah unik, dapat divalidasi dengan cepat dan secara internasional dikenal.

BACA JUGA  Lempeng Teoritis (N) pada HPLC

Aplikasi Nomer CAS

Nomor CAS ini unik untuk suatu zat, dan zat itu adalah:

  • Zat organik dan komponen inorganik
  • Metal dan alloy (material yang salah satu komponennya metal)
  • Mineral
  • Coordination compounds dan Organometallik
  • Element, Isotope, dan partikel nuklir
  • Protein dan asam nukleat
  • Polimer
  • Non-structurable materials and those of unknown or variable composition and biologics (UVCBs)

Mengapa kita membutuhkan nomer CAS ?

Karena nomor CAS unik dan khusus untuk masing-masing zat, nomor CAS menyediakan cara unik untuk mengidentifikasi bahan kimia apa pun deskripsinya. Senyawa kimia seringkali dapat dijelaskan dengan cara yang berbeda, mis. B. Rumus Molekuler, Nama Pengiriman, Nama Sistematis dan Proper atau Nama Dagang untuk beberapa daftar. Misalnya, hidrogen peroksida dan dioksida sebenarnya adalah bahan kimia yang sama, tetapi hal ini mungkin tidak segera terlihat sampai kita melihat bahwa keduanya memiliki nomor CAS yang sama. Dalam hal inventaris dan keamanan, nomor CAS adalah alat yang sangat berharga yang dengan cepat menunjukkan kepada pengguna informasi yang andal dan akurat tentang bahan kimia yang tersedia.

Pengenalan Sistem Klasifikasi dan Pelabelan Bahan Kimia (GHS) Harmonisasi Global pada tahun 2012 berarti bahwa nomor CAS harus disertakan dalam semua Lembar Data Keselamatan (SDS) mulai 1 Desember 2015. Nomor CAS ini memberikan pengidentifikasi tambahan untuk bahan kimia dan mengurangi kebingungan yang disebabkan oleh banyaknya nama yang berbeda untuk satu bahan kimia, serta kesalahan pengejaan nama bahan kimia oleh non-ahli kimia dan orang awam kimia.

BACA JUGA  Peran dan Tugas PPIC

Nomor CAS diakui sebagai standar universal dan telah diadopsi oleh para peneliti, industri, dan regulator di seluruh dunia. Hampir setiap database bahan kimia di dunia memungkinkan pengguna untuk mencari bahan kimia dengan nomor CAS.

BACA JUGA  PENEMUAN INSULIN : BERKAT “KEJELIAN” SEORANG DOKTER BEDAH PERAIH HADIAH NOBEL TERMUDA SEPANJANG MASA

Nomer CAS PEG

Kita tahu bahwa PEG (polietilen glikol) ini jenisnya banyak dan mempunyai berat molekul yang berbeda-beda. Semakin besar nomor berat jenisnya maka semakin padat bentuknya. Misal PEG 400 berbentuk cair dan PEG 6000 berbentuk padat. Akan tetapi nomer CAS PEG ini hanya ada satu tidak peduli berat molekulnya. Nomer CAS PEG adalah nomor 25322-68-3. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini bahwa PEG 1500, 20.000 dan 6.000 mempunyai nomer CAS yang sama.

Daftar Nomer CAS

Daftar nomer CAS dapat diakses langsung di https://commonchemistry.cas.org/. Dapat mencari nomer CAS yang ada dengan mengetikkan pada kolom pencariannya. atau sebagai alternatif dapat mencari di https://www.merckmillipore.com/ID/id.

Nomer CAS PEG

Kegunaan CAS di Industri Farmasi

Dalam industri farmasi terdapat ribuan bahan kimia dengan adanya nomer CAS mudah menemukan dan identifikasi suatu zat ini yang mana. Jadi risiko kesalahan identifikasi menjadi minim. Kita tahu bahwa nama bahan di farmasi mirip-mirip misal NaEDTA, DinatriumEDTA, dengan nomer CAS akan lebih mudah identifikasinya.

Biasanya nomer CAS ini ada dalam MSDS yang diberikan vendor, bila tidak ada dapat dimintakan ke vendor. Misalnya seperti ini

PEG

https://metamolecular.com/cheminformatics/what-is-a-cas-number/

https://www.cas.org/support/documentation/chemical-substances/faqs

https://www.cas.org/

374e38b7fc013a64f5b60b6a3cfe8a35?s=96&d=identicon&r=g
https://farmasiindustri.com
M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia. Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri. Email: fithrul.mubarok23@gmail.com
BACA JUGA  Perhitungan Alkohol dan Air dalam Pembuatan Antiseptik Pengenceran dari 95% ke 70%
WhatsApp/WA: 0856 4341 6332

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

-

Berlangganan Artikel

Berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru industri farmasi

TETAP TERHUBUNG

51FansLike
FollowersFollow
SubscribersSubscribe

PALING BANYAK DIBACA

x