Omeprazole Kegunaan dan Indikasi

Indikasi Omeprazole

Omeprazole adalah obat untuk gangguang saluran cerna terutama lambung. Obat ini untuk mengobati penyakit maag dan tukak lambung.

Omeprazole adalah obat yang digunakan dalam pengobatan penyakit refluks gastroesofagus, ulkus peptikum, dan sindrom Zollinger-Ellison. Obat ini juga digunakan untuk mencegah perdarahan saluran cerna atas pada orang yang berisiko tinggi.Obat dapat diminum atau disuntikkan ke pembuluh darah.

Obat ini mempunyai nama generik omeprazole sodium sesuai dengan nama kimia dari obatnya. Obat ini tersedia dalam berbagai merk dan brand seperti Prilos, Ozid, Inhipump, Rocer, dan Pumpitor.

omeprazole
Omeprazole

Harga Omeprazole

harga omeprazole bervariasi dari yang murah sampai yang mahal. Ini dikarenakan berbeda pabrik dan merk.

Harga OMEPRAZOLE NOVEL 20 MG STRIP 10 KAPSULRp5.000
Harga OMEPRAZOLE NOVAPHARIN 20 MG BOX 30 KAPSULRp13.833
Harga OMEPRAZOLE NOVEL 20 MG BOX 30 TABLETRp15.000
Harga OMEPRAZOLE NOVEL 20 MG STRIP 10 KAPSULRp6.500
Harga OMEPRAZOLE 20MG STRIP 10 KAPSULRp4.960

Perlu diketahui obat ini harus dibeli melalui resep dokter dan tidak boleh diminum sembarangan tanpa pengawasan dokter.

Dosis Omeprazole

Penyakit asam lambung (GERD)
Dosis: 20-40 mg per hari.


Tukak lambung
Dosis: 20-40 mg per hari, selama 4 sampai 8 minggu.


Sindrom Zollinger-Ellison
Dosis: 60-360 mg per hari, dibagi menjadi 3 kali pemberian (setiap 8 jam).


Ulkus duodenum
Dosis: 20 mg per hari, selama 4-8 minggu.


Infeksi Helicobacter pylori
Dosis: 20 mg, 2 kali sehari, selama 10 hari.


Esofagitis erosif
Dosis: 20 mg per hari, selama 4-8 minggu

Informasi Obat Omeprazole

Bahan AktifOmeprazole
Golonganobat maag
Indikasi diindikasikan untuk mengurangi kadar asam lambung
Penggunaankapsul dan obat suntik
KategoriPump Inhibitor
Dosis Penyakit asam lambung (GERD)
Dosis: 20-40 mg per hari. Omeprazole diminum sehari sekali pada pagi hari. Minum kedua pada sore hari. Injeksi intravena diberikan selama 5 menit atau melalui infus intravena; profilaksis aspirasi asam, 40 mg harus telah diberikan seluruhnya, 1 jam sebelum operasi. Refluks gastroesofagal, tukak duodenum dan tukak lambung, 40 mg sekali sehari hingga pemberian oral dimungkinkan.
Anak. Injeksi intravena selama 5 menit atau dengan infus intravena: Usia 1 bulan-12 tahun: dosis awal 500 mikrogram/kg bb (maks. 20 mg) satu kali sehari, ditingkatkan menjadi 2 mg/kg bb (maks. 40 mg) jika diperlukan.; Usia 12-18 tahun, 40 mg satu kali sehari.
KegunaanUntuk meredakan sakit maag
Efek sampingOmeprazole dapat menyebabkan nyeri perut dan sakit kepala. Segera hentikan bila muncul gejala diatas dan segera hubungi dokter atau apoteker.
Efek samping yang kurang sering terjadi diantaranya adalah mulut kering, insomnia, mengantuk, malaise, penglihatan kabur, ruam kulit dan pruritus. Efek samping lain yang dilaporkan jarang atau sangat jarang terjadi adalah gangguan pengecapan, disfungsi hati, udem perifer, reaksi hipersensitivitas (termasuk urtikaria, angioedema, bronko-spasmus, anafilaksis),
Kategori Kehamilan dan MenyusuiKategori N: Belum dikategorikan. Wanita hamil dan menyusui tidak dianjurkan mengonsumsi Omeprazole sebelum berkonsultasi dengan dokter.Omeprazole dapat terserap ke dalam ASI. Oleh karena itu, tanyakan kepada dokter sebelum menggunakannya.
Bentuk Obatkapsul dan injeksi
Penyimpanansimpan dalam suhu kamar < 30 derajat celsius
ProdusenPabrik obat generik dan juga obat branded

Mekanisme Obat Omeprazole

Omeprazole bekerja dengan menghambat sekresi asam lambung dengan cara menghambat sistem enzim adenosin trifosfatase hidrogen-kalium (pompa proton) dari sel parietal lambung. Penghambat pompa proton efektif untuk pengobatan jangka pendek tukak lambung dan duodenum. Selain itu, juga digunakan secara kombinasi dengan antibiotika untuk eradikasi H. pylori.

Obat ini merupakan obat keras yang digunakan menggunakan resep dokter. Omeprazole merupakan obat dalam kelas inhibitor pompa proton (PPIs) yang bekerja dengan cara mengurangi jumlah asam yang dibuat di dalam lambung

BACA JUGA  Perbedaan Antara obat Sustained Release dan Prolonged Release
BACA JUGA  Bekerja Di Farmasi

Pembuatan Obat Omeprazole

Pembuatan obat kapsul omeprazole sama dengan obat kapsul keras lainnya dengan metode granulasi basah atau kering. Untuk obat injeksi dibuat dengan fasilitas pembuatan obat steril. Obat kapsul kemudian dapat dikemas dalam bentuk alumunium atau strip.

Untuk obat injeksi dapat dikemas dalam bentuk vial atau ampul.

Semoga Bermanfaat

Salam

M. Fithrul Mubarok, M. Farm.,Apt

374e38b7fc013a64f5b60b6a3cfe8a35?s=96&d=identicon&r=g
https://farmasiindustri.com
M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia. Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri. Email: fithrul.mubarok23@gmail.com WhatsApp/WA: 0856 4341 6332

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

-

Berlangganan Artikel

Berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru industri farmasi

TETAP TERHUBUNG

51FansLike
FollowersFollow
SubscribersSubscribe

PALING BANYAK DIBACA

x