spot_img

Penulisan SOP di Industri Farmasi

SOP atau Standard Operating Prosedur, mempunyai nama lain prosedur tetap. Di Industri farmasi ada yang disebut juga dengan instruksi kerja.

Prosedur operasi standar adalah tulang punggung perusahaan manufaktur farmasi. Ini sangat penting untuk menghasilkan produk yang efektif dan berkualitas secara konsisten. Tetapi menulis SOP yang efektif, mudah dipahami dan memenuhi persyaratan peraturan bukanlah tugas yang mudah. SOP adalah singkatan dari Standard Operating Procedure. Dalam konteks CPOB di industri farmasi, SOP adalah instruksi tertulis yang merinci langkah-langkah yang harus diikuti selama berbagai proses pembuatan untuk memastikan produksi produk obat yang konsisten dan berkualitas tinggi. SOP adalah bagian penting dari CPOB, yang merupakan sistem untuk memastikan bahwa produk secara konsisten diproduksi dan dikendalikan sesuai dengan standar kualitas.

SOP Farmasi

sumber gambar

SOP adalah prosedur operasi standar yang diikuti selama bekerja di departemen mana pun seperti kontrol kualitas, jaminan kualitas atau produksi dll. Karyawan harus mengikuti prosedur yang tertulis dalam SOP untuk memastikan kualitas dan kerja yang efisien.

Selama pembuatan SOP, Anda harus tetap mengingat hal-hal berikut:

  1. SOP harus mudah dipahami dan diikuti.
  2. SOP harus dibuat khusus untuk pekerjaan tertentu.
  3. SOP harus diperbarui secara berkala untuk mencerminkan perubahan dalam proses.
  4. SOP harus ditinjau dan disetujui oleh manajemen.

Prosedur operasi standar sangat penting bagi setiap perusahaan untuk menjalankan semua operasi dengan lancar. Ini membantu menjaga kualitas produk dan meningkatkan produktivitas dan efisiensi karyawan tetapi SOP harus mudah dipahami dan efektif.

Bagaimana menulis SOP yang efektif


Tidak ada cara khusus untuk menulis SOP yang efektif karena tergantung pada budaya perusahaan dan persyaratan khusus perusahaan. Namun ada beberapa prinsip utama yang harus diikuti saat Anda menulis SOP.

  1. Buat SOP Anda ringkas dan mudah dibaca. SOP adalah dokumen yang paling banyak dibaca di departemen farmasi mana pun. Karyawan membacanya berkali-kali dalam sehari saat mereka bekerja. Mereka mencari informasi tentang proses yang mereka lakukan. Mereka harus memahami informasi dengan mudah tanpa masalah, jika tidak mereka akan kehilangan informasi penting dan mereka mungkin melakukan pekerjaan yang tidak semestinya.
  2. Gunakan bahasa yang spesifik dan tepat saat menjelaskan proses dan prosedur. SOP harus dapat dipahami dengan jelas dan pembaca tidak boleh bingung. SOP harus memberikan instruksi yang jelas kepada karyawan untuk pekerjaan yang dia lakukan.
  3. SOP harus up to date. Saat Anda menulis SOP apapun, pastikan bahwa informasi yang diberikan adalah yang terbaru dan semua perubahan dilakukan dalam proses dan prosedur. Pembaruan rutin dalam SOP membuatnya relevan dan efektif sepanjang waktu.
  4. Pastikan SOP dikomunikasikan dengan baik. Penting untuk mengedarkan SOP kepada semua karyawan perusahaan yang bersangkutan dari pekerja atau staf junior hingga manajemen senior. Ini akan membantu untuk mengikuti prosedur atau proses yang sama untuk tugas yang sama oleh semua karyawan.
  5. Melatih karyawan untuk SOP. Penting untuk melatih semua karyawan untuk SOP sebelum implementasi sehingga mereka dapat mengetahui prosedur baru dan dapat menanyakan apakah mereka memiliki keraguan.

Tips menulis SOP yang efektif


Prosedur yang tertulis dalam SOP harus singkat dan to the point sehingga karyawan dapat membaca dan memahami dengan lebih baik.
SOP yang ditulis dalam bahasa daerah bisa lebih efektif dan berbuah manis dibandingkan bahasa lain.
SOP harus ditulis dengan mengingat orang awam sehingga semua orang bisa mengerti.
SOP harus ditulis dan diperiksa oleh orang yang berbeda yang menangani proses di mana SOP ditulis.
Manfaat SOP yang efektif
SOP yang ditulis dengan baik dapat memiliki banyak manfaat bagi perusahaan farmasi. Beberapa di antaranya ada di sini:

  1. SOP membantu memastikan bahwa proses dijalankan dengan benar
  2. SOP meningkatkan kualitas produk
  3. SOP membantu perusahaan menjadi lebih efisien
  4. SOP membantu karyawan menjadi lebih loyal
  5. SOP membantu menciptakan budaya kerja yang positif

Sekarang anda sudah mengerti pentingnya SOP yang baik di farmasi. Lain kali ketika Anda menulis SOP apa pun untuk obat-obatan, pastikan untuk mengingat tips ini sehingga Anda dapat membuat SOP yang efektif dan lebih baik yang akan membantu karyawan dan perusahaan Anda berkembang.

https://farmasiindustri.com
M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia. Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri. Email: [email protected] WhatsApp/WA: 0856 4341 6332

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

-

TETAP TERHUBUNG

51FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

PALING BANYAK DIBACA