spot_img

Berlangganan Artikel

Berlangganan artikel untuk mendapatkan informasi terkini industri farmasi

Tipe Mixer di Industri Farmasi

Mixer mempunyai peran penting dalam pencampuran bahan aktif dan bahan tambahan di industri farmasi.

Mixer atau blender selalu ada di industri farmasi yang membuat sediaan padat tablet atau kapsul keras. Pemilihan mixer merupakan tahap penting agar pemilihan sesuai dengan kebutuhan proses.

Blender digunakan di industri farmasi dalam pembuatan granul sediaan solid tablet dan kapsul keras. Adanya kebutuhan dalam proses diperlukan berbagai macam tipe blender untuk menghasilkan granul sesuai dengan kebutuhan.

Semua blender pada prinsipnya sama akan tetapi mempunyai tujuan berbeda-beda tergantung proses pembuatan obatnya.

Berikut jenis dan tipe mixer di Industri Farmasi:

  • Blender Oktagonal
  • Blender tipe V
  • Double Cone Blender
  • Blender Vertikal
  • Mass Blender

1.Blender Oktagonal

Sesuai dengan namanya blender ini mempunyai bentuk oktagonal. Bagian bawah dan atas blender ini mempunyai bagian yang berbentuk poligonal sehingga membantu pengeluaran material.

mixer farmasi
Blender Oktagonal

Jangan pernah mengisi blender oktagonal sampai dengan penuh. Isilah sampai dengan kapasitas 70%.

Blender oktagonal sangat mudah dibersihkan dan dicuci, mudah dalam pengoperasian, dan mempunyai tingkat polusi udara yang rendah.

Beberapa fitur penting dari blender ini adalah:

(a) Mudah dibersihkan di tempat.

(b) Pengisian dan penghilangan bubuk bebas debu dengan mekanisme pengisian tempat sampah.

(c) Sangat sedikit pemborosan dan karenanya konsumsi butiran jauh lebih rendah dibandingkan dengan pencampur sejenis lainnya.

(d) Kecepatan lambat dan bentuk segi delapan memastikan pencampuran akan menjadi homogen

2. Blender tipe V

Z
Blender berbentuk V

Bentuk blender tipe V dapat mencampur bahan obat dengan baik. Blender tipe V ini digunakan dalam farmasi karena dapat mencampur campuran obat sampai homogen. Digunakan untuk pencampuran granul dan serbuk obat. Blender ini mudah dicuci dan dibersihkan sehingga membantu mencegah kontaminasi silang obat.

BACA JUGA  Pembuatan Tablet dan Kapsul Keras
BACA JUGA  Workshop Peningkatan Daya Saing IF Jatim (Malang)

3. Double Cone Blender

double cone blender
Double Cone Blender

Blender ini merupakan blender yang paling banyak ditemui di Industri farmasi. Double cone blender dapat mencampur obat dengan sangat efisien. Blender ini dapat diatur untuk lama pencampuran dan jumlah pengadukan dalam semenitnya.

Mesin Double Cone Mixer adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai mesin untuk megaduk 2-3 macam campuran bahan makanan, minuman, jamu, rempah-rempah dan obat-obatan yang berbentuk serbuk/tepung  (powder) atau granuld (produk kering).

Semua bagian yang kontak langsung dengan material obat terbuat dari logam stainless steel 316L. Dalam pembelian harus dipastikan tipe logamnya dan harus diminta sertifikat stainless steelnya.

Doubel cone blender adalah mesin serbaguna yang dapat digunakan secara efektif untuk mencampur butiran, bubuk kering, bahan berat dan abrasif. Bentuk kerucut dan pelat deflektor multi-geser memastikan pencampuran terbaik dari bubuk kering dan penghilangan yang mudah. Baffle berbentuk dayung tambahan dapat dipasang pada poros untuk mendapatkan pencampuran yang lebih baik. Ini memiliki fungsi pengatur waktu, yang membuat pencampuran lebih tepat. Kerucut yang seimbang dan motor tahan api mengurangi kemungkinan kecelakaan.

4. Blender Vertikal

Jenis blender ini paling baik untuk mencampur pelet, bubuk, butiran, dan padatan lainnya. Blender vertikal ada dalam berbagai ukuran dan dapat disesuaikan sesuai kebutuhan industri farmasi, yang membuatnya serbaguna.

Beberapa fitur dari blender ini adalah:

(a) Pembuangan total dapat dilakukan karena tidak ada bantalan untuk menopang bagian bawah.

(b) Blender mudah dibersihkan pada posisinya dan memiliki risiko kontaminasi yang sangat kecil.

(c) Desain sederhana memungkinkan perawatan yang mudah dan

(d) pengoperasian yang mudah

5. Mass Blender

mass mixer
Mass Blender

Mass Blender adalah paling cocok untuk pencampuran gumpalan, kering maupun basah dan khusus untuk granulasi tablet. Kabin mixer berputar dengan satu kecepatan hanya dalam bidang horizontal. Terdapat bilah berbentuk seperti dayung dan ditempatkan di dalam kabin dengan orientasi horizontal untuk memudahkan granulasi. Penutup polikarbonat tahan debu dan transparan untuk kontrol yang ketat tanpa mengurangi kualitas. Pengait pengaman otomatis mematikan mixer saat penutup dibuka.

BACA JUGA  Cara Sampling Attribute ANSI/ASQ Tanpa Tabel
BACA JUGA  Pencetakan Tablet,Masalah dan Solusinya

Blender merupakan alat yang sangat efektif dalam mencampur material bahan obat dan bahan tambahan dalam pembuatan obat. Sangat penting pemilihan blender yang sesuai dengan kebutuhan proses. Agar tidak terjadi kesalahan dalam pemilihan dan pembelian sebaiknya dibuat SKP dalam penyusunan spesifikasinya.

Semoga bermafaat

Salam

M. Fithrul Mubarok, M. Farm.,Apt

374e38b7fc013a64f5b60b6a3cfe8a35?s=96&d=identicon&r=g
https://farmasiindustri.com
M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia. Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri. Email: fithrul.mubarok23@gmail.com WhatsApp/WA: 0856 4341 6332

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

22,043FansLike
2,817FollowersFollow
SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

x