Tipe dan Ukuran Kapsul Obat

Penting sekali untuk mengenai jenis dan tipe kapsul obat, agar tidak salah memilih ukuran. Ukuran ini sangat erat dengan berat kapsul yang dapat diisi. Ukuran berat ini berkorelasi dengan dosis yang bisa dimasukkan.

Kapsul adalah wadah yang terbuat dari gelatin, yang berisi obat-obatan. Perlu diketahui karena gelatin berasal dari hewan maka pabrik obat harus memastikan material gelatin ini bebas TSE dan BSE. Ini adalah bentuk sediaan farmasi umum yang mudah dibuat. Kapsul tidak memerlukan formulasi rumit untuk diproduksi.

Kapsul terdiri dari dua jenis berikut:

  1. Kapsul gelatin lunak atau disebut juga kapsul lunak
  2. Kapsul gelatin keras atau disebut juga kapsul keras

Kapsul Lunak

Kapsul Gelatin Lunak: Ini juga disebut sebagai softgel. Kapsul gelatin lunak diproduksi sebagai cangkang kapsul satu bagian. Kapsul ini cocok untuk larutan selain airseperti minyak. Bahan aktif dilarutkan atau ditangguhkan dalam basis berminyak. Contoh dari kapsul lunak adalah Kapsul Lunak Vitamin A, Vitamin D3 dan Vitamin E.

kapsul

Pembuatan dan pengisian kapsul gelatin lunak dilakukan pada waktu yang sama di mesin yang sama. Isi kapsul diisi selama pembuatan cangkang. Kapsul-kapsul ini meleleh dalam hitungan menit di dalam perut melepaskan kandungan yang ada di dalamnya. Ini mengandung 5% hingga 14% kadar air. Terkadang kapsul gelatin lunak dicetak dengan nama merek atau kekuatan. Ada juga kapsul lunak yang tidak ditelan cangkangya, isi dikeluarkan kemudian diberikan ke pasien. Kapsul jenis ini biasanya mempunyai cucuk di ujung kapsul lunak.

Kapsul Keras

Kapsul Gelatin Keras: Kapsul gelatin keras terdiri dari dua bagian, satu badan dan lainnya adalah tutup kapsul. Ini adalah sediaan farmasi dalam kondisi tertutup dengan penguncian. Umumnya badan dan topi/cap memiliki warna yang berbeda. Kapsul gelatin keras bersifat kering dan bahan aktif diisi dalam bentuk bubuk di dalam kapsul gelatin keras. Penyimpanan cangkang kapsul harus dalam kondisi suhu dan kelembapan yang terjaga, kalau tidak akan rusak karena menyerap air.

BACA JUGA  Referensi dan Pengetahuan Umum Industri Farmasi
9k=

Bagian badan kapsul diisi, ditutup dengan tutup dan dikunci dengan cara ditekan perlahan oleh mesin kapsul atau secara manual. Kapsul keras hancur dalam 3 menit dan melepaskan konten. Ini bersifat higroskopis dan mengandung 12% -16% kelembaban. Kadang-kadang diperlukan untuk melepaskan obat pada target apa pun kemudian kapsul gelatin keras diisi dengan pelet pelepasan target. Dalam beberapa kasus, tablet juga diisi dengan kapsul gelatin.

BACA JUGA  Sampling di Industri Farmasi
basic Structure

Cangkang kapsul gelatin memiliki potensi besar untuk pertumbuhan mikroba karena gelatin mengandung banyak nutrisi yang disukai bakteri. Sehingga penting untuk menganalisis cangkang gelatin terhadap kontaminasi mikroba. Gelatin diproduksi dari tulang hewan. Kapsul vegetarian dibuat dari hypromellose – polimer selulosa.

Kapsul memiliki ukuran yang berbeda sesuai dengan kebutuhan. Kapasitas kapsul bervariasi dari 0,13 ml hingga 28 ml. Berikut ini adalah daftar berbagai ukuran cangkang kapsul.

Ukuran Kapsul dan Tipenya

Berikut ukuran kapsul yang sering digunakan

capsulesizes

untuk ukuran kapsul yang lebih detail ada juga di web berikut:

https://www.lfacapsulefillers.com/capsule-size-chart

Setiap kali berencana memilih kapsul untuk digunakan dalam proses enkapsulasi apa pun, penting untuk mempertimbangkan ukuran, desain, dan jenis bahannya. Dengan mempertimbangkan hal ini, akan mendapatkan solusi pengemasan yang tepat untuk industri farmasi mana pun. Jangan ragu untuk melakukan diskusi dengan vendor kapsul, karena mereka biasanya mempunyai pengetahuan cukup detail mengenai tipe dan jenis kapsul.

Sumber :https://www.saintytec.com/types-sizes-capsule-use-fully-automatic-capsule-filling-machine-updated-guide/

374e38b7fc013a64f5b60b6a3cfe8a35?s=96&d=identicon&r=g
https://farmasiindustri.com
M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia. Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri. Email: fithrul.mubarok23@gmail.com WhatsApp/WA: 0856 4341 6332

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
BACA JUGA  Evaluasi Akurasi Timbangan Elektronik Terhadap Persyaratan Proses / ISO/GLP/GMP/USP

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

-

Berlangganan Artikel

Berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru industri farmasi

TETAP TERHUBUNG

51FansLike
FollowersFollow
SubscribersSubscribe

PALING BANYAK DIBACA

x