Perbedaan Tekanan Udara Ruang Produksi Sediaan Farmasi

Perbedaan tekanan udara pada ruang produksi sediaan farmasi karena adanya sistem HVAC yang menyuplai udara bersih ke dalam ruang produksi farmasi. Fungsi dari adanya perbedaan tekanan ini adalah: Pencegahan Kontaminasi Silang, kontaminasi silang perlu dihindarkan karena akan berpengaruh terhadap kualitas dan keamanan produk. Dengan adanya perbedaan tekanan udara partikel serbuk/kotoran akan mencegah serbuk/kotoran berpindah antar ruangan. Dengan tidak adanya partikel yang saling berpindah resiko kontaminasi sangat kecil. Kontaminasi ini bisa dari obatnya sendiri atau dari alat/personil. Kontaminasi dari obat bisa dari antar batch atau antar produk.

PENGATURAN TEKANAN PADA SEDIAAN SOLID NON BETALAKTAM (TABLET/KAPSUL) NON STERIL

Prinsip tekanan udara pada ruangan yang memproduksi sediaan solid non betalaktam adalah menggunakan clean coridor dimana tekanan pada koridor lebih tinggi daripada tekanan pada ruang proses. Dengan tekanan tinggi pada koridor maka kotoran dr ruang proses tidak akan masuk ke koridor sehingga disebut clean coridor/koridor bersih. Terus bagaimana kalau ada kotoran dari luar masuk ke koridor bukankah malah akan mencemari ruangan proses? Kotoran dari lingkungan luar telah dicegah masuk ke dalam ruangan proses karena tekanan di ruang proses secara keseluruhan lebih tinggi sehingga kotoran tidak akan masuk ke ruang proses.

Terdapat beberapa ruangan produksi, misal ruang granulasi basah dan ruang pengemasan primer. Ruang granulasi mencampur serbuk dengan pelarut dalam mesin mixer. Kemungkinan serbuk ada di ruang granulasi, dengan adanya tekanan koridor yang lebih tinggi dari ruang granulasi, serbuk tadi tidak bisa berpindah ke dalam koridor untuk mencemari ruangan lain. Lagi pula dalam alur ruangan kotoran juga telah dicegah karena harus lewat ruang penyangga dahulu. Untuk kotoran yang mungkin dari personil telah dicegah dengan penggunaan APD(Alat Perlindungan Diri, baju operator, masker dll). Untuk kebersihan dan sanitasi ini telah diatur dalam CPOB 2012 bab 5 Sanitasi dan Higiene.

tekanan ruangan produksi
Pengaturan Perbedaan Tekanan Ruang Pembuatan Sediaan Solid non betalaktam

Begitu juga serbuk yang dihasilkan dari ruang pencetakan tablet tidak akan berpindah ke koridor karena tekanan koridor lebih tinggi daripada tekanan ruang pencetakan. Untuk mengetahui perbedaan tekanan maka dipasang alat pengukur beda tekanan udara yaitu manometer. Alat ini biasanya dipasang diatas pintu ruangan, saya juga pernah melihat manometer dipasang disamping pintu, pada tembok.

manometer
Alat Pengukur Beda Tekanan Manometer merk Magnehelic

Perbedaan tekanan antar ruang kebersihan yang sama adalah 5±Pa dan perbedaan tekanan antar ruang dengan kelas kebersihan yang berbeda adalah ±10-15 Pascal sesuai dengan CPOB 2012. Untuk propertis lengkap kelas ruangan pembuatan obat bisa dilihat disini.

PENGATURAN  TEKANAN PADA SEDIAAN  LIQUID/SEMISOLID/ORAL LIQUID ( Povidone Iodine 10%,Salep Krim Kulit, Obat Batuk Hitam cair)

