Apa itu Industri Farmasi ? Bagaimana Prospeknya?

Industri farmasi adalah sektor industri perawatan kesehatan yang bertanggung jawab atas penelitian, pengembangan, dan komersialisasi obat-obatan dan obat-obatan. Ini termasuk produksi, pemasaran, dan distribusi obat resep dan obat bebas. Industri ini juga mencakup perusahaan yang memproduksi dan mendistribusikan peralatan medis, produk diagnostik, dan produk terkait kesehatan lainnya.

industri farmasi indonesia

sumber gambar:https://bulkinside.com/pharmaceutical-processing/pharma-4-0-cyber-physical-technology-to-secure-manufacturing-integrity/

Industri ini juga termasuk perusahaan yang memproduksi dan mendistribusikan peralatan medis, produk diagnostik, dan produk kesehatan lainnya. R&D (Riset dan Pengembangan) dari industri farmasi sangat penting karena perusahaan harus selalu menemukan obat-obat baru untuk mengatasi penyakit yang berbeda. Industri farmasi juga sangat dipengaruhi oleh regulasi pemerintah dan peraturan pasar.

Industri Farmasi di Amerika Serikat

Industri farmasi di Amerika Serikat sangat besar dan penting. Ini merupakan salah satu industri terbesar di negara itu, dengan pendapatan yang sangat tinggi. Beberapa perusahaan farmasi terbesar di dunia berbasis di Amerika Serikat, seperti Pfizer, Johnson & Johnson, dan Merck.

Industri farmasi di Amerika Serikat mengalami beberapa perubahan dalam beberapa tahun terakhir, termasuk kenaikan harga obat-obatan yang signifikan, persaingan yang ketat dari perusahaan farmasi generik, dan peningkatan regulasi pemerintah. Beberapa perdebatan juga terjadi tentang peran pemerintah dalam mengontrol harga obat-obatan.

Selain itu, industri farmasi di Amerika Serikat juga dikenal sebagai salah satu yang paling inovatif di dunia, dengan banyak penemuan baru dan obat-obatan yang dikembangkan di sini. R&D (Riset dan Pengembangan) dari industri farmasi di AS sangat besar dan memiliki biaya yang tinggi.

Secara keseluruhan, industri farmasi di Amerika Serikat sangat penting bagi ekonomi negara dan kesehatan masyarakat, namun masih memiliki beberapa masalah yang perlu diatasi.

BACA JUGA  Kadaluarsa Obat Cara Penentuan Waktunya
BACA JUGA  Uji Kebocoran Kemasan Farmasi Non Destruktif

Berikut 10 Besar Industri Farmasi di Amerika Serikat

  1. Pfizer
  2. Johnson & Johnson
  3. Merck
  4. Amgen
  5. Gilead Sciences
  6. AbbVie
  7. Bristol-Myers Squibb
  8. Regeneron
  9. Biogen
  10. Celgene

Catatan: Peringkat 10 perusahaan farmasi teratas di AS dapat bervariasi berdasarkan pendapatan, kapitalisasi pasar, pengeluaran R&D, dan faktor lainnya. Ini hanyalah representasi umum dan peringkat dapat berubah seiring waktu.

Industri Farmasi di Eropa

Industri farmasi di Eropa sangat penting dan besar, dengan beberapa perusahaan farmasi terbesar di dunia berbasis di negara-negara Eropa seperti Switzerland, Inggris, Perancis, Jerman dan Belanda. Industri farmasi di Eropa telah mengalami perkembangan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, dengan beberapa perusahaan yang menjadi pemimpin dalam R&D (Riset dan Pengembangan) obat-obatan baru.

Eropa juga memiliki sistem perawatan kesehatan yang berbeda-beda dari negara ke negara, dengan beberapa negara yang memiliki sistem perawatan kesehatan yang lebih terkoordinasi dan dibiayai oleh pemerintah dibandingkan dengan sistem perawatan kesehatan di Amerika Serikat. Hal ini mempengaruhi harga obat-obatan dan juga pembelian obat-obatan.

Secara umum, industri farmasi di Eropa didukung oleh regulasi yang ketat dan pemerintah yang sangat berperan dalam mengontrol harga obat-obatan, serta memberikan dukungan bagi R&D. Beberapa perdebatan juga terjadi tentang peran pemerintah dalam mengontrol harga obat-obatan dan ketersediaan obat-obatan yang diperlukan.

Secara keseluruhan, industri farmasi di Eropa sangat penting bagi ekonomi negara-negara di wilayah ini dan kesehatan masyarakat, namun masih memiliki beberapa masalah yang perlu diatasi.

Berikut 10 besar industri farmasi di Eropa

  1. Novartis
  2. Roche
  3. AstraZeneca
  4. GlaxoSmithKline
  5. Sanofi
  6. Bayer
  7. Merck KGaA
  8. Takeda Pharmaceutical
  9. Amgen
  10. Gilead Sciences

Industri Farmasi di Indonesia

Industri farmasi di Indonesia adalah salah satu yang cukup besar dan penting di Asia Tenggara. Ada banyak perusahaan farmasi besar yang berbasis di Indonesia, yang mencakup perusahaan nasional dan asing. Sistem perawatan kesehatan di Indonesia di bawah pengawasan pemerintah, dan sebagian besar obat-obatan dijual melalui sistem apotek yang diawasi pemerintah.

BACA JUGA  Kuis CPOB: Kalibrasi dan Kualifikasi
BACA JUGA  Praktek Minitab untuk Perhitungan Kapabilitas Proses (bagian 2)

Industri farmasi di Indonesia mengalami beberapa perkembangan positif dalam beberapa tahun terakhir, dengan peningkatan produksi obat-obatan, ekspor obat-obatan, dan pengembangan R&D (Riset dan Pengembangan) lokal. Namun, masih banyak masalah yang dihadapi oleh industri farmasi di Indonesia, seperti masalah aksesibilitas obat-obatan dan harga obat-obatan yang tinggi

Secara umum, industri farmasi di Indonesia sangat penting bagi ekonomi negara dan kesehatan masyarakat, namun masih memiliki beberapa masalah yang perlu diatasi. Pemerintah juga berusaha untuk meningkatkan regulasi dan dukungan untuk industri farmasi, termasuk dalam hal R&D dan aksesibilitas obat-obatan.

untuk 10 besar industri farmasi Indonesia dapat dibaca disini.

Semoga Bermanfaat

374e38b7fc013a64f5b60b6a3cfe8a35?s=96&d=identicon&r=g
https://farmasiindustri.com
M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia. Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri. Email: fithrul.mubarok23@gmail.com WhatsApp/WA: 0856 4341 6332

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

-

Berlangganan Artikel

Berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru industri farmasi

TETAP TERHUBUNG

51FansLike
FollowersFollow
SubscribersSubscribe

PALING BANYAK DIBACA

x