5 Tipe Blender di Industri Farmasi

Terdapat berbagai tipe blender yang digunakan di industri farmasi. Blender memainkan peran penting dalam pencampuran bahan-bahan baku dalam obat-obatan. Memilih jenis blender sangat penting sesuai kebutuhan,dalam artikel ini akan dijelaskan macam-macam blender di antara berbagai jenis blender untuk digunakan dalam pembuatan obat-obatan.

Penggunaan blender dalam pembuatan obat terutama setelah pembuatan granul di bagian produksi. Setelah membuat granul, bahan yang berbeda harus dicampur dalam blender untuk diproses lebih lanjut, sehingga blender membantu mengintegrasikan bahan-bahan yang berbeda menjadi satu campuran homogen

Semua jenis blender memiliki peran yang sama tetapi tujuan yang berbeda. Jadi pemilihan granul sangat penting.

Tipe blender yang digunakan dalam pembuatan:

  1. Blender segi delapan /Octagonal blenders
  2. Blender tipe-V / V-type blender
  3. Double Cone Blender (DCB)
  4. Blender vertikal / Vertical Blender
  5. Blender massal / Mass Blender

1. Blender segi delapan: 

Blender segi delapan
Blender segi delapan

Sesuai namanya, ini adalah segi delapan. Bagian bawah dan atasnya berbentuk poligonal, yang membantu mengeluarkan bahan. Baffle dalam blender disediakan untuk mencampur bahan dengan cepat. Tipe blender ini bermanfaat dalam pencampuran kekuatan secara efektif.

Octagonal Blender digunakan untuk pencampuran bahan kering dan butiran yang efisien. Di antara bidang penggunaan blender segi delapan termasuk industri makanan, kimia, farmasi, dan kosmetik. Seperti namanya, bodi blender ini berbentuk segi delapan yang dilengkapi dengan baffle untuk pencampuran yang cepat dan efisien. Blender segi delapan sangat cocok untuk industri farmasi di mana pencampuran lembut bahan kering/bubuk perlu dilakukan.

Perhatian: Isi blender ini hanya Maksimal 70% dari kapasitasnya.

Keunggulan : Mudah dibersihkan dan dicuci, mudah dioperasikan dan ditangani. Tidak ada pemborosan serbuk atau butiran karena penjepit dan pelindung penjepit terpasang di mulutnya. Rendah dalam tingkat kebisingan.

BACA JUGA  Current good manufacturing practice - cGMP atau CPOB di Industri Farmasi

2. Blender tipe-V:

blender v-kerucut
V-Blender

Blender berbentuk huruf ‘V’ membantu dalam mencampur serbuk dengan cara yang baik. Paling baik digunakan dalam obat-obatan untuk mencapai pencampuran butiran yang seragam. 

BACA JUGA  Sampling Attribute Menggunakan Standar ANSI/ASQ Z1.4-2008

Blender tipe V banyak digunakan dalam industri farmasi dan kimia. Bilah blender berputar dari posisi V, dengan cara ini bahan dibagi antara kaki kanan dan kiri blender. Saat rotasi berlanjut, bahan-bahan bercampur dan bergabung kembali. Blender V sebagian besar cocok untuk cat, pewarna, dan obat-obatan.

Keunggulan : Mudah digunakan dan membutuhkan lebih sedikit ruang untuk menginstal dan mengoperasikan. Mudah dibersihkan dan diputar secara manual.

3. Double Cone Blender

tipe blender
Double Cone Blender

Tipe Blender ini mencampur dan mendistribusikan serbuk secara efektif dengan bantuan bilah dibagian dalam blender. 

Isi hingga dua atau tiga bagian dari kapasitas maksimal untuk memastikan pencampuran bahan yang memadai. Blender kerucut ganda/double cone blender terdiri dari port pengisian dan pelepasan dengan katup kupu-kupu untuk kelancaran pengoperasian—pengatur waktu otomatis yang diberikan pada panel untuk kelancaran kerja.

Dua pertiga volume blender ini diisi untuk memastikan pencampuran yang tepat. Jenis blender ini terutama digunakan untuk produksi makanan, bahan kimia, obat-obatan, dan produk kosmetik. Di sektor farmasi, mesin ini digunakan untuk mencampur serbuk obat. Dengan double cone blender juga merupakan cara terbaik untuk mencampur produk yang sangat berat dan abrasif untuk pembuangan total produk dengan retensi minimal. Blender memiliki pelat deflektor multi-geser untuk meningkatkan efisiensi pencampuran bubuk yang mengalir bebas dan bahan kering.

4. Blender vertikal: Blender vertikal  

vertical ribbon blender
Vertical Blender

memiliki sekrup putar lambat yang mengorbit bejana berbentuk kerucut dengan pengenal vakum. Karena berputar, sekrup dengan lembut mengangkat material ke atas dan ke tengah tumpukan. 

BACA JUGA  Perpanjangan Surat Tanda Registrasi Apoteker (STRA) 2021 Terbaru

Pengeringan vakum juga merupakan teknik yang sangat baik untuk memproses formulasi yang sensitif terhadap panas tanpa mengkhawatirkan degradasi termal. Selain itu, ini juga membantu menurunkan konsumsi energi.

5. Mass Blender:  

BACA JUGA  Apa itu Farmakovigilans ??
mass mixer
Mass Blender

Mass blender yang digunakan untuk adonan kering, basah, dan kental. Ini dirancang dengan bilah horizontal agar mudah menutupi semua butiran untuk memastikan pencampuran yang memadai.

Kesimpulan:

Blender paling efektif untuk mencampur butiran serbuk dengan bahan lain dalam obat-obatan di antara blender yang berbeda. Double cone blender digunakan terutama pada obat-obatan. Sangat penting untuk memilih blender untuk mendapatkan produk berkualitas tinggi sesuai dengan CPOB.

Perlu dipahami karakteristik dari berbagai tipe belnder sehingga dapat dipilih tipe blender yang tepat yang sesuai dengan produksi untuk mendapatkan campuran yang memenuhi syarat.

Semoga Bermanfaat

Salam

M. Fithrul Mubarok, M. Farm.,Apt

Sumber : https://hub.exapro.com/pharmaceutical-mixers-blenders

374e38b7fc013a64f5b60b6a3cfe8a35?s=96&d=identicon&r=g
https://farmasiindustri.com
M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia. Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri. Email: fithrul.mubarok23@gmail.com WhatsApp/WA: 0856 4341 6332

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
BACA JUGA  Cara Menangani Kasus Penyimpangan dan Ketidaksesuaian di Industri Farmasi

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

-

Berlangganan Artikel

Berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru industri farmasi

TETAP TERHUBUNG

51FansLike
FollowersFollow
SubscribersSubscribe

PALING BANYAK DIBACA