Prinsip perbedaan tekanan udara pada sediaan Liquid/Semisolid/oral liquid adalah dirty coridor dimana tekanan udara ruang proses lebih tinggi dibanding dengan koridor. Dengan tekanan udara lebih tinggi di dalam ruang proses maka kemungkinan masuk kotoran ke ruang proses kecil. Kenapa seperti ini?karena sediaan liquid/semisolid/oral liquid produknya  basah dimana karakter basah ini lebih rentan terkena kotoran, sehingga perlindungan dibuat bagaimana kotoran tidak masuk ke ruang proses. Apalagi jika parameter mutu produk liquid mensyaratkan harus bening, ada sedikit kotoran masuk ke cairan bisa mempengaruhi mutu. Sedangkan pada clean coridor sediaan solid karakateristik produknya mengeluarkan serbuk, sehingga perlindungan produk dirancang dengan melokalisir debu serbuk supaya tetap di ruang proses.

tekanan ruangan produksi liquid
Pengaturan Perbedaan tekanan udara pada sediaan liquid/semisolid/oral liquid

Pada denah diatas dapat terlihat tekanan ruang proses pencampuran lebih tinggi dibanding dengan koridor, dengan sistem ini kotoran dari koridor tidak akan masuk dan mencemari produk. Kotoran juga tidak bisa masuk dari koridor ke ruang pengisian liquid. Di FAQ CPOB halaman 2 juga dijelaskan seperti ini, dalam FAQ menggunakan istilah koridor positif (clean colidor) dan koridor negatif (dirty coridor).

FAQ CPOB.JPG
FAQ CPOB mengenai tekanan udara

Untuk sediaan antibiotik betalaktam harus dibuat dalam gedung terpisah sendiri, tidak boleh satu gedung dengan misal produk tablet konvensional. Dalam gedung ini pengaturan tekanannya dirancang negatif relatif dari lingkungan luar sehingga debu/serbuk betalaktam tidak keluar mencemari ruangan. Kalau begitu bukannya banyak kotoran masuk ke ruangan produksi? Ini bisa diatasi dengan air lock

 

Bagaimana kalau sediaannya liquid dan beta laktam?bukankah liquid koridor kotor dan betalaktam dicegah kotoran tidak keluar?

Maka dipengaturan tekanan udara diatas dirancang dengang suatu airlock, lebih tepatnya airlock tipe sink.

tekanan ruangan produksi liquid BETALAKTAM
Aplikasi Airlock untuk liquid betalaktam

Menurut CPOB juga direkomendasikan transfer massa produk untuk cairan/semisolid secara tertutup melalui pipa. Dalam gambar berwarna hijau. Jadi dalam sediaan liquid betalaktam perlindungan produk dan lingkungan bukan hanya dari perbedaan tekanan udara tapi juga dari sistem transfer. Di dalam gambar semua kotoran akan tersedot ke dalam airlock tipe sink. Kotoran betalaktam kemudian ditampung dan dibuang khusus. Tikak boleh dibuang sembarangan tapi dapat dengan pengolahan limbah internal atau dijasakan ke pihak ke 3 yang kompeten.

Untuk kasus serbuk betalaktam penyelesainnya juga dengan airlock. Steril liquid betalaktam juga dengan sistem airlock.

Sebenarnya dalam ilustrasi tekanan diatas saya buat simpel tapi dalam perancangan dan penerapannya sangat kompleks. Bila anda menjadi manager proyek yang merancang gedung farmasi akan ditemui banyak tantangan mulai dari merancang tekanan udara, alur barang mentah, alur produk, alur orang, posisi pintu, luas ruangan disesuaikan kapasitas, konsep desain sistem tata udara dan lain-lain. Pusing 🙁

Semoga Bermanfaat

Salam

M. Fithrul Mubarok,S.Farm.,Apt

WP

M. Fithrul Mubarok

M. Fithrul Mubarok

Pharmacist and Blogger at Farmasiindustri
M. Fithrul Mubarok, S.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia.
Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri.
Email: fithrul.mubarok23@gmail.com
WhatsApp/WA: 0856 4341 6332
M. Fithrul Mubarok

8 Comments






  1. Maaf, pak. Perbedaan tekanan udara u/R. Padat-Beta laktam, apa sama saja dgn yg liquid beta laktam? Soalnya yg non beta laktam, antara solid dan liquid perbedaanya di tekanan udara koridor.

    Reply

  2. jika misal kita ingin tekanan di dalam ruanga 20 pascal. dengan ruangan berukuran 7 x 7 x 3 meter. ingin kelas kebersihan 10,000 (atau B). itu perhitungannya seperti apa ?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.