Cara Memindahkan File dari Smartphone Android ke Komputer dan Sebaliknya

Dalam bekerja di kantor saya seringkali memindahkan file dokumen dari HP smartphone ke komputer atau sebaliknya. Terdapat beberapa cara dalam memindahkan file dari kedua perangkat ini, berikut beberapa caranya:

  1. Menggunakan WhatsApp WebCara ini merupakan cara favorit saya dalam memindahkan file dari komputer ke smartphone. Caranya adalah buka WhatsApp web (https://web.whatsapp.com/) kemudian hubungkan dengan smarphone ke komputer dengan scan QR code. Bila sudah tersambung, dapat menggunakan drag drop file ke salah satu percakapan kemudian kirim. Biasanya saya memilih kontak dari istri/teman dengan meminta izin kirim dokumen. Dapat juga mengirimkan file dengan percakapan kontak yang sudah tidak aktif sehingga file tetap terkirim dan tidak mengganggu percakapan karena kontak tersebut sudah tidak aktif.
    whatsApp.jpg
    whatsApp2.jpg
  2. Menggunakan EmailCara memindahkan file dengan email ini merupakan cara yang sering saya gunakan juga. Caranya adalah dengan mengirimkan attachment file menggunakan email gmail kemudian kirimkan ke alamat email punya sendiri atau alamat email orang lain. Cara yang sering saya gunakan adalah mengirimkan file attachment ke email sendiri diĀ  komputer sehingga tidak mengganggu orang lain, kemudian membuka email gmail pada smartphone. Attachment file yang ada di email gmail kemudian dapat dibuka/didownload pada smartphone. Cara ini dapat digunakan sebaliknya yaitu menulis dan melampirkan attachment di gmail kemudian buka gmail versi dekstop di komputer. File dapat dibuka di komputer. Sebaiknya mengirimkan file attachment ke email sendiri sehingga tidak perlu meminta izin, lagi pula dengan tersimpan di email gmail sekaligus cara menyimpan file server internet (tidak memenuhi memori smartphone) dan bila suatu saat ingin mencari cukup cari di kolom pencarian.
    gmail.jpg
    gmail2
  3. Menggunakan Xender WebKedua cara diatas akan efektif digunakan untuk mengirimkan dengan file ukuran kecil dan koneksi internet yang tidak begitu cepat. Bila komputerĀ  dengan laptop sama-sama terhubung dengan Wi-Fi kecepatan tinggi dan file yang akan dikirimkan ukuran besar dapat menggunakan aplikasi Xender di Android. Pertama hubungkan aplikasi Xender pada android dengan Xender versi dekstop di browser. Hubungkan dengan scan QR code. File dari komputer tinggal di drag and drop pada Xender Web, tunggu upload makan file akan pindah ke smartphone android.
    Xender.jpg
    Xender2.jpg
  4. Menggunakan Google DriveSebenarnya cara ini juga berlaku untuk cloud drive yang lain seperti onedrive, box.com dan lain-lain. Upload file pada Google Drive di browser tunggu selesai, kemudian buka aplikasi google drive di smartphone. Cari file yang diupload kemudian download, maka file sudah terpindah di smartphone.

    Drive.jpg

    drive2

  5. Menggunakan Kabel data atau OTGCara ini juga sering saya gunakan tapi hanya untuk file-file yang ukuran besar > 100 MB. Caranya adalah hubungkan komputer dengan kabel data, file-file yang ada dalam smartphone android akan terbaca di file explorer windows. Pilih file yang akan dipindah kemudian klik kanan Copy, paste pada folder yang diinginkan di komputer. Cara kedua adalah menggunakan OTG flashdisk , hubungkan OTG pada smartphone android copy paste file menggunakan file manager android, untuk dipindah pada flashdisk. Buka flashdisk di komputer, file yang sudah dipindah dapat dibaca di komputer.
    USB.jpg

usb2

 

Terima Kasih telah membaca

Salam

 

M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt

Sumber : pengalaman sendiri

M. Fithrul Mubarok

Pharmacist and Blogger at Farmasiindustri
M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia.
Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri.
Email: fithrul.mubarok23@gmail.com
WhatsApp/WA: 0856 4341 6332
M. Fithrul Mubarok

Latest posts by M. Fithrul Mubarok (see all)

tinggalkan komentar .........

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.