Metaverse dan Masa Depan Industri Farmasi

Metaverse adalah dunia virtual yang membawa internet menjadi terasa nyata, di dalam metaverse mengkaburkan antara dunia nyata dengan dunia virtual digital 3D. Metaverse merujuk pada dunia virtual 3D yang dihuni oleh avatar orang sungguhan, avatar ini adalah bentuk digital yang mewakili kita (dunia nyata) ke dunia virtual. Teknologi metaverse akan menggabungkan sejumlah teknolgi virtual, internet dan juga blockchain.

Di dalam metaverse orang dapat menjelajah dunia virtual tanpa batas dan melakukan kegiatan selayaknya di dunia nyata. Kita dapat terbang ke luar angkasa, menjelajahi peradaban mesir kuno atau pergi keluar negeri tanpa perlu meninggalkan kamar kita. Kita dapat mempelajari sistem tatasurya dengan metaverse menjadi lebih nyata.

metaverse adalah
Gambaran Metaverse
Konsep metaverse dari Meta (nama baru dari facebook)

Metaverse dan Facebook

Konsep metaverse menjadi naik daun lagi setelah facebook mengganti nama menjadi Meta. Langkah Zuckerberg membawa Facebook (atau yang sekarang dikenal dengan Meta) ke Metaverse disebutnya karena Metaverse akan menjadi generasi berikutnya dari internet dan bagian besar dari ekonomi digital.

Perubahan nama ini memberi visi baru ke Facebook untuk mengembangkan ke depan mengenai mimpi mereka membangun dunia metaverse mereka. Sesuai dengan prinsip dasar perusahaan yaitu menghubungkan semua orang di dunia. Akan tetapi dunia yang dimaksud bergeser dari awalnya internet web (Facebook) menjadi lebih nyata dunia virtual metaverse.

Bagi anda yang belum paham juga metaverse saya rekomendasikan menonton film Ready Player One, seperti itulah kira-kira konsep metaverse yang ingin dicapai ke depan.

Sebenarnya tidak hanya Meta yang masuk ke dunia metaverse ini akan tetapi juga Microsoft, Apple dan Nvidia. Jadi akan banyak sekali pilihan dunia metaverse yang dapat kita pilih, masing-masing dunia mempunyai keunikan dan aturan tersendiri.

BACA JUGA  Decision Making (Pengambilan Keputusan) di Industri Farmasi
BACA JUGA  Melaksanakan Daur Ulang Pada Proses Pengolahan Air Limbah

Metaverse dan Farmasi

Saya tahu saat anda membaca tulisan ini agar terasa aneh, itu dapat dimaklumi karena konsep metaverse relatif baru sekarang ini dan banyak orang tidak memahami, apalagi disambungkan dengan farmasi yang seolah tidak ada hubungannya.

Dapat dilihat tulisan diatas bahwa metaverse akan menyediakan dunia virtual baru. Di dalam dunia virtual tersebut akan terdapat berbagai macam bangunan, orang dan tempat persis seperti dunia nyata. Terus apa ? Ya benar disana ada ekonomi yang berputar dan pasti trilyunan dollar akan berputar kesana

Logikanya gak mungkin perusahaan Facebook menghabiskan milyaran dollar hanya untuk mimpi semata, ada potensi keuntungan besar yang akan menjamin masa depan perusahaan Meta ke depan.

Sudah mulai paham ? jadi kalau ada ekonomi disana semua bisnis bisa masuk, termasuk juga bisnis farmasi. Perusahaan farmasi dapat membuat toko virtual metaverse di dunia metaverse dan melakukan proses bisnis disana.

Bisnis yang dimaksud apakah jual beli ? ya itu salah satu utamanya, akan tetapi bisa juga melakukan negosiasi, marketing, branding dan hal-hal lainnya yang lumrah dilakukan di dunia nyata.

