PAO dan Kegunaannya di Kualifikasi HVAC

Poly Alpha Olefin (PAO) digunakan untuk kualifikasi HVAC di industri farmasi. Hampir semua industri farmasi pasti ada instalasi HVAC untuk mengkondisikan ruangan menjadi ruangan berkelas farmasi. PAO digunakan sebagai pengganti DOP (Dioctyl Phthalate) yang telah lama digunakan untuk tujuan kualifikasi HVAC, terutama untuk mengecek integritas kebocoran dari HEPA yang terpasang.

Jadi tidak cukup hanya mengandalkan sertifikat pengujian integritas yang disediakan vendor akan tetapi industri farmasi wajib melakukan pengecekan waktu pemasangan (bukan waktu penerimaan HEPA) karena masih ada risiko transportasi dan penyimpanan.

PAO untuk kualifikasi HVAC

Dioctyl Phthalate belakangan diketahui sebagai karsinogen (penyebab kanker) bagi manusia. Para ilmuwan telah lama mencoba mencari bahan untuk menggantikan DOP.

PolyAlpha Olefin Aerosol (PAO) Generator

Akhirnya pada tahun 2001 Japan Air Cleaning Association (JACA) menerbitkan pedoman untuk mengganti DOP dengan PAO. PAO ini memberikan kinerja yang sama dengan DOP dan tidak memiliki efek berbahaya pada kesehatan. Sehingga menjadi alternatif utama yang digunakan sebagai pengganti DOP.

FDA (BPOMnya Amerika Serikat) juga dengan jelas mengatakan bahwa aerosol alternatif juga dapat diterima tetapi tidak boleh mendorong pertumbuhan mikroba di area tersebut. Oleh karena itu, disarankan untuk mengganti Dioctyl Phthalate dengan Poly Alpha Olefin (CAS #68649-12-7). Ukuran aerosol PAO yang dihasilkan berkisar antara 0,1 hingga 1,0 μm.

Aerosol PAO dihasilkan oleh generator aerosol dan melewati filter HEPA kemudian integritasnya diperiksa menggunakan fotometer. 99,97% partikel yang memiliki ukuran lebih besar dari 0,3 μm tidak boleh dilewatkan melalui filter HEPA.

Poly alpha olefin adalah polimer dari alpha-olefin. Alpha-olefin adalah kelas olefin yang memiliki ikatan rangkap antara karbon pertama dan kedua dari rantai polimer.

Molecular structures of a PAO b PDMS and c PPMS


PAO adalah campuran dari dimer, trimer dan tetramer dari 1-oktana, 1-dekana dan 1-dodekana. Poly-alpha-olefins memiliki sifat pelumasan yang baik dan viskositas yang lebih besar daripada minyak mineral. Poly alpha olefins juga digunakan sebagai pelumas sintetik dan sebagai pendingin radiator.

Umur simpan poly alpha olefin adalah 10 tahun dalam wadah tertutup tetapi untuk wadah terbuka adalah satu tahun. Itu harus dilindungi dari sinar UV dan sinar matahari langsung.

Tes DOP/PAO

Pengujian DOP/PAO adalah proses yang sangat cepat yang menguji integritas filter HEPA (High Efficiency Particulate Air) menggunakan larutan DOP atau PAO dalam kondisi operasionalnya. DOP singkatan dari Dispersed Oil Particulate. DOP adalah aerosol terdispersi yang digunakan untuk menguji integritas filter HEPA.

Solusi ini menghasilkan asap jenis gas dan kemudian menghasilkan partikel gas yang lebih besar dari 0,03 mikron. Tes akan memastikan filter HEPA berfungsi penuh dan tidak ada kebocoran atau kerusakan.

Kapan melakukan Tes DOP/PAO ?

Setiap peralatan yang memiliki filter HEPA harus diuji setiap kali peralatan dipindahkan atau akan digunakan pada proyek baru (setiap empat minggu jika pada proyek yang sama). Untuk hasil terbaik pengujian harus dilakukan di lokasi untuk memastikan bahwa unit tidak rusak akibat transportasi atau aktivitas sehari-hari di lokasi kerja. Dalam CPOB meminta setiap tahun dilakukan pengujian 2 kali pada HEPA yang telah terpasang untuk memastikan tidak adanya kebocoran HEPA. Bisa terjadi pengukuran partikel ruangan memenuhi syarat akan tetapi terjadi kebocoran HEPA.

Perbaikan rutin pada instalasi HEPA bisa menyebabkan segel filter menjadi longgar dari sekitar filter HEPA sehingga menyebabkan kebocoran dan membuatnya tidak aman bagi pekerja yang mengandalkannya saat bekerja dalam kondisi berbahaya.

374e38b7fc013a64f5b60b6a3cfe8a35?s=96&d=identicon&r=g
https://farmasiindustri.com
M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia. Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri. Email: [email protected] WhatsApp/WA: 0856 4341 6332

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

-

Berlangganan Artikel

Berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru industri farmasi

TETAP TERHUBUNG

51FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

PALING BANYAK DIBACA