Mengapa HEPA Filter berukuran Pori 0,3 Mikron ?

HEPA filter industri atau filter Udara Partikel Efisiensi Tinggi adalah bagian penting dari industri farmasi dan alat kesehatan, di mana lingkungan steril adalah wajib. Partikel yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang memenuhi udara dan ini kotor. Partikel-partikel kecil ini dapat menyebabkan berkembangnya masalah ketika bekerja dengan obat-obatan dan peralatan medis baru serta membawa penyakit melalui udara.

HEPA Filter
HEPA Filter ukuran 0,3 mikron?

Bagaimana Cara Kerja HEPA filter?

Bagaimana cara kerja filter HEPA?
Sistem HEPA adalah proses 4 langkah yang dimulai dengan menyaring partikel yang lebih besar. Udara kemudian mengalir melalui jenis serat mesh yang lebih halus yang akan menjebak sebagian besar partikel yang lebih halus. Untuk dapat menyaring dengan sempurna, pada prosesnya udara kemudian bergerak melalui filter dan akan ditangkap dengan bertabrakan dengan serat. Ketika udara datang melalui sisi lain dari HEPA, itu seharusnya telah mengeluarkan 99,97% partikel dari udara.

Apa yang membedakan HEPA dengan sisitem penyaringan lainnya?

Apa yang membedakan HEPA dengan Sistem Filter lainnya?
Filter udara standar biasanya menghilangkan partikel berukuran sedang hingga lebih besar dari udara, namun filter tersebut tidak memiliki kemampuan untuk hampir sepenuhnya menghilangkan partikel berukuran mikron kecil dari udara seperti yang dilakukan HEPA.

Semakin kecil mikron, semakin sulit untuk menyaring udara. Serbuk sari dan spora tumbuhan berada dalam kisaran ini dan karenanya terlihat oleh mata kita dengan beberapa deteksi yang tepat. Bakteri bisa sekecil 0,3 mikron, itulah sebabnya filter HEPA industri 0,3 mikron digunakan di perusahaan farmasi. HEPA dipasang pada unit HVAC.

Sangat penting dalam industri farmasi bahwa partikel terkecil dikeluarkan dari aliran udara. Penyakit yang ditularkan melalui udara seperti Tuberkulosis dapat dengan mudah menyebar jika penyaringan yang tepat tidak digunakan. Oleh karena itu banyak juga HEPA dipasang di rumah sakit terutama pada ruangan bedah.

BACA JUGA  HEPA Filter dan Kegunaanya Di Industri Farmasi
BACA JUGA  Tujuh Kebiasaan Luar Biasa untuk menjadi Pegawai Pabrik yang Produktif

Alasan penting mengapa HEPA 0,3 mikron digunakan di perusahaan farmasi di laboratorium penelitian tempat para peneliti dan staf medis bekerja dengan bakteri dan virus, udara harus sebersih mungkin untuk menampung partikel penelitian. Partikel virus lebih kecil dari 0,3 mikron, tetapi umumnya, mereka berjalan pada partikel yang lebih besar seperti air liur atau keringat.

Di ruang operasi dan ruang gawat darurat di mana luka terbuka sedang ditangani, luka harus kontak dengan sedikit paparan partikel yang dapat mengakibatkan infeksi.

Persyaratan Produsen untuk memenuhi Standar Perusahaan Farmasi

Perlu disebutkan bahwa tidak seperti sistem filtrasi lainnya, HEPA bekerja lebih efisien karena semakin kotor, akan tetapi bila terlalu kotor akan menyumbat dan merusak HEPA. Direkomendasikan, khususnya untuk industri perawatan kesehatan, bahwa unit diuji setiap 6 hingga 12 bulan dengan penggantian setiap dua tahun untuk memastikan standar kualitas HEPA. Dilakukan uji integrity setiap 6 bulan untuk memastikan integritas filter.

Semoga Bermanfaat

374e38b7fc013a64f5b60b6a3cfe8a35?s=96&d=identicon&r=g
https://farmasiindustri.com
M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia. Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri. Email: fithrul.mubarok23@gmail.com WhatsApp/WA: 0856 4341 6332

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BACA JUGA  List of Pharmaceutical Manufacturer in United States Of America Part 7

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

-

Berlangganan Artikel

Berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru industri farmasi

TETAP TERHUBUNG

51FansLike
FollowersFollow
SubscribersSubscribe

PALING BANYAK DIBACA

x