Lubrikan (Pelumas) di Produksi Tablet Obat

Lubrikan atau pelumas / pelincir di dalam produksi obat terutama tablet mempunyai peran yang vital. Hampir semua formulasi obat menyertakan pelumas untuk memudahkan pencetakan tablet di dalam mesin. Terutama pengeluaran tablet dari dies mesin cetak. Untuk mengetahui detail mengenai mekanisme kerja mesin cetak tablet dapat dibaca tulisan saya sebelumnya. Pelumas adalah eksipien paling penting yang digunakan untuk pembuatan bentuk sediaan padat oral dalam industri farmasi. Pelumas digunakan untuk mengurangi gesekan antara bagian mesin dan produk agar prosesnya lancar.

Mesin Cetak Tablet

Mengapa lubrikan (pelumas) digunakan dalam tablet?


Pelumas mengurangi gesekan antara tablet dan permukaan logam mesin cetak, yang mengurangi gaya ejeksi dan membantu memastikan tablet dikeluarkan dengan bersih dan tanpa retak atau pecah dari mesin cetak tablet. Dengan mengurasi gesekan maka terjadinya panas juga dikurangi. Pelumas tablet juga memiliki fungsi mentransmisikan kekuatan, mengangkut partikel asing, atau memanaskan atau mendinginkan permukaan.

Tablet obat farmasi diproduksi melalui serangkaian langkah batch yang diakhiri dengan pencetakan menjadi bentuk tablet menggunakan mesin cetak tablet. Pelumas ditambahkan ke campuran granul sebelum langkah pembuatan tablet untuk memastikan bahwa tablet dikeluarkan dengan benar dari mesin cetak tablet. Penambahan pelumas juga mempengaruhi sifat tablet dan dapat mempengaruhi perilaku campuran serbuk/granul. Perlu diketahui konsentrasi pelumas terhadap daya alir serbuk karena daya alir ke dalam mesin cetak tablet sangat penting.

Fungsi dan Peran Pelumas Tablet

Pelumas ditambahkan ke dalam bentuk sediaan padat oral seperti tablet dan kapsul untuk mencegah atau meminimalkan lengketnya bahan pada punch, die, dan tablet-press selama kompresi. Pelumasan juga memfasilitasi pengeluaran tablet dari rongga cetakan dan mencegah adhesi tablet satu sama lain selama pengemasan.

BACA JUGA  Download Farmakope Indonesia VI 2020 Terlengkap Terbaru
BACA JUGA  Teknologi Pengembangan Vaksin COVID19

Pelumas juga membantu meningkatkan daya alir serbuk/granul, yang membuat proses pembuatan tablet menjadi lebih efisien. Selain itu, pelumas dapat membantu meningkatkan kekuatan tablet dengan mengurangi gesekan antar bahan selama kompresi. Pelumas dapat memberikan berbagai manfaat lain seperti stabilitas produk dan sifat pelepasan yang lebih baik di dalam tubuh.

Pelumas Tablet yang sering digunakan

Empat pelumas yang sering digunakan adalah magnesium stearat, magnesium silikat, asam stearat, dan kalsium stearat. Selain itu juga PE waxes, paraffin, metal soaps, esters (high esterification), amides, dan fatty acids.

Pelumas sering digunakan dalam kombinasi dengan aditif tablet lainnya untuk mencapai hasil yang diinginkan. Misalnya, granule sering digunakan sebagai pelumas dan pengikat dalam tablet kunyah dosis rendah. Kombinasi ini membantu mengurangi gesekan dan memastikan rasa mulut tablet yang halus. Aditif lain yang dapat digunakan bersama dengan pelumas termasuk pengisi (seperti selulosa mikrokristalin), penghancur (seperti natrium kroskarmelosa), dan bahan pembasah (seperti natrium lauril sulfat).

Pada akhirnya, pilihan pelumas akan tergantung pada skenario aplikasi spesifik. Namun, ada beberapa prinsip umum yang harus selalu dipertimbangkan saat memilih pelumas: viskositas, kompatibilitas dengan bahan lain, dan toksisitas.

Berbagai macam pelumas tablet / sediaan solid

Dalam formulasi tablet, berbagai pelumas digunakan untuk meningkatkan aliran bahan aktif dan mencegah lengket. Pelumas dapat diklasifikasikan menurut tujuan penggunaannya.

Bahan pembasah digunakan untuk melembabkan bahan kering dan membuatnya bercampur. Mereka juga membantu melepaskan bahan aktif dari tablet. Bahan pembasah yang umum digunakan dalam formulasi tablet termasuk air, propilen glikol, sorbitol, dan gliserin

Stabilisator digunakan untuk menjaga tablet agar tidak pecah atau hancur selama pembuatan dan penyimpanan. Stabilisator umum yang digunakan dalam formulasi tablet termasuk turunan selulosa (misalnya, hidroksipropil metilselulosa), asam lemak (misalnya, asam stearat), dan natrium benzoat.

BACA JUGA  Share materi " Tantangan Industri Farmasi dalam Implementasi Sertifikasi Halal"
BACA JUGA  Pemastian Mutu Industri Farmasi Apa saja kerjanya?

Pengubah viskositas digunakan untuk mengontrol viskositas tablet agar mengalir dengan lancar melalui mesin dan tidak berinteraksi dengan bahan lain. Pengubah viskositas yang umum digunakan dalam formulasi tablet termasuk natrium karboksimetilselulosa, guar gum, dan xanthan gum.

Apa peran magnesium stearat dalam formulasi tablet?

Magnesium stearat adalah garam yang terbentuk ketika molekul stearat berikatan dengan ion magnesium.

pelumas lubrikan


Magnesium stearat adalah aditif yang paling sering digunakan sebagai pelumas. Magnesium stearat mampu membentuk film pada eksipien tablet lain selama pencampuran yang lama, menyebabkan waktu pembebasan obat yang berkepanjangan, penurunan kekerasan, dan peningkatan waktu hancur.

Magnesium stearat, mungkin merupakan pelumas yang paling umum digunakan untuk pembuatan tablet farmasi; itu relatif murah, memberikan pelumasan yang tinggi, memiliki titik leleh yang tinggi, dan stabil secara kimia.

Kesimpulan

Pelumas atau lubrikan tablet adalah komponen penting dalam proses pembuatan tablet, karena membantu mencegah lengket dan meningkatkan kemampuan mengalir. Tanpa pelumas, tablet akan sulit diproduksi sediaan tablet dan mungkin tidak memenuhi spesifikasi yang dipersyaratkan. Ada berbagai macam pelumas yang tersedia, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Jenis pelumas yang digunakan akan tergantung pada aplikasi spesifik dan hasil yang diinginkan.

374e38b7fc013a64f5b60b6a3cfe8a35?s=96&d=identicon&r=g
https://farmasiindustri.com
M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt adalah Blogger Professional Farmasi Industri pertama di Indonesia, pendiri dan pengarang dari FARMASIINDUSTRI.COM sebuah blog farmasi industri satu-satunya di Indonesia. Anda dapat berlangganan (subscribe) dan menfollow blog ini untuk mendapatkan artikel terkait farmasi industri. Email: fithrul.mubarok23@gmail.com WhatsApp/WA: 0856 4341 6332

ARTIKEL TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

-

Berlangganan Artikel

Berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru industri farmasi

TETAP TERHUBUNG

51FansLike
FollowersFollow
SubscribersSubscribe

PALING BANYAK DIBACA

x