Bagaimana Pemakaian Baju Kerja terkait dengan Kepatuhan CPOB

Perusahaan yang bergerak di bidang farmasi harus mematuhi peraturan yang ketat tentang cara mereka membuat dan mengemas produk mereka. Salah satu aspek dari CPOB atau CPOB yang penting bagi perusahaan farmasi adalah cara berpakaian baju kerja operator produksi.

baju kerja farmasi

sumber

Isu Kepatuhan yang Timbul dari cara berpakaian operator/personil di industri farmasi dibuat , yang mengharuskan kepatuhan terhadap CPOB. Praktik berpakaian dapat memberikan indikasi tentang kepatuhan CPOB di industri farmasi.

Salah satu kriteria kepatuhan CPOB adalah mencegah kontaminasi. Ini berarti proses pembuatan harus diawasi agar tidak ada kontaminan yang berbahaya yang masuk ke produk. Salah satu metode untuk melakukan ini adalah dengan memakai pakaian yang tepat selama proses pembuatan.

Baju kerja ruang bersih/cara berpakaian di ruang bersih farmasi


Pedoman ini sering kali diikuti, namun tidak selalu mungkin untuk menghindari kontak dengan bahan baku farmasi. Misalnya, pekerja mungkin perlu menyentuh atau memindahkan peralatan. Dalam kasus ini, penting untuk mengikuti pedoman penanganan bahan secara aman. Pedoman ini mencakup penggunaan sarung tangan dan penggunaan ventilasi yang baik saat menangani bahan berbahaya.

Mengenakan pakaian yang tepat juga dapat membantu mencegah kontaminasi silang. Kontaminasi silang terjadi ketika satu benda (misalnya pakaian) bersentuhan dengan benda lain (misalnya permukaan). Jika kedua benda tersebut terkontaminasi, maka dapat menimbulkan kerugian bagi orang yang terpapar. Kontaminasi silang dapat terjadi pada saat proses pembuatan atau setelah produk dilepas ke pasar.

Untuk memastikan bahwa produk aman, penting untuk mengikuti semua pedoman kepatuhan CPOB. Hal ini termasuk mengenakan pakaian yang sesuai dan menggunakan praktik penanganan yang aman saat bekerja dengan bahan produksi.

Bagaimana Praktik Gowning (cara berpakaian) Memberikan Petunjuk Kepatuhan CPOB di industri Farmasi


Gowning atau cara berpakaian personil adalah bagian penting dari kepatuhan CPOB dalam bidang farmasi. Praktik penggunaan gaun memberikan petunjuk kepatuhan CPOB melalui kebersihan gaun dan cara pemakaiannya. Gowning juga memberikan kesempatan bagi karyawan untuk menunjukkan komitmen mereka terhadap kepatuhan CPOB.

Kebersihan gaun merupakan indikator yang baik dari komitmen terhadap kepatuhan CPOB. Gaun yang bersih menunjukkan bahwa karyawan meluangkan waktu untuk membersihkan dan mendisinfeksi area kerja mereka. Komitmen terhadap kebersihan merupakan bagian penting dari kepatuhan CPOB

Kesesuaian gaun juga merupakan indikator kepatuhan CPOB yang baik. Gaun yang pas menunjukkan bahwa karyawan meluangkan waktu untuk memastikan bahwa pakaian mereka tidak membahayakan keselamatan. Komitmen terhadap keselamatan ini merupakan bagian penting dari kepatuhan CPOB

Mengenakan gaun juga menunjukkan bahwa karyawan bersedia mengikuti peraturan dan ketentuan yang ditetapkan oleh perusahaan. Komitmen untuk mematuhi peraturan dan regulasi merupakan bagian penting dari kepatuhan CPOB

Praktik penggunaan gaun memberikan petunjuk kepatuhan CPOB melalui kebersihan gaun tersebut, cara pemakaiannya, dan komitmen karyawan untuk mengikuti peraturan dan ketentuan perusahaan.

Hal yang perting dalam berpakaian Personil

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika mengamati praktik berpakaian:

  1. Karyawan harus mengenakan pakaian yang bersih dan pantas. Artinya tidak ada pakaian longgar yang berpotensi bersentuhan dengan produk.
  2. Karyawan harus mengenakan APD yang sesuai dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Ini termasuk sarung tangan, jaring rambut, dan pelindung mata jika diperlukan.
  3. Area kerja harus bersih dan bebas dari kotoran. Hal ini membantu mencegah kontaminasi silang dan memastikan bahwa karyawan bekerja di lingkungan yang aman.
  4. Semua peralatan harus disanitasi dengan benar sebelum digunakan. Ini termasuk alat atau mesin apa pun yang akan bersentuhan dengan produk atau bahan.
  5. Harus ada proses yang jelas dalam penanganan bahan limbah. Hal ini membantu mencegah kontaminasi produk dan menjaga area kerja tetap bersih dan aman.

Mengikuti panduan sederhana ini akan membantu memastikan bahwa perusahaan farmasi mematuhi standar CPOB. Menciptakan lingkungan kerja yang aman dan bersih sangat penting untuk menghasilkan produk berkualitas yang memenuhi kebutuhan pelanggan industri farmasi

Kesimpulan


Praktik penjahitan dapat memberikan petunjuk berharga mengenai kepatuhan CPOB dalam bidang farmasi. Dengan memahami jenis pakaian yang biasanya dipakai dalam industri tertentu, kita dapat mengidentifikasi area potensial di mana penyimpangan mungkin terjadi. Selain itu, dengan melihat studi kasus dan mewawancarai personel perusahaan, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang alasan aturan atau protokol berpakaian tertentu dipatuhi. Oleh karena itu, meluangkan waktu untuk memahami cara berbagai industri mendandani karyawannya dapat berperan penting dalam memastikan produk farmasi memenuhi standar peraturan.

https://farmasiindustri.com
M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia. Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri. Email: fithrul.mubarok23@gmail.com WhatsApp/WA: 0856 4341 6332

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berlangganan Artikel

Berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru industri farmasi

Stay Connected

51FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
-

Artikel terkini