Perusahaan farmasi dapat membuka retail apotek di dunia metaverse dan menjual obat serta layanan kesehatan lainnya sehingga meraup keuntungan yang besar. Seperti inilah kira-kira gambarannya.

Will Metaverse be the development direction of GameFi? - CoinYuppie:  Bitcoin, Ethereum, Metaverse, NFT, DeFi, Dogecoin, Crypto News
Retail farmasi

Terdapat ritel farmasi yang dapat menjual berbagai obat-obatan, pasien dapat memilih dan “memegang” sendiri barangnya, dan setelah yakin dapat dibeli. Pembelian terkoneksi dengan market place dan jasa pengiriman, yang akan diantarkan ke rumah.

Bisa jadi di industri farmasi terdapat virtual tour dengan calon pelanggan baru ke pabrik dan melihat mesin pabrik bekerja secara vitrual dengan rasa yang sangat nyata. Kunjungan tamu dapat dilakukan secara virtual.

BACA JUGA  Lima Tahun Perjalanan Ekatalog Obat

Dengan metaverse perusahan farmasi dapat melakukan pelatihan CPOB virtual dengan lebih nyata seperti di lapangan.

BACA JUGA  Perbedaan Kondisi Aseptis dan Steril

Waktu yang tepat

Metaverse akan menjadi mainstream beberapa tahun mendatang, perkiraan tahun 2023-2025. Masih banyak waktu untuk mempersiapkan ini, baik bagi kita secara pribadi maupun kita sebagai bagian dari bisnis perusahaan.

Kemungkinan besar perusahaan farmasi Indonesia hanya wait and see melihat metaverse ini, bahkan tidak ada yang meiliriknya. Dan ketika semuanya booming dan kompetitor sudah lebih siap, ternyata perusahaan farmasi yang terlambat masuk sudah kehilangan pasar.

Prediksi saya akan begitu untuk perusahaan farmasi, masih ada harapan untuk perusahaan marketplace atau teknologi lainnya. Saya kira perusahaan teknologi Indonesia nanti tidak akan terlambat masuk, tapi perusahaan farmasi akan telat.

Metaverse dan Blockchain

Metaverse yang menggunakan teknologi blockchain. Pada Metaverse tipe ini, pengguna bisa membeli lahan virtual dan aset digital lain menggunakan mata uang crypto. Berbeda dengan mata uang lain bila kita membeli dengan krito lahan/barang yang ada di dunia metaverse berupa NFT (non-fungible token). NFT ini yang dibeli akan menjadi barang yang benar-benar mempunyai kepemilikan nyata. Berbeda dengan item digital biasa yang merupakan asset dari perusahaan kemudian dipinjamkan ke yang membeli, pada NFT konsepnya berbeda karena barang NFT tersebut merupakan aset nyata yang memiliki kepemilikan nyata.

Saya sendiri mempunyai beberapa NFT, yang harganya ratusan dollar karena saya termasuk orang yang percaya bahwa masa depan akan digerakkan oleh metaverse, cryptocurrency dan teknologi blockchain.

Masihkah anda menunggu dan tidak melakukan apa-apa ? apakah anda akan jadi orang yang telat masuk ke teknologi ini dan menyesal ?

Hanya waktu yang akan menjawabnya

BACA JUGA  Perbedaan Kondisi Aseptis dan Steril

Semoga Bermanfaat

Salam

M. Fithrul Muabarok, M. Farm.,Apt

374e38b7fc013a64f5b60b6a3cfe8a35?s=96&d=identicon&r=g
https://farmasiindustri.com
M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia. Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri. Email: fithrul.mubarok23@gmail.com
BACA JUGA  pH Meter Fungsi dan Prinsip Kerjanya
WhatsApp/WA: 0856 4341 6332

ARTIKEL TERKAIT

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

-

Berlangganan Artikel

Berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru industri farmasi

TETAP TERHUBUNG

51FansLike
FollowersFollow
SubscribersSubscribe

PALING BANYAK DIBACA