Prinsip Kerja dari Tray Drier / Lemari Pengering di Industri Farmasi

Lemari Pengering menggunakan tray atau nampan (sebuah wadah lempengan logam) adalah alat pengeringan dengan ruang terisolasi tertutup dan nampan ditempatkan di atas satu sama lain dalam troli, seperti ditunjukkan dalam gambar dibawah ini

Lemari pengering
Nampan Pengering

Metode pembuatan tablet yang paling banyak digunakan dan paling umum adalah metode granulasi basah. Metode granualsi basah sangat populer karena kemungkinan lebih besar bahwa granulasi akan memenuhi semua persyaratan fisik untuk kompresi tablet yang baik. Kerugian utamanya adalah jumlah langkah terpisah yang terlibat, serta waktu dan tenaga yang diperlukan untuk melakukan prosedur, terutama dalam skala besar. Langkah-langkah dalam metode basah adalah penimbangan, pencampuran, penimbangan basah, penyaringan massa basah, pengeringan, penyaringan kering, pelumasan, dan kompresi. Peralatan yang terlibat tergantung pada kuantitas atau ukuran batch dan jumlah bahan aktif per tablet.

Tray Dryer digunakan untuk hasil pengeringan terbaik pada proses konvensional. Alat ini terdiri dari kabinet berdinding ganda dengan satu atau dua pintu. Ruang kosong antara dua dinding diisi dengan bahan isolasi wol serat kaca kepadatan tinggi untuk menghindari perpindahan panas. Pintu dilengkapi dengan gasket. Baki stainless steel 316 L ditempatkan di troli bergerak. Pengering Baki dilengkapi dengan papan panel kontrol, pengatur waktu proses, pengontrol suhu digital, indikator, dll. Pengering Baki tersedia dalam kapasitas mulai dari 6, 12, 24, 48, 96, 192 baki.

Pengering digunakan untuk proses pengeringan dan pemanasan. Proses ini merupakan bagian penting dari proses pembuatan obat di industri farmasi. Bahan yang akan dikeringkan baik padat atau basah dan ditempatkan di atas nampan.

BACA JUGA  Share Materi Seminar ISPE "Batch Disposition" terkait pelulusan bets

Panas melalui nampan ditransfer melalui sirkulasi udara panas oleh aliran pada koil radiator atau pemanas listrik. Perpindahan panas, serta sirkulasi panas yang tepat dan dibantu oleh kipas blower yang dipasang. Selain itu, peralatan memiliki panel kontrol untuk kontrol suhu serta parameter lain yang dipasang di luar peralatan dan membantu untuk bekerja optimal.

BACA JUGA  Kondisi Industri Farmasi Indonesia

Prinsip Kerja Tray Drier

Prinsip kerja dasar dari peralatan ini adalah sirkulasi udara panas yang terus menerus. Dalam nampan, material yang basah dikeringkan dengan penghilangan udara lembab yang dilakukan secara terus menerus.

Tray Dryer Working Principle Tray Dryers Theory Manufacturer Best Pharmaceutical Equipment
Prinsip kerja lemari pengering

Awalnya, padatan basah dimuat ke dalam nampan dan nampan ditempatkan di ruang pengering. Kemudian udara segar masuk melewati nampan, udara melewati material yang dikeringkan.

Tujuan pemanasan adalah untuk memastikan bahwa udara yang dipanaskan mencapai padatan basah di nampan, oleh karena itu, kipas di pengering nampan digunakan untuk mensirkulasikan udara panas dengan kecepatan dua hingga lima meter per detik. Aliran udara turbulen mengurangi tekanan uap parsial atmosfer.

Udara panas mengambil air yang berada pada material yang dikeringkan. Selama penguapan air dari permukaan, ada difusi air dari bagian dalam padatan oleh aksi kapiler. Semua peristiwa yang disebutkan di atas terjadi dalam satu lintasan udara. Ada waktu kontak yang singkat dan hanya sejumlah kecil air yang diambil dalam sekali jalan dan sebagai hasilnya, udara buangan dengan kecepatan 80 hingga 90 persen disirkulasikan kembali melalui kipas dan hanya maksimal 20 persen dari udara segar.

Pelepasan kelembaban terjadi melalui outlet/saluran keluar udara. Oleh karena itu, aliran udara yang seragam dan suhu konstan di atas bahan padat dapat dipertahankan untuk mencapai pengeringan yang seragam. Jika bahan yang akan dikeringkan adalah granul basah seperti pengeringan kapsul atau tablet, pengeringan dilanjutkan sampai tercapai kadar air yang diinginkan. Setelah proses pengeringan selesai, nampan yang berada troli pengering ditarik keluar dari chamber untuk proses selanjutnya.

BACA JUGA  Mengikuti Seminar PIC/S GMP Guide – Seri Kedua 23 Juni 2016

Secara keseluruhan, ruang kerja yang besar, konstruksi yang kokoh, suhu yang terkontrol, sirkulasi udara yang seragam adalah prinsip dasar untuk fungsionalitas alat pengering ini. Lemari pengering ini merupakan alat yang umum ditemukan dalam rangkaian peralatan pembuatan produk obat di industri farmasi terutama untuk sediaan padat.

BACA JUGA  Download Ebook Pharmaceutical Technology Europe

Persyaratan CPOB

Dikarenakan nampan pengering ini sentuk langsung dengan produk maka nampan harus terbuat dari bahan inert seperti stainless steel 316L dan dilengkapi dengan sertifikat material.

Pda waktu pembelian juga harus dilengkapi dengan :

  • Kualifikasi Instalasi
  • Kualifikasi Operasi
  • Manual Book

Dokumen tersebut disediakan oleh pabrik pembuat lemari pengering

Pada waktu perencanaan dari pabrik juga harus membuat :

  • Spesifikasi Kebutuhan Pengguna
  • Kualifikasi Kinerja Pelatan
  • FAT dan SAT (optional)

Sumber : https://pharmawiki.in/tray-dryer-working-principle-tray-dryers-theory-manufacturer-best-pharmaceutical-equipment/

Semoga Bermanfaat

Salam

M. Fithrul Mubarok, M. Farm.Apt

374e38b7fc013a64f5b60b6a3cfe8a35?s=96&d=identicon&r=g
https://farmasiindustri.com
M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia. Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri. Email: fithrul.mubarok23@gmail.com WhatsApp/WA: 0856 4341 6332

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
BACA JUGA  Share Materi "PERCEPATAN PELAYANAN PUBLIK DI BIDANG OBAT TRADISIONAL, SUPLEMEN KESEHATAN DAN KOSMETIK"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

-

Berlangganan Artikel

Berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru industri farmasi

TETAP TERHUBUNG

51FansLike
FollowersFollow
SubscribersSubscribe

PALING BANYAK DIBACA