F.G Troches Kegunaan dan Indikasi

Indikasi F.G Troches

F.G TROCHES adalah tablet hisap Antibiotik yang memiliki kandungan senyawa antibiotik Fradiomycin Sulfate dan Gramicidin-S HCl yang berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab sariawan, radang tenggorokan dan amandel.

F.G TROCHES
FG Troches

Harga F.G Troches

Berdasarkan kemasannya harga dari F.G Troches adalah Rp 127.066/ pak isi 120 tablet. Untuk 1 pak isi 300 tablet hisap seharga Rp. 317.665. Harga bisa berbeda-beda tergantung lokasi dan tempat penjualan.

F.G Troches digunakan untuk mengobati infeksi :

  • Stomatitis : radang yang terjadi pada mukosa mulut, biasanya berupa bercak putih kekuningan
  • Gingivitis : inflamasi atau peradangan yang mengenai jaringan lunak di sekitar gigi atau jaringan gingiva
  • Pharyringitis :suatu penyakit peradangan yang menyerang tenggorok atau hulu kerongkongan (pharynx)
  • Brochitis atau bronkitis peradangan yang terjadi pada saluran utama pernapasan atau bronkus (saluran udara paru-paru)
  • Tonsilitis : Radang amandel atau tonsilitis adalah kondisi di mana amandel mengalami peradangan atau inflamasi
  • Vincent’s angina : infieksi pembengkakan dan pengelupasan jaringan dari mulut dan tenggorokan karena infeksi bakteri
  • Pharyngeal diphtteria : infeksi yang disebabkan bakteri Corynebacterium diphtheriae yang meleuarkan racyn sehingga menyebabkan kerusakan jantung dan saraf
  • Periodontitis : infeksi gusi yang merusak gigi, jaringan lunak, dan tulang penyangga gigi

Obat ini dapat membunuh bakteri Staphylococci, Streptococci, Propionibacterium acnes, Bacteroides dan Fusobacterium spp.

F.G Troches artinya F berisi antibiotik Fradiomycin sulfate dan G untuk antibiotik Gramicidin-S HCl. Arti troches adalah sejenis tablet hisap. Tablet yang konsumsinya dengan cara dihisap di mulut sampai terlarut kemudian dapat ditelan.

Informasi Obat F.G Troches

Bahan Aktif Fradiomycin sulfate 2,5 mgdan Gramicidin-S HCl 1 mg
Golongan Antibiotik
Indikasimengobati penyakit Gingivitis, stomatitis, pharyngitis, bronchitis, tonsillitis, Vincent’s angina, pharyngeal diphtheria, periodontitis gigi.
PenggunaanFG-troches Meiji harus dilarutkan dalam rongga mulut atau bukal atau di bawah lidah
KategoriObat resep atau obat keras
DosisDewasa :1 atau 2 tablet hisap, anak-anak : 1 tablet hisap. Dapat dikonsumsi 4-5 kali sehari
KegunaanMeredakan radang tenggorokan
Digunakan anak-anak dan dewasa
Efek sampingAnoreksia, nausea (rasa tidak nyaman di perut) dan gangguan saluran pencernaan. Beberapa efek samping yang dapat timbul akibat penggunaan FG Troches Meiji adalah mual, tidak nafsu makan, dan gangguan pencernaan. Segera berkonsultasi dengan dokter bila timbul keluhan setelah mengonsumsi FG Troches.
KontraindikasiTidak diketahui terkait kontraindikasi, tetapi tidak efektif melawan infeksi oleh bakteri yang tidak sensitif terhadap fradiomycin dan gramicidin-S
Kategori Kehamilan dan MenyusuiKategori D: Ada bukti positif mengenai risiko terhadap janin manusia, tetapi besarnya manfaat yang diperoleh mungkin lebih besar dari risikonya, misalnya untuk mengatasi situasi yang mengancam jiwa.Kandungan fradiomycin dan gramicidin dalam FG Troches Meiji belum diketahui terserap ke dalam ASI atau tidak. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa memberi tahu dokter.
Bentuk ObatTablet isap
PenyimpananSimpan dalam suhu kamar (< 30 derajat celcius)
ProdusenMeiji, alamat pabrik di Bangil Pasuruan Jawa Timur

Mekanisme Aksi Obat F.G Troches

F.G troches merupakan antibiotik yang bekerja sinergis antara Fradiomycin sulfate 2.5 mg dan gramicidin-S HCl 1 mg dalam membunuh bakteri penyebab infeksi.

BACA JUGA  Uji Efektivitas Pengawet/Antimikroba Pada Sediaan Farmasi
BACA JUGA  Pencetakan Tablet,Masalah dan Solusinya

Fradiomycin sulfate bekerja pada bakteri golongan gram negatif, gram positif dan actinomyces

Gramicidin-S HCl bekerja efektif pada bakteri gram positif

Jenis bakteri yang dapat dibunuh F.G Troches : bakteri Staphylococci, Streptococci, Propionibacterium acnes, Bacteroides dan Fusobacterium spp.

Bentuk Obat

image 2021 05 17 143014
F.G Troches

F.G Troches berbentuk tablet hisap dan mirip dengan permen yang tengahnya berlubang. Lubang pada tengah F.G Troches berfungsi untuk mencegah bahaya kekurangan nafas selama konsumsi.

Rasa tablet hisap adalah manis sehingga lebih mudah diterima untuk anak-anak. Tablet hisap tidak terlalu keras untuk memudahkan hancur di mulut pada waktu konsumsi. Tablet yang sudah hancur/lumer dapat bersentuhan dengan selaput lendir rongga mulut atau saluran pernafasan bagian atas kemudian antibiotik bekerja membuhuh bakteri yang menempel.

Cara Penggunaan F.G Troches

Konsumsilah obat F.G Troches sesuai dengan aturan pakai pada kemasan obat atau sesuai dengan petunjuk dokter. Isap tablet didalam mulut sampai hancur sehingga dapat bersentuhan dengan jaringan yang infeksi.

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk mengonsumsi FG Troches pada jam yang sama tiap hari agar obat dapat bekerja secara maksimal.

F.G troches merupakan antibiotik yang bekerja pada bakteri dan tidak efektif melawan virus. Jangan menkonsumsi secara berlebihan karena dapat meningkatkan risiko resistensi (kekebalan bakteri) antibiotik.

Pembuatan Tablet Hisap F.G Troches

F.G Troches merupakan obat tablet hisap yang dibuat di pabrik farmasi dengan prinsip-prinsip CPOB yang ketat. Lozenges atau tablet hisap adalah salah satu bentuk sediaan padat yang banyak digunakan.

Tablet hisap ini mengandung obat dan dimaksudkan untuk berada di mulut atau faring. Tablet hisap telah digunakan sejak abad ke-20 dan masih dalam produksi komersial. Tablet hisap menyediakan cara pemberian bentuk sediaan yang enak dan memiliki manfaat yang sangat baik.

BACA JUGA  Perhitungan Kapabilitas Proses Berat Tablet
BACA JUGA  Tool Self Assesment Industri Farmasi

Tablet hisap diadopsi untuk administrasi lokal dan sistemik dan berbagai bahan aktif dapat dimasukkan di dalamnya. Tablet hisap yang saat ini tersedia di pasar adalah: tablet hisap lembut berbahan karamel, tablet hisap permen keras, dan tablet hisap tablet terkompresi. Review kali ini meliputi penelitian yang dilakukan sampai saat ini, parameter formulasi dan evaluasi, pengemasan dan aplikasi tablet hisap.

Pembuatan tablet hisap cetak dapat berupa kompresi langsung dan granulasi basah. Dalam kompresi langsung, bahan-bahan tercampur rata dan kemudian dikompresi. Dalam granulasi basah, kadar gula dihaluskan dengan penghalusan mekanis menjadi bubuk halus (ukuran 40-80 mesh). Obat ditambahkan dan dicampur secara menyeluruh. Massa yang telah tercampur dicampur larutan pengikat gula atau sirup jagung dan disaring melalui saringan 2-8 mesh. Ini diikuti dengan pengeringan dan penggilingan hingga ukuran 10-30 mesh. Perisa dan pelumas kemudian ditambahkan sebelum dikompresi.

Kontrol Kualitas / In Proces Kontrol Tablet Hisap

Pengujian kualitas tablet hisap dengan Karl Fisher untuk mengetahui kadar air dalam tablet hisap. IPC berupa pengujian keregasan, kekekerasan, bobot dan kekebalan juga dilakukan. Selain itu ada pengujian gravimetri.Terdapat juga pengujian mikrobiologi untuk mengetahui batas mikrobanya.

Uji Stabilitas dilakukan pada suhu 60 derajat celsius selama 2 bulan dan 36-60 bulan pada suhu 25 derajat celcius.

Semoga Bermanfaat

Salam

M. Fithrul Mubarok, M. Farm.,Apt

374e38b7fc013a64f5b60b6a3cfe8a35?s=96&d=identicon&r=g
https://farmasiindustri.com
M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia. Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri. Email: fithrul.mubarok23@gmail.com
BACA JUGA  Download Artikel Mengenai Kapabilitas Proses
WhatsApp/WA: 0856 4341 6332

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

-

Berlangganan Artikel

Berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru industri farmasi

TETAP TERHUBUNG

51FansLike
FollowersFollow
SubscribersSubscribe

PALING BANYAK DIBACA